Kejugrugan Gunung Menyan Tegese, Kalebu Tembung

Kejugrugan Gunung Menyan Tegese, Kalebu Tembung

Terangna tegese paribasan, bebasan, lan saloka iki! Tegese kejugrugan gunung menyan yaiku wong kang oleh kabegjan kang gedhe banget utawa nemu kabegjan kang gedhe.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore. Artinya secara harfiah ungkapan ini adalah kerubuhan atau keruntuhan gunung kemenyan. Artinya keruntuhan yaitu mendapatkan runtuhnya sesuatu. Yang dalam hal ini adalah gunung kemenyan.

Bagaimana artinya adalah orang yang mendapatkan keberuntungan yang sangat besar atau bebasan kang ateges nemu kabegjan sing gedhe banget?

Mari kita bahas bersama – sama melalui arti dalam setiap kata tembung bebasan sing tegese beja banget ini.

Kejugrugan asale saka tembung lingga jugrug, tegese yaiku ambrol tumrap gunung lan sak piturute. Kata kejugrugan berasal dari kata jugrug yang artinya adalah ambrol (untuk gunung ataupun yang lainnya).

Gunung tegese yaiku pepunthuk sing gedhé lan dhuwur; dharatan dhuwur tinimbang tlatah sa’ubéngé, amarga obahing kahanan téktonik jagad. Artinya gunung adalah tonjolan yang besar dan tinggi pada tanan, daratan tinggi daripada tanah sekitarnya, karena geraknya keadaan tektonik bumi.

Dalam hal ini anda pasti paham apa itu gunung. Intinya adalah sesuatu yang sangat besar dan tinggi.

Menyan yaiku bangsaning blendok dianggo kutug. Adalah sebangsa getah yang dipergunakan untuk dupa.

Menyan dalam bahasa Indonesia yaitu kemenyan, yaitu sebangsa getah yang dipergunakan untuk dupa. Maksudnya menyan atau dupa ini yaitu sesuatu yang berharga, memiliki nilai ekonomis.

Jadi bayangkanlah apabila anda mendapatkan reruntuhan dupa atau kemenyan yang memiliki nilai ekonomis sebesar gunung. Tentunya merupakan sesuatu keberuntungan yang sangat besar.

kejugrugan gunung menyan termasuk tembung …..

Ukara unen – unen kejugrugan gunung menyan termasuk tembung bebasan Basa Jawa.

Bebasan yaiku unen-unen kang ajeg panganggone mawa teges entar (kiasan) lan ngemu surasa pepindhan. Tembung bebasan adalah ungkapan yang tidak berubah atau tetap, memiliki arti kiasan dan mempunyai makna pemisalan.

Dalam hal ini bebasannya adalah keruntuhan gunung kemenyan, yaitu memisalkan keberuntungan orang yang sangat besar, menyamakan dengan orang yang mendapatkan runtuhan kemenyan sebesar gunung.

Gawea tuladha ukara lan wenehana tegese uga andharna apa karepe! Buatlah contoh kalimat dan berilah apa maksudnya serta terangkanlah apa maksudnya dalam bebasan ini.

Berikut adalah tuladhane ukarane ngrakit tembung bebasan basa Jawa.

Asti Setyorini kejugrugan gunung menyan amarga kala wingi entuk hadiah emas sekilo. Artinya adalah si Asti mendapatkan keberuntungan yang sangat banyak karena kemarin menang hadiah emas seberat satu kilogram.

Demikianlah bebasan basa Jawa kang ateges beja banget beserta contoh kalimat beserta artinya. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*