Model Jam Tangan Yang Cocok Bagi yang Sering Naik Motor

Model Jam Tangan Yang Cocok Bagi yang Sering Naik Motor

Model Jam Tangan Yang Cocok Bagi yang Sering Naik Motor. assalaamu’alaikum wa rahmatulahi wa barakatuhu, saya pernah memakai jam tangan dengan model digital, analog. Dari pengalaman sering berkendara kendaraan bermotor, akhirnya saya mengambil beberapa kesimpulan jam tangan seperti apa yang cocok bagi yang sering nglajo.

pontren.com – meski sekarang orang sudah banyak menggunakan ponsel untuk melihat waktu, namun adakalanya jam tangan tetap memiliki peran untuk mengetahui waktu secara praktis.

Hal ini berlaku untuk banyak profesi yang kerjaannya membutuhkan perkiraan waktu. baik saat masuk dan pulang kerja, berada di perjalanan maupun mengukur penggunaan durasi.

Pada beberapa profesi, tidak praktis juga khan apabila anda sedang beraktivitas namun harus mengambil ponsel untuk melihat jam.

Contoh misalnya mubaligh atau khotib, untuk mengetahui sudah berapa lama durasi dia menyampaikan materi. bisa juga penghulu yang sedang melakukan kegiatan pencatatan pernikahan pengantin. guru pengajar di kelas dan lain sebagainya,

Kalau sebentar-bentar mengeluarkan hape untuk sekedar melihat waktu, rasanya tidak elok dan juga bisa mengganggu konsentrasi orang lain yang berinteraksi dengan ybs.

Setelah memakai jam tangan seccara rutin untuk nglajo, menurut saya ada beberapa hal yang saya rekomendasikan model alat untuk mengetahui waktu ini. utamanya yang naik motor secara rutin berangkat dan pulang kerja.

Jadi tulisan ini berpusat kepada kepraktisan dalam penggunaan, bukan berpedoman kepada merk tertentu atau jenis model maupun selera memilih bentuknya.

Model Jam Tangan Analog

Beberapa bulan yang lalu saya membelikan jam tangan digital merk SKMEI untuk anak saya. Jam tangan ini memiliki model display negatif berwarna hitam. Jadi angka digitalnya berwarna terang.

Pengalaman menggunakan jam model ini saat naik motor adalah saat melihatnya, adakalanya tampilannya kurang jelas menunjukkan angka bearapa. angka delapan dengan sembilan atau nol kadangkala susah membedakan.

Bahkan saat melihat jam model digital dengan display negatif memerlukan waktu beberapa detik agar jelas angkanya. hal ini memerlukan bela-belain berhenti sejenak hanya sekedar melihat waktu.

Berbeda dengan jam tangan analog, ada kemudahan melihat jarum jam sehingga hanya sekilas saja bisa mengetahui pukul berapa dan menit berapa hanya dengan melihat sekilas saja meskipun sedang nyetir sepeda motor.

Meski adakalanya sama saja kemudahan melihat angka baik digital maupun model analog, akan tetapi bagi saya masih lebih mudah mengetahui waktu dengan jarum jam apabila sedang berkendara naik motor.

Memiliki kemampuan WR atau water resistant

water resistant 3 atm
arti water resistant 3 atm pada jam tangan

Pilihlah jam tangan yang memiliki kemampuan tetap hidup meski kena air hujan meski lebat.

Karena naik motor sifatnya adalah aktivitas luar ruangan, maka ada potensi kena cipratan maupun air hujan.

Umumya jam masa kini setidaknya ada tulisan WR atau water resistant. maksudnya adalah kemampuan ketahanan terhadap air. ada yang WR, WR 3, WR 5, WR 10, WR 20. Ada juga yang menggunakan istilah 10 BAR, 30 ATM, 50 ATM dan lain sebagainya.

Jika jam tangan anda memiliki fasilitas WR 10 BAR atau 100 Meters maka anda bisa memakainya untuk kegiatan berenang, snorkeling. maksudnya jam tangan ini aman apabila hanya sekedar kena air hujan atau wudhu.

Atau setidaknya 5 ATM tentu akan lebih menenangkan jika hujan lebat datang dan membasahi sekujur tam tangan yang anda pakai. anda tetap tenang karena jam ini mampu untuk tetap hidup meski ada cipratan air hujan maupun anda pakai mandi.

Adapun untuk jam tangan dengan tulisan hanya WR saja atau 3 atm, jam ini bisa menahan cipratan air. namun jam tangan legendaris casio F91 meski hanya WR saja katanya tetap aman meski dipakai untuk mandi.

Memiliki Luminous

Luminous adalah pencahayaan dalam jam untuk membantu membaca waktu dalam kondisi gelap. untuk bahan materinya bisa berupa lume (fosfor) yang menempel pada indeks, jarum, atau displaynya maupun tempat lain.

Dengan asumsi sering berkendara, bisa jadi suatu saat berkendara pada saat malam hari dan perlu mengetahui waktu.

Apabila sedang kondisi tergesa-gesa maka kurang praktis apabila harus berhenti dan melihat ponsel untuk mengetahui jam berapa menit keberapa.

Nah inilah fungsi luminous sangat terasa manfaatnya. Tanpa harus mencari tempat yang terang dan berhenti, maka bisa mengetahui jam berapakah pada saat itu.

Satu lagi tambahan, situasi luminous atau lume fosfor mudah anda lihat ini tentu tidak bisa disajikan oleh jam tangan digital.

Jam tangan digital ini lazimnya memiliki fasilitas lampu untuk melihat dalam kegelapan.

Namun kelemahannya adalah anda harus menekan tombol light untuk memfungsikannya. yang artinya anda perlu berhenti sejenak untuk menghidupkan lampunya.

Model yang Ringan dan Tipis

Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan perubahan posisi dari case jam tangan. Ada jam tangan yang bobotnya lebih berat karena besarnya case cangkang jam itu. Karena adanya gravitasi serta getaran saat berkendara, memungkinkan jam tangan berputar dan ganti posisi.

Karena pergantian posisi jam membuat tangan menjadi tidak nyaman dalam banyak kondisi. apalagi saat nyetir motor.

Ah itu bisa diatasi dengan mengencangkan strapnya. okelah mengencangkan strap adalah solusi yang tepat. namun berkaitan dengan kenyamanan, maka strap yang ketat di tangan tentu rasnya enggak asyik.

Maka karena hal inilah jam yang tipis dan ringan akan lebih presisi berada di tangan pada waktu anda sedang naik motor.

Tidak perduli apakah bentuknya bulat, segi empat, segi delapan (oktagon) dan lain sebagainya. yang penting ringan dan tidak mudah berubah posisi pada waktu berkendara.

Opsi Model Jam Tangan Yang Cocok Bagi yang Sering Naik Motor

Kesimpulan singkatnya jam tangan yang cocok untuk para bikers (rutin berkendara sehari-hari) adalah tahan air (water resistant), model analog dengan luminous, tidak mudah berputar saat berkendara.

Ini merupakan opsi paling murah dari jam tangan yang memiliki reputasi bagus dan meyakinkan dengan asumsi harga termurah.

Apa saja merk dan seri jam tangan yang cocok? ada lumayan banyak pilihan. untuk SKMEI anda bisa mendapatkan pada rentang harga 50-100 ribu rupiah.

Sedangkan pada merk lebih baik lagi yaitu Q&Q. dengan anggaran atau budget kisaran 120-180 ribu rupiah anda bisa memilih berbagai seri yang cocok sesuai selera anda.

Selanjutnya adalah jam tangan casio. merupakan merk yang sudah mendunia dengan banyak legenda dan koleksinya.

Untuk Casio, model beginian, analog dengan luminous ada di kisaran harga 200 ribu rupiah. apabila anda beruntung mendapatkan flash sale, mungkin di harga 120 atau 150, sayangnya jarang ada moment ini.

Demikianlah sekedar berbagi pengalaman dalam menentukan pilihan model jam tangan bagi para bikers yang kerjanya nglajo ata lajon setiap hari sebelum anda membelinya. hanya opini saja, tentu anda bebas menentukan pilihan anda.

Anda punya saran atau pendapat tentang Model Jam Tangan Yang Cocok Bagi yang Sering Naik Motor? Silakan berbagi pada kolom komentar. Thank you sudah membaca dan wassalamu’alaikum.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*