Download Contoh Soal Ujian Semester Tahsinul Kitabah TPQ

Download Contoh Soal Ujian Semester Tahsinul Kitabah TPQ

Download contoh soal ujian semester untuk anak anak santri TPQ Taman Pendidikan Alquran TPA mata pelajaran tahsinul Kitabah baik genap maupun ganjil semester 1 ataupun 2 pada masing masing jenjang tingkatan untuk level A, B maupun C setara dengan anak SD Kelas 1 2 dan 3.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam rangka melengkapi koleksi soal soal ujian semester untuk Lembaga Al Qur’an, setelah kemarin selesai merampungkan contoh soal ujian untuk jenjang TKQ maka saatnya melanjutkan ke jenjang TPQ.

Pada jenjang Taman Pendidikan Al Qur’an ini memiliki 3 tingkatan atau jenjang yaitu level A, B, dan C. Sehingga mau tidak mau masing masing tingkatan ini perlu untuk mendapatkan panduan atau contoh maupun gambaran seperti apa sih model soal untuk tahsinul kitabah bagi TPA atau TPQ.

Sebelum lanjut, perlu diinformasikan bahwa pembuatan soal ini mengacu kepada matriks pembelajaran TPQ yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Dibuat sedemikian rupa supaya mendekati atau paling dekat dengan kurikulum kegiatan belajar mengajar yang digariskan oleh kemenag.

Soal Tahsinul Kitabah TPQ Level A

Pada jenjang Taman Pendidikan Alquran Level A, merupakan tingkatan paling awal untuk pendidikan TPA.

Jenjang ini setara umurnya dengan usia anak anak kelas 1 SD yaitu kisaran antara umur 6-7 tahunan.

Dengan begitu soal yang diberikan tidak terlalu banyak karena soal yang disajikan berupa isian atau essay kesemuanya, tidak ada pilihan ganda.

baca : soal ujian TKQ Mata Pelajaran Tahsinul Kitabah

Kenapa tanpa pilihan ganda? Yang menjadi sasaran pembelajaran adalah tahsin alias melakukan pembaikan dalam menulis maka perlu dilatih dalam penulisan bukan diajari hanya menyilang huruf.

Untuk materi soal ujian pada jenjang TPQ level A adalah;

  1. Mencontoh cara menulis huruf tunggal
  2. Menulis angka arab 1-100
  3. mencontoh cara penulisan huruf sambung
  4. Menyambung huruf hijaiyah
    Ada 4 soal yang dibuat, dimana pemilihan jumlah 4 untuk mencegah beban anak terlalu berat dalam menjawab meskipun satu soal relatif ada beberapa yang perlu ditulis.

Dalam mid semester, soal yang disampaikan yaitu soal soal huruf alif sampai syin dan angka yang diujikan antara 1-50, berlaku pula dalam mencontoh cara penulisan huruf sambung dan menyambung huruf hijaiyah.

Pada ujian semester soal yang diajukan adalah penulisan huruf antara shad sampai ya dan angka 51 – 100.

Begitu pula dalam mencontoh cara penulisan sambung dan menyambung huruf.

Berikut gambar tampilan soal ujian Semester satu/ganjil Mata pelajaran tahsinul kitabah untuk TPQ Level A

ujian-semester-1-tahsinul-kitabah-TPQ
soal semester 1 tahsinul kitabah TPQ

Jika anda hendak mengunduhnya, kami sediakan tautan link untuk melakukan download atau unduh soal ujian semseter 1 TPQ Level A mata pelajaran tahsinul Kitabah.

Berikut tautannya

Download Soal tahsinul kitabah TPQ Level A semester 1

Demikian contoh untuk soal ujian semester TPQ untuk semester ganjil, semoga untuk semester genap segera dapat dirilis.

Jika ada kritik dan saran jangan sungkan untuk menyampaikan, termasuk usul ataupun unek2.

Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*