Yamaha lexi S kelebihan kelemahan, cocok untuk santri?

Yamaha lexi S kelebihan kelemahan, cocok untuk santri?

Yamaha lexi s kelebihan kelemahan, cocok untuk santri?

Mengupas tentang sepeda motor yamaha lexi s 125 cc keluaran tahun 2018 baik secara cc mesin, harga, irit bensin maupun kecepatan maksimum dan fitur serta fasilitas yang ada termasuk kelebihan dan kelemahan, analisa dipakai santri pondok pesantren.

Beberapa saat memperhatikan iklan yang ada di internet, sering wara wiri gambar sepeda motor yamaha lexi s.

Akhirnya penasaran dan mencari informasi singkat dan situs resmi dari yamaha indonesia. Kemudian dari beberapa informasi yang didapat kemudian bisa disampaikan beberapa hal terkait dengan motor matic lexi s ini.

Kelebihan Yamaha Lexi s

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai kelebihan matic keluaran yamaha di tahun 2018 dengan model max nya tapi dengan harga mini.

Atau bisa disebut dengan minimax. Harga mini dapat rasa motor nmax.

Kapasitas mesin lexi s

Motor matic yamaha lexi s dibekali dengan mesin kapasitas 125 cc dengan teknologi blue core serta VVA (Valuable Valve Actuation).

Teknologi VVA ini juga dipergunakan oleh seri kelas atas yamaha seperti NMAX, XMAX maupun yamaha TMAX. Berfungsi memastikan tenaga serta torsi yang maksimal pada semua putaran mesin. Dengan teknologi ini menjadikan tenaga dan kemampuannya diatas semua motor 125 cc di Indonesia termasuk vario 125 cc.

Sebagai perbandingan, tenaga lexi s dengan honda vario 125

Merk Sepeda MotorTenaga Maksimal@ torsi
Yamaha lexi S 125 cc: 8,75 Kw (11,7 tk): 8.000 rpm
Vario 125 cc: 8,3 Kw (11,1 tk): 8.500 rpm

Secara spesifik, sebenarnya volume silinder milik matic yamaha ini adalah 124.7 cc dengan tipe mesin liquid cooled 4-stroke. SOHC. Di indonesia sering dikenal dengan mesin 4 tak.

Kalau vespa zaman dahulu umumnya 2 tak, makanya boros di bahan bakar (dahulu namanya sih Cuma bensin). Sedangkan model matic ini menggunakan kapasitas oli 1 liter atau perawatan berkala dengan 0.9 l.

Menggunakan pendingin cair (liquid cooler)

Walaupun sama sama menggunakan mesin 125 cc dengan SOHC 4 langkah sistem injeksi, kelebihan yamaha lexi adalah menggunakan sistem pendingin liquid cooler.

Pendingin air ini sepertinya sendirian digunakan oleh matic 125 cc yang umum di Indonesia.

Umumnya motor matic 125 cc di indonesia menggunakan pendingin udara.

Posisi Berkendara yang nyaman

Dengan body panjang bongsor, keuntungan yang dimiliki oleh pengendara adalah bisa berkendara dengan posisi kaki selonjor, menjadikan kondisi perjalanan jauh lebih nyaman dibanding dengan posisi tidak selonjor kaki.

Akan tetapi kelemahan body besar adalah repot saat parkir, tidak lincah di kemacetan serta tidak lincah nyelip – nyelip di lokasi yang sempit.

ShockBreaker pakai Tabung

Pada part sepeda motor yang biasa disebut dengan skok atau lengan ayun ini, lexi s menggunakan lengan ayun suspensi tunggal tipe tabung.

Tabung ini berfungsi untuk menjaga tekanan oli oli selalu tinggi sesuai rekomendasi pabrik.

Kelebihan suspensi tipe tabung adalah kinerja shockbreaker yang responsif. Dengan respon cepat dari lengan ayun menjadikan ban tidak kehilangan daya cengkram pada aspal.

Selain itu penampilan motor juga menjadi lebih mantab.

