Fasilitas Pondok Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur

santri langitan sedang belajar (ilustrasi)
Share

Fasilitas pondok pesantren langitan, sarana prasarana ponpes dalam menunjang pembelajan santri selama menuntut ilmu pada ma’had.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, salah satu pertimbangan orang tua dalam memilih pesantren adalah keberadaan fasilitas.

Pondok pesantren Langitan merupakan salah satu tujuan favorit kalangan tertentu dalam “menitipkan” putera puterinya sang buah hati selama menuntut ilmu dan jauh dari rumah tempat tinggal orag tuanya.

Apa sajakah fasilitasnya?

Mengutip dari situs resmi pesantren ini bahwasanya Tuntutan bagi sebuah percapaian ilmu sangat erat kaitannya dengan tersedianya sarana dan pra sarana yang representatif.

Dalam rangka mewujudkannya dan upaya kongkrit telah dilakukan oleh Poldok Pesantren Langitan dengan melakukan penataan, pelestarian, dan pengembangan dalam bidang sarana dan pra sarana.

Adapun fasilitas atau sarana yang telah disediakan oleh Pondok Pesatren Langitan adalah:

  • Tempat tinggal / asrama ( 20 asrama putra – putri)
  • Tempat Ibadah
  • Gedung tempat belajar mengajar
  • Pusat perbelanjaan
  • Kantin
  • Ruang perawatan (POSKESTREN)
  • Gedung perpustakaan
  • Wartel
  • Gedung pelatihan
  • Lapangan olah raga
  • Simpusan (Simpanan untuk santri).

Memiliki ribuan santri (Fasilitas Pondok Pesantren Langitan)

Santri putra Pondok Pesantren Langitan pada akhir periode ini berjumlah 1749 orang santri.

adapun jumlah keseluruhan santri Pon. Pes. Langitan (putra/putri) yang berjumlah kurang lebih 5.000 orang santri.

Jumlah santri saat ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah santri pada awal periode ini yang mencapai mencapai 2.022 orang.

Santri sebanyak itu semuanya ditempatkan pada 25 pondok/asrama (10 asrama santri putra, 15 asrama putri) di Pondok Pessantren Langitan.

Berasal dari berbagai daerah

Dengan jumlah anak didik santri yang mencapai ribuan, asal daerah siswa bukan hanya berasal dari wilayah sekitarnya saja.

Ada dari luar pulau bahkan adapula yeng berasal dari luar negeri.

Menurut situs resmi Langitan, hal ini menandakan bahwa Pon. Pes. Langitan dengan tipologi salafnya, dan dengan sistem dan metodologi yang diterapkannya, benar-benar telah diterima oleh masyarakat.

Nah demikianlah sekilas informasi singkat mengenai fasilitas pondok pesantren langitan, beserta keterangan jumlah santrinya yang mencapai ribuan dan penempatan para anak didik.

Tambahan pula mengenai asal daerah santri dari berbagai kepulauan di Indonesia bahkan merambah ke Luar Negeri.

Semoga menambah khazanah informasi panjenengan mengenai pondok pesantren khususnya fasilitas pada pesantren Langitan. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *