Materi Soal Tes Masuk Ponpes Al Irsyad Tengaran

Materi Soal Tes Masuk Ponpes Al Irsyad Tengaran mengacu kepada informasi Penerimaan Santri Baru tahun 2023/2024 sebagai cara pesantren untuk melakukan seleksi calon murid anak didik yang hendak mondok.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, sebagaimana lazimnya adat istiadat pondok pesantren, dalam kegiatan penerimaan santri baru maka ada seleksi ujian masuk berupa mengerjakan soal tes.

kebanyakan pesantren menggunakan metode ujian masuk dengan memakai tes tertulis dan ujian lisan.

Begitu pula dengan materi soal tes masuk pondok pesantren Al-Irsyad menggunakan metode seleksi dengan ujian lisan dan tulisan.

Materi Soal Tes Masuk Ponpes Al Irsyad Tengaran (Lisan dan Tulisan)

penilaian ujian tahfidz hafalan

Adapun ujian seleksi santri baru ini kalau kita memilahnya menjadi 3 yaitu;

  • Soal ujian tes tertulis;
  • Ujian lisan; dan
  • Tes kemampuan membaca maupun hafalan al-Qur,an.

Untuk pengetesan kesehatan lazimnya tidak begitu ketat, mungkin saja hanya permukaan saja yang dilihat. Kalau dianggap aman selama calon santri tidak memiliki riwayat kesehatan yang mengkhawatirkan.

Apa saja materi soal ujian untuk pendaftaran santri Baru Pondok Pesantren Al-Irsyad?

Berikut yang diujikan dalam kegiatan PSB ini.

Tes Tertulis

  • Tes Kesehatan
  • Tes Kemampuan Dasar (Matematika, Bahasa Indonesia, Agama)
  • Tes Karakteristik Pribadi
  • Wawancara Tertulis/lisan Calon Santri
  • Wawancara Tertulis Orang Tua

Untuk kemampuan dasar, biasanya soal yang muncul adalah berbagai materi pelajaran yang dipelajari pada saat sekolah di SD, mayoritas berkenaan dengan materi kelas 6 SD maupun MI.

Adapun tes kepribadian untuk menggali potensi atau seperti apa calon santri, apakah cocok untuk belajar di pesantren atau sebaliknya.

Perihal wawancara lisan calon santri dan orang tua, lazimnya menanyakan apa motivasi belajar ke pesantren, apakah keinginan sendiri, dipaksa atau bagaimana.

Merujuk kepada salah seorang pengasuh pesantren di dekat tempat tinggal mengatakan, kalau calon santri mengatakan bahwa dia mendaftar karena paksaan maka hasilnya adalah penolakan dari pesantren untuk menerimanya menjadi murid.

Tes Al-Qur’an

  • Membaca Al-Qur’an/Iqra’
  • Menghafal Al Quran (bagi calon santriwati MTW/MTs Putri dan IL/Pra-IM/MA Putri)

Bagi calon santri yang mendaftar sekolah dasar maka materi ujian lisan ini dengan membaca al-Qur’an ataupun iqra.

Adapun bagi calon siswa atau santri pada kenjang wustha (setara MTs/SMP) dan juga i’dad lughah (persiapan jenjang setara Aliyah) maka selain pengetesan bacaan al-Qur’an juga mengetahui sejauh mana hafalan calon santri.

Pada pesantren yang lain adakalanya juga meminta calon santri untuk menghafalkan doa doa sehari hari maupun ayat-ayat pilihan.

Nah bagi para orang tua yang hendak menyekolahkan atau memondokkan anaknya pada pesantren Islam Al Irsyad (PIA) Tengaran Kabupaten Semarang maka sebaiknya mulai mendorong anak-anak untuk menghafal juz amma beserta ayat-ayat pilihan misalnya ayat kursi, dan lain sebagainya.

Juga untuk tidak melupakan pembelajaran umum pada jenjang pendidikan di SD utamanya mapel Matematika, Bahasa Indonesia, dan pengetahuan tentang Agama.

Semisal salat sunnah rawatib, ketentuan puasa, haji dan lain sebagainya, juga berkenaan dengan Sejarah dan Kebudayaan Islam.

Demikian informasi analisa kali ini mengacu kepada booklet PSB Pondok Pesantren Al Irsyad Tengaran yang dekat dengan Salatiga. Terima kasih sudah mampir, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *