Cethile Kaya Cina Craki Tegese, Kalebu Tembung

Cethile Kaya Cina Craki Tegese, Kalebu Tembung
tegese tembung pepindhan yaiku pangertene basa jawa

Tembung-tembung ing ngisor iki jangkepana supaya dadi pepindhan! Bocah kok cethile kaya cina craki, tembung kang kacetak miring kalebu tembung pepindhan.

Tegese tembung pepindhan cethile kaya cina craki tegese yaiku medhit banget, artinya sangat kikir atau pelit.

Tuladha Ukara : Pak Agustinus sugih mblegedhu, ananging cethile kaya cina craki, artinya pak Agustinus sangat kaya raya, namun kikirnya minta ampun pelitnya seperti orang cina yang berjualan rempah-rempah atau obat-obatan herbal.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, tembung pepindhan merupakan suatu pemisalan dalam Bahasa Jawa.

Jadi dalam menggambarkan atau memisalkan sifat sangat kikir atau sangat pelit dalam khazanah budaya Jawa dengan menggunakan istilah cina craki.

Apa itu cina craki?

Kalau maksud kata cina tentu anda sudah paham semua, yaitu istilah untuk orang atau keturunan tionghoa yang biasanya bermata sipit dan memiliki warna kulit putih, biasanya memiliki logat tertentu.

Namun orang sekarang tidak semuanya tau dan paham dengan maksud craki, apakah itu suatu suku, keturunan tertentu, profesi atau istilah lainnya.

Craki adalah craken, yaitu merujuk kepada barang herbal tumbuh-tumbuhan ataupun tanaman dan juga rempah-rempah. Hal ini berkenaan dengan obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Maksudnya cethile kaya cina craki artinya adalah pelitnya atau kikirnya bagaikan orang cina yang berjualan craken (rempah-rempah atau tanaman herbal).

Penjelasan tentang tembung pepindhan Cethile Kaya Cina Craki yang artinya sangat pelit

Kenapa craki atau wong cino sing dodolan craken menjadi sasaran pemisalan untuk sifat kikir dan sangat pelit?

Alasannya karena pada masa itu (mungkin juga sampai saat ini), keturunan tionghoa yang usahanya berjualan tanaman obat-obatan herbal ini sangat perhitungan dalam berjualan.

Yaitu dia tidak mau menambahkan sedikitpun jualannya kepada orang-orang meskipun hanya sedikit saja.

Bisa jadi ini karena sudah menjadi ukuran resep, sehingga dia akan memberikan barang sesuai kadar jumlahnya tanpa ada sedikit bonus bagi orang yang membeli dagangannya.

Sifat dari orang penjual craken yang begitu perhitungan ini menjadikan pemisalan bagaimana kikir dan pelitnya orang di kalangan masyarakat Jawa.

Meski begitu, pada saat sekarang ini ada ungkapan yang lebih tinggi lagi tentang gambaran orang yang pelit.

Adapun maqom atau kedudukan paling tinggi kepelitan seseorang adalah ungkapan “Lha wong nyang awake dhewe wae uthil lan medhit”.

Artinya adalah meskipun kepada dirinya sendiri dia pelit. Contoh kasus, orang kaya raya namun bajunya sangat buruk dan bau tidak layak untuk pemakaian. Ini menandakan kepada dirinya sendiri dia pelit. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*