Ladak Kecengklak tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Ladak Kecengklak tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, anda pernah mendengar kata ojo ngladaki (nglada’i) kancane? Tentu anda mengartikannya dengan jangan menakali atau menjahati temannya.

Jadi ngladaki asale saka tembung ladak. Tegese ngladaki yaiku memoyoki njalari nangis (muring). Merupakan bahasa Jawa yang artinya adalah mengganggu yang menyebabkan menangis atau marah.

Adapun tembung ladak tegese yaiku angkuh, pambekan. Tegese pambekan yaiku watak, bebuden. Artinya ladak dalam bahasa Jawa adalah angkuh, watak tinggi hati, dan lain sebagainya.

Kêcêngklak tegese yaiku lara guluné (gegeré) marga ngayang lsp; pc kagol banget, nemahi kacilakan. Artinya kecengklak adalah sakit lehernya atau punggungnya karena melakukan kayang. Bisa juga memiliki arti sangat dongkol atau mendapatkan kecelakaan.

Jadi dalam bahasa Jawa tegese unen – unen Ladak kecengklak iku tegesé wong angkuh nemahi kacilakan amarga kalakuané dhéwé. Artinya adalah orang angkuh yang mendapatkan kemalangan.

Dalam penjelasan lain memberikan penjelasan lebih detil namun memiliki makna yang sama. Adapun penjelasannya adalah Ladak kecangklak”, tegese yaiku wong kang tansah nukari wong liya wusanane kena akibate dhewe.

Artinya adalah orang yang senantiasa memusuhi atau menjahati orang lain pada akhirnya akan kena akibatnya sendiri.

Unen unen iki kalebu jenise tembung paribasan basa Jawa.

Gawe Ukara Ladak Kecengklak / kecangklak (tuladha ukarane contoh kalimatnya)

Jika anda pernah melihat kamus Bahasa Jawa online pada jv wiktionary, dalam kamus ini menyebut dengan ladak Kêcêngklak, bukan ladak kecangklak.

Namun dalam mata pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa sekolah SMP menuliskannya dengan tembung kecangklak. Yang jelas maksudnya adalah sama saja.

Ayo gawe Ukara nganggo paribasan ana ing ngisor iki! Marilah membuat kalimat memakai paribasan dibawah ini.

Ayo paribasan ing ngisor iki digoleki tegese banjur digawe ukara! Mari paribasan dibawah ini dicari artinya selanjutnya dibuat contoh kalimatnya.

Tentunya kita perlu memperhatikan situasi dalam arti dan makna pada paribasan ini.

Berikut ini adalah gawe tuladha ukara nganggo tembung ladak kecangklak dalam bahasa Jawa.

Aku emoh nakal amarga mengko ndak ladak kecangklak. Artinya adalah saya tidak mau nakal khawatirnya nanti angkuh dan akhirnya mendapatkan sial atau celaka.

Demikianlah tuladha ukara paribasan Basa Jawa ladak kecangklak beserta artinya dan maknanya. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*