Madin se-Kabupaten Gagal Punya Soal Ujian Akhir karena biaya kontribusi

Madin se-Kabupaten Gagal Punya Soal Ujian Akhir karena biaya kontribusi

Madin satu kabupaten gagal memiliki soal ujian akhir bersama karena kendala biaya kontribusi sebesar satu juta rupiah ke DPW FKDT Provinsi, itulah kejadian nyata dalam dunia pendidikan keagamaan Islam yang ada pada tahun ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kejadian tahun 2021. Informasi yang memprihatinkan dan menyesakkan untuk para pecinta dengan dunia pendidikan Islam utamanya Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Yaitu gagalnya lembaga Madin (dalam istilah populer lain disebut dengan MDA atau DTA) mendapatkan master soal ujian karena kekurangan dana untuk membayar biaya kontribusi soal?

Berapa besar biayanya?

Menurut obrolan grup, DPC yang hendak mempunyai soal ujian akhir yang berasal dari DPW FKDT perlu menyetorkan dana sebanyak satu juta rupiah.

Hal ini diketahui setelah ada salah satu ustadzah pengelola Madrasah Diniyah Takmiliyah yang menanyakan mengenai keberadaan soal ujian bersama.

Alasannya sudah memasuki bulan Sya’ban dan pihak FKDT Kabupaten masih adem ayem saja mengenai ujian akhir.

Gagal menyediakan soal karena kendala Kontribusi ke DPW

Barulah setelah ada sentilan yang bertanya hal ini ketua FKDT tersebut menyebut bahwa lembaga madin yang minat ikut melaksanakan ujian (dalam satu kabupaten) sangat sedikit, sedangkan kontribusi soalnya sebanyak sejuta rupiah.

Karena sedikitnya madin yang ujian dan kontribusi sejuta ini ketua FKDT mundur dalam perburuan soal ujian akhir sebagai tes untuk kelulusan siswa santri MDT.

Sayangnya, sikap tidak mengambil soal ini tidak banyak lembaga yang tahu, akibatnya mereka yang menunggu-nunggu kemunculannya menjadi kecewa karena sudah njagakne.

warna-bingkai-ijazah-madin
santri yang lulus ujian mendapatkan ijazah tanda kelulusan

Semoga saja kondisi seperti ini ketua FKDT segera menginformasikan bahwa FKDT Kabupaten/Kota tidak bisa menyediakan soal dari DPW .

Hal ini arena kendala kontribusi sebesar 1 juta dan tidak bisa membuatkan soal mandiri kabupaten karena Kendala kompetensi atau apalah.

Untuk ujian akhir mengenai soal dan metode diserahkan kepada masing masing lembaga. tentunya pemberitahuan ini secara resmi alias tertulis dengan tanda tangan dan cap stempel ketua FKDT.

Bukan diam manis sambil ngoyak-oyak pembiayaan kain guru dan pengurus FKDT.

Model Ujian bisa metode Portofolio

Pada masa pandemi ini mengenai bentuk ujian akhir bisa berupa 3 model yaitu;

  • tatap muka (luring);
  • secara online (Daring);
  • dan satunya lagi model portofolio.

Paling praktis apabila FKDT Kabupaten atau Kota gagal menyediakan soal ujian bersama, lembaga bisa melaksanakan ujian model portofolio.

caranya bisa dengan mengambil menilai dari kegiatan sehari-hari dan nilai raport sebelumnya atau dengan santri membuat tugas yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar.

Jadi meskipun FKDT gagal menyediakan soal maka pelaksanaan ujian tetap bisa berlangsung dan keabsahannya sesuai dengan petunjuk teknis dan tidak menyalahi ketentuan yang ada.

Antisipasi Kejadian yang sama

Orang yang cerdas belajar dari kesalahan orang lain, orang biasa tidak akan mengulangi jatuh kedalam lobang yang sama, orang yang … berkali kali terperosok pada bolongan yang sama.

Supaya masih dalam level orang biasa maka untuk mengantisipasi kejadian gagal menyediakan soal, seyogyanya mulai saat ini melakukan persiapan soal cadangan mandiri berasal dari Kabupaten.

ujian akhir mdt
pegawai Kemenag Provinsi melakukan monev Ujian Akhir

Caranya bisa dengan rakor dan menugaskan masing-masing madin membuat soal ujian, atau melakukan kegiatan praktis mencari cari master soal tahun ujian sebelumnya sebagai koleksi.

Apabila dalam keadaan terpaksa maka bisa anda keluarkan jika dalam keadaan mendesak.

Nah itulah kisah gagal mempunyai soal ujian akhir pada madrasah diniyah takmiliyah, alasannya karena perekonomian Kas FKDT Kabupaten yang sangat memprihatinkan serta kurang siap dalam membuat soal secara mandiri.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru.Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu.contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*