Kelemahan model shockbreaker tabung adalah suspensi terasa keras dibanding lengan ayun atau shockbreaker biasa.

Harga lexi s 125 dibawah 20 jutaan untuk wilayah DKI

Termasuk kelebihan yang dimiliki, yaitu dengan harga dibawah 20 Juta waktu itu, sekarang sudah naik (kawasan DKI Jakarta) sudah memiliki model motor dengan bentuk yang premium dan posisi berkendara motor mahal.

Saat ini belum ada harga resmi dari yamaha. Sehingga pada saat yamaha menekankan harga mepet dibawah 20 juta di daerah DKI maka bisa jadi untuk daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur melewati harga 20 juta. (bisa jadi) tunggu saja tanggal mainnya.

Kecepatan Maksimal Yamaha Lexi s 125 cc

Dengan mesin 125 cc model model milik mio dan dilengkapi dengan VVA, maka diasumsikan bahwa max speed nya sedikit diatas mio 125.

Mengutip kecepatan mio 125 dari yamaha-megautama.com bahwasanya kecepatan max dari mio 125 secara speedometer adalah mencapai 115 km/jam. Sedangkan pada racelogic yaitu 103 km/jam.

Dengan asumsi diatas maka perkiraan kecepatan motor yamaha keluaran terbaru tahun 2018 ini adalah pada speedometer kisaran 118 km/jam. Dan pada racelogic kisaran 105 km/jam.

Ini hanya asumsi lho ya. Nanti kalau sudah ada yang berkompeten menyampaikan ujicoba akan diupdate artikel ini

Kekurangan matic yamaha lexi s

Berikut analisa subyektif terkait opini pribadi.

Bisa jadi kekurangan ini bagi orang lain merupakan kelebihan atau keuntungan. Atau bagi santri pondok pesantren merupakan keberkahan tersendiri. Namanya juga opini pribadi. Berikut untuk disimak bersama.

Kapasitas Bagasi Motor Yamaha Lexi S

Sepeda motor matic ini memiliki ruang bagasi yang lumayan agak lega dan luas. Dengan kapasitas 12,8 liter.

Dengan bagasi ini bisa menampung helm ( half face) serta peralatan lain seperti laptop, mantol, maupun belanjaan ringan bagi ibu ibu maupun santri putri atau putra.

Akan tetapi dibandingkan dengan bagasi milik vario maka akan jauh kalah luas. Dengan kapasitas 18 liter, bagasi honda vario sanggup menyimpan helm fullface sekalipun.

Kapasitas tangki isi bensin yamaha lexi s

Untuk kapasitas tangki isi bensin adalah sebesar 4,2 liter. Sehingga dari nol sampai isi penuh jika di isi dengan pertalite (yang naik per 20 Januari?) dibutuhkan Rp. 7.500×4,2 Liter = Rp. 31.500. untuk memudahkan diingat maka Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah).

ini di hitung jika dari kondisi tangki kosong melompong sampai dengan isi penuh.

Jika anda menginginkan mengisi dengan pertamax, maka uang yang anda keluarkan yaitu sebesar 8.600×4,2= Rp. 36.120,- (tiga puluh enam ribu seratus dua puluh rupiah) jika di bulatkan maka dibutuhkan biaya Rp. 35.000,- (tiga puluh lima ribu rupiah) untuk mengisi penuh tangki sepeda motor ini dengan bahan bakar pertamax.

Bagi sebagian orang, kapasitas tangki ini termasuk tidak besar, apalagi bagi para rider yang sering menggunakan kendaraan bermotor, bisa sering nengok ke pom bensin.

Bandingkan dengan kapasitas vario 125 yang tangki bensin bisa menampung 5,5 liter bahan bakar.

Yang tidak tinggi harus jinjit atau tidak sampai menapak

Untuk keluaran yamaha, sepeda motor matic ini termasuk tinggi. Bisa di bilang sangat tinggi untuk kendaraan keluaran dari pabrikan garputala.

Secara jok sebenarnya nyaman digunakan.

Akan tetapi secara ketinggian maka relatif. Tinggi jok maxi s 125 adalah 785 mm.

Agak sulit memang membayangkan seberapa itu, akan tetapi sebagai komparasi, mio s 750 mm, yamaha fino 745 mm, yamaha nmax pun kalah tinggi. NMAX hanya 765 mm.

Praktis orang dengan ketinggian 175 cm pun masih jinjit ketika berhenti di lampu merah.

Bayangkan jika anda wanita setinggi kurang dari 160 cm. :D. Lebih tepatnya tinggi jok motor ini sama persis dengan vario 125 yaitu 785 mm.

Berat yamaha lexi s

Sepeda motor ini memiliki berat isi 112 kilogram. Dibanding berat kosong vario yaitu seberat 109, sehingga selisih bobot kendaraan tidak terlalu signifikan.

Motor ringan nyaman pada saat berjalan pelan dibawah 40 km/jam dan motor agak berat terasa mantap saat berjalan kencang.

Laci Depan kecil

Trend sepeda motor sekarang memiliki kotak penyimpanan di depan. Pada lexi s 125 ini kompartemen sebelah kanan sudah terisi dengan anak kunci kontak.

Sedangkan pada laci sebelah kiri terdesak oleh colokan power charger sehinga hanya menyisakan sedikit ruang untuk uang receh atau barang kecil. Botol minuman tidak bisa dimasukkan pada laci motor ini.

Perbedaan lexi s dengan lexi ( tanpa s)

Ada 3 perbedaan antara seri s dengan tanpa s pada matic keluaran yamaha ini. Pada seri lexi s dilengkapi dengan :

  1. Smart key system
  2. Sub-tank suspension
  3. Design seat stich.

Smart key system merupakan kunci tanpa anak kunci. Dimana kunci tidak seperti umumnya yang harus di colokkan pada sepeda motor.

Cukup pencet tombol saja.

Selain itu sebagai immobilizer dan answer back system ( sepeda motor berbunyi ketika kunci di tekan tombol tertentu). Berfungsi memudahkan menemukan kendaraan di parkiran.

Sub tank suspension seperti diterangkan diatas berupa tabung pada suspensi shockbreaker lengan ayun yama lexi s.

Sedangkan desain seat stich berupa model jok mewah. Anda bisa mengganti jok anda dengan model apapun yang anda suka 😀 ga harus beli model pake s.

Fitur yamaha Lexi s dan yamaha lexi tanpa huruf s

Sedangkan pada lexi tanpa s tidak dilengkapi fitur diatas. Untuk mesin, serta fitur yang lain sama persis. Mulai dari keberadaan

  • colokan charger hape,
  • spedometer digital
  • mesin 125 cc blue core VVA,
  • lampu led,
  • lampu hazard,
  • SSS/smart and stop system ( seperti idle pada honda)
  • Ban Tubles tapak lebar
  • Side stand switch (standar samping mati,)

Motor Matic Yamaha Lexi S tidak Cocok menggunakan Premium

bagi anda yang ingin meminang sepeda motor matic ini dan anda berada pada lokasi Jamali ( Jawa Madura Bali) maka tidak cocok menggunakan bahan bakar premium.

hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan premium di daerah ini. lebih banyak hilangnya daripada kemunculannya.

dengan kepunahan premium di area Jawa Madura Bali maka jika anda memaksa bahan bakar premium akan menyebabkan anda kehabisan bahan bakar untuk mencari bensin premium.

jadi kesalahan ada pada ketersediaan premium, bukan motor anda. 😀

Begitulah ulasan sepeda motor matic keluaran pabrikan perusahaan dengan logo garputala.

Bagi santri pondok pesantren yang ingin meminang sepeda motor ini bisa diperhatikan antara keperluan, keinginan, isi kantong serta fitur kelebihan dan kekurangan yamaha lexi s ini.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 Comments on “Yamaha lexi S kelebihan kelemahan, cocok untuk santri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*