Abang Kumpul padha Abang Tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

abang kumpul padha abang
Share

Abang kumpul padha abang kaya alas kobong tegese yaiku abange akeh banget kaya kobonge alas kang wernane abing, kalebu tembung pepindhan, tuladhane ukarane ana ing ngisor iki. Artinya merah berkumpul sesama merah bagaikan hutan kebakaran artinya yaitu merahnya sangat banyak bagaikan kebakarannya hutan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang selamat siang, maksud saya sonten alias sore hari. Berikut ini kita akan membahas tembung pepindhan bab werna abang, basa krama inggile yaiku abrit.

Tembung pepindhan yaiku unen-unen ing basa Jawa, ngemu surasa ora sejatine. Kata pepindan adalah ungkapan dalam Bahasa Jawa, mengandung arti tidak sebenarnya alias kiasan saja.

Gawea tuladha ukara, tuladhane ukarane lan artine (lengkap dengan artinya dalam Bahasa Indonesia).

Tuladha Ukara Abang kumpul padha abang

Berikut contoh kalimat dalam Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Kang nganggo busana abang kumpul padha abang kaya alas kobong. Artinya yang memakai pakaian seragam merah berkumpul dengan warna merah bagaikan hutan kebakaran.

Sebagaimana sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwasana ungkapan bahasa Jawa ini masuk dalam kategori jinise tembung pepindhan.

Yaitu suatu ungkapan yang memiliki arti bukan sebenarnya, hanya kiasan saja.

Maka makna dalam alas kobong alias kebakaran hutan bukanlah dalam arti yang sebenarnya. Namun hanyalah kiasan menyamakan warna nyala api yang merah menyala nyala yang banyak sekali.

Menjadi gambaran atau kiasan untuk berkumpulnya warna merah yang begitu banyak.

Sehingga dalam bahasa Jawa mengandaikan banyaknya warna merah yang ada dengan wernane alas kobong, warnanya kebakaran hutan.

Yaitu api menyala-nyala dan menjilat-jilat berwarna merah.

Jadi jika ada soal pertanyaaan yang menanyakan “Sing busana abang padha abang, yen cinandra kaya apa? Maka jawabnya sebagaimana dalam paragraf tertama yaitu masuk tembung pepindhan.

Bonus informasi mengenai warna merah dalam bahasa Jawa.

Dalam bahasa Jawa, kata atau warna abang duwe dasanama atau istilah lainnya. Dasanamane abang yaiku abrit, branang, dadu, lan rekta.

Demikianlah informasi mengenai tembung pepindhan basa Jawa werna abang kumpul padha abange lengkap dengan tuladha ukara lan wangsulane pitakonan jawabannya dalam bahasa Jawa dan arti terjemah indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.