3 Kunci Keberhasilan dalam Bahasa Arab

Share

3 Kunci keberhasilan dalam bahasa Arab untuk menggapai cita cita keinginan harapan dan tujuan mengacu kepada mahfudzot pepatah negeri padang pasir lengkap dengan tulisan teks latin dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Secara ringkas, 3 kunci keberhasilan dalam bahasa Arab adalah (1) bersungguh-sungguh, (2) bersabar, dan (3) berjalan pada jalannya atau sesuai arah tujuan.

Adapun dalam Bahasa Arab, ketiga kunci ini mahfudzotnya adalah;

Adapun tulisan ketiganya dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut;

مَنْ جَدَّ وَجَدَ
مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ
مَنْ سَارَ عَلىَ الدَّرْبِ وَصَلَ

Bagaimana ketiga ungkapan Bahasa Arab yang kita kenal dalam mahfudzot ini menjadi kunci sukses keberhasilan dalam kehidupan?

Mari kita bahas satu persatu;

Man Jadda wajada مَنْ جَدَّ وَجَدَ artinya Barang siapa bersungguh-sungguh maka akan berhasil (3 Kunci keberhasilan dalam bahasa Arab)

Kunci keberhasilan yang pertama adalah kesungguhan atau bersungguh – sungguh.

Dalam ungkapan kekinian, kita mengenal dengan istilah kata usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Dengan kesungguhan dalam berusaha, baik waktu, pikiran, pendanaan serta semangat, pantang menyerah maka berbagai halangan maupun rintangan tentunya bisa ada solusi untuk mengatasinya.

3 kunci keberhasilan dalam Bahasa Arab

Jadi modal awal kunci sukses yang pertama adalah berusaha sungguh sungguh yang dalam bahasa Arab yaitu man jadda wajada artinya barang siapa yang bersungguh sungguh niscaya akan berhasil.

Man shobaro dhofiro مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ artinya barang siapa bersabar maka akan beruntung

Setelah memiliki mentalitas dalam berjuang dan kesungguhan, maka kunci yang kedua yaitu kesabaran.

Dalam pepatah Arab yaitu mahfudzot yang pas adalah ungkapan man shabara zhafira (مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ) yang artinya adalah barang siapa yang bersungguh-sungguh niscaya dia akan beruntung.

Banyak faktor X yang membuat orang sukses karena kesabarannya. Bisa jadi karena kasih sayang anugerah Yang Maha Kuasa dan imbalan dia dalam bersabar.

Meskipun orang bersungguh-sungguh namun dia tidak mempunyai kesabaran maka dia akan kehilangan kunci dalam kesuksesan dalam kehidupan.

Man saara ‘alaa darbi washola (مَنْ سَارَ عَلىَ الدَّرْبِ وَصَلَ) artinya Siapa yang menapaki jalannya akan sampai pada tujuan

Dan kunci ketiga dalam keberhasilan atau kesuksesan cita-cita keinginan dalam kehidupan yaitu berjalan sesuai dengan arahnya.

Dalam mahfudzot menyebutkan bahwa man saara alad darbi washola yang artinya barang siapa yang berjalan sesuai jalannya niscaya akan sampai pada tujuannya.

Dalam hal ini kita bisa mengambil kesimpulan, setelah semangat yang mumpuni, kemudian dengan landasan kesabaran, maka arah dan tujuan yang jelas merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan.

Apabila semangat dan kesabaran namun salah dalam mengambil arah tujuannya maka kecil kemungkinan meraih apa yang dia inginkan.

Makanya 3 kunci ini perlu ada semuanya dalam rangkaian menggapai kesuksesan. Ketiganya yaitu kesungguhan atau bersungguh sungguh (man jadda wajada / مَنْ جَدَّ وَجَدَ) selanjutnya kesabaran ( man shobaro zhofiro مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ artinya barang siapa bersabar maka beruntung) dan kemudian kunci yang ketiga yaitu berjalan sesuai arah tujuan (man saara ‘alaa-d darbi washala / مَنْ سَارَ عَلىَ الدَّرْبِ وَصَلَ artinya barang siapa berjalan sesuai jalannya niscaya akan sampai).

Demikianlah ulasan tentang 3 Kunci keberhasilan dalam bahasa Arab lengkap dengan sekilas uraian penjelasannya. Semoga kita mendapatkan rahmat dan hidayat Allah SWT dan kemudahan serta ampunannya.

Terima kasih sudah mampir, wilujeng dalu, selamat malam dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.