Allahummaghfirlahu Warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu Arab Lengkap Arti

Tulisan Arab allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu artinya lengkap dengan teks latin untuk ucapan bela sungkawa duka cita innalillahi wa inna ilaihi rojiun laki-laki.

Adapun teks tulisan Arabnya adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Teks latin : allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu
Artinya : Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.

Untuk doanya secara lengkap tulisan Arab dan Artinya beserta teks latin sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَابْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار

Allahummaghfirlahu warhamu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu waghsilhu bil maa-i wats-salji wal bardi,
wa naqqihi minal khotoyaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadu minad dana(s),
wabdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii w zaujan khoiron min zaujihii wa adkhilhu-l jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya adalah;

“Ya Allah, ampunilah dia , belas kasihanilah, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya, Muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, dan basuhlah ia dengan air, salju dan embun (air dingin). Cucilah ia dari kesalahan-kesalahan sebagaimana baju putih dicuci dari kotoran. Gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik. Gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik. Gantikanlah pasangannya dengan pasangan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur, fitnah kubur dan siksa api neraka.”

Sedangkan Allahummaghfirlahu untuk Wanita ada juga yang tetap menggunakan ucapan sebagaimana doa diatas.

Alasannya karena merujuk kepada kata mayyit (kata mudzakar atau merujuk kepada kata yang bersifat laki-laki) meskipun yang meninggal adalah wanita.

Namun adapula yang menggunakan doa istirja’ untuk wanita dengan tulisan arab inna lillahi wa inna ilaihi raji’un allahummaghfirlaha warhamha wa afiha wa’fuanha.

Teks tulisan arabnya dengan kalimat istirja (innalillahi wa inna ilaihi rojiun) adalah sebagai berikut lengkap dengan artinya.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Dalam bahasa Arab allahummaghfirlahu untuk laki-laki atau pria, sedangkan allahummaghfirlaha adalah bagi (jenazah) perempuan.

Untuk doa sholat jenazah wanita lengkap apabila merujuk kepada pendapat yang menyamakan dhomir wanita ini (allahummaghfirlaha sampai akhir) adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks tulisan latin lengkapnya sebagai berikut;

Allahummaghfirlaha warhamhaa wa ‘aafiha wa’fu anha wa akrim nuzuulaha wa wassi’ madkholaha waghsilha bil maa-i wats-tsalji wal barodi
Wa naqqiha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas(i) wa abdilhaa daaron khoiron min daariha wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa. wa adkhilha-l jannata wa a’idzha min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.”

Demikian tulisan ini bisa anda copy paste pada whatsapp ataupun blog website pada word, semoga bisa menambah khazanah tulisan Arab anda, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*