Contoh Nama Singkatan Organisasi Remaja Masjid

Share

Nama nama organisasi remaja masjid yang lazim dipergunakan dalam singkatan pemakaian identitas aktivis muda mudi dan tentunya remajanya masjid dalam berorganisasi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh para remaja pemuda pemudi yang aktif dalam berorganisasi pada masjid yang berada dekat dengan rumah anda.

Nama Remaja Masjid

Semoga kesehatan dan keselamatan serta kesejahteraan senantiasa di apa ya nama yang cocok untuk organisasi remaja masjid pada lingkungan anda?

Apakah ada ketentuan dalam penamaan organisasi remaja masjid Dari Kementerian Agama?

Tidak ada aturan baku dalam Contoh nama organisasi Remaja Masjid

Sebenarnya sudah ada surat keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam berkenaan dengan remaja dan Pemuda masjid.

Aturan tentang remaja dan pemuda masjid tertuang pada SK Dirjen Pendis no 948 th 2018 tentang PEDOMAN PEMBINAAN REMAJA DAN PEMUDA MASJID.

Jika sampean baca dari awal sampai akhir, anda tidak akan menemukan ketentuan dalam penamaan yang mengaturnya. Tentunya juga mengenai singkatan remaja masjid yang baku.

Hal ini bisa menjadi kesulitan dalam menentukan penamaan organisasi remaja dan pemuda masjid. Tetapi juga bisa menjadi peluang untuk memberikan nama organisasi yang menarik kekinian sesuai kesepakatan karena tidak ada ketentuan yang mengikat.

Sebagai pertimbangan, berikut adalah contoh nama organisasi remaja masjid yang biasa dipergunakan oleh pemuda pemudi dan remajanya yang aktif dalam berorganisasi. Maksudnya menghidupkan nadi kegiatan ABG dan kawula muda sekitar mushola maupun mesjid.

Langsung saja berikut nama-nama remaja masjid yang dapat kami kumpulkan.

Contoh nama Remaja Masjid

Kebanyakan nama ini berupa singkatan dari Remaja Masjid dengan berbagai variasi menyesuaikan kesepakatan yang telah terjadi atau berdasarkan pemberian nama oleh para tetua takmir masjid.

Mestinya dalam penamaan ini selanjutnya setelah nama atau singkatan organisasi remaja masjid diikuti dengan nama masjid yang menaungi organisasi dimaksud.

Contohnya seperti

IRMA

Merupakan singkatan dari Ikatan Remaja Masjid.

I merupakan representasi dari Ikatan
R diambil dari kata Remaja
Ma adalah comotan kata Masjid.

Kenapa tidak disingkat dengan nama IRM?

Perlu diketahui bahwasanya IRM telah dipakai organisasi lain.

Tepatnya organisasi yang usianya lebih tua dari NU yaitu Muhammadiyah.

anggota remaja masjid

Organisasi remaja dibawah bendera Muhammadiyah ini bernama Ikatan Remaja Muhammadiyah yang disingkat menjadi IRM.

Untuk menghindari kerancuan dengan organisasi Muhammadiyah ini maka pemakaian IRMA lebih disukai daripada menyebut IRM untuk Remaja Masjid.

Utamanya pada daerah kantong NU, hampir mustahil nama Organisasi Remaja disingkat dengan IRM.

Selanjutnya setelah kata IRMA ditambahkan nama masjid tempat organisasi ini bernaung, misalnya Masjid Baiturrahman, maka namanya menjadi IRMA Baiturrahman, masjid, Miftaahul Jannah maka menjadi IRMA Miftaahul Jannah, dan seterusnya.

IRMAS

Sama saja dengan singkatan diatas, hanya pada kata masjid dimasukkan pula huruf S sehingga yang asalnya IRMA menjadi IRMAS, tergantung selera dan asas kepantasan kepatutan dan keindahan.

Irmas Miftaahus Salam berarti organisasi remaja pada masjid miftahus salam, begitulah contohnya.

REMAS

Merupakan kependekan dari Remaja Masjid itu sendiri, diambilkan dari kata Re (Remaja) dan Mas (Masjid).

Sama prinsipnya seperti diatas, selanjutnya dibelakang kata Remas mengikuti setelahnya nama masjidnya.

baca : REMAJA MASJID STRUKTUR DAN TUGAS SERTA PERATURAN DAN CARA PEMBENTUKAN

Misalnya Remas Al Huda, berarti Remaja Masjid Al Huda, Remas Al Iklhlas adalah organisasi Remaja Masjid Al Ikhlas.

RISMA

Risma merupakan variasi singkatan yang lain untuk organisasi kepemudaan dan keremajaan pada masjid.

R = Remaja
Is = Islam
Ma = Masjid.

Sehingga risma perupakan kependekan atau singkatan dari Remaja Islam Masjid. Ditambahkan nama dibelakangnya seperti Risma Bilal Bin Rabah, maksudnya adalah organisasi Remaja Islam Masjid Bilal Bin Rabah. Begitulah seterusnya mengacu kepada nama masjid.

ARMADA

remaja masjid (ilustrasi)
remaja masjid (ilustrasi)

Ini agak unik juga, menggabungkan remaja dan pemuda dalam satu organisasi yang menyebut dengan Asosiasi.

Jadi Asosiasi Remaja Masjid dan Pemuda menjadi Armada, bisa pula disebut dengan Asosiasi Remaja dan Pemuda Masjid, (A = Asosiasi RMA =Remaja + DA = Pemuda). Sehingga dalam kop tulisannya adalah ARMADA Masjid Habib Ali Kwitang Jakarta, misalnya.

Singkatan Kombinasi dengan Nama Masjid

Yaitu memasukkan nama masjid dalam singkatan.

Contohnya seperti RICMA.

Merupakan kepanjangan dari Ricma yaitu Remaja Islam Masjid Cut Meutia, Rismaga, Remaja Islam Masjid Gadung Giri (nama Daerah).

Atau bahkan ada yang menyingkat REMAJA (Remaja MAsjid Jami’).

Penutup

Pastinya diluar sana masih ada contoh singkatan untuk memberikan nama organisasi Remaja masjid yang keren kekinian gaul ala milennial tapi tetap sopan.

Dengan keberadaan kumpul pengurus dan rapat anggota bisa memunculkan ide nama yang bagus untuk ikatan remaja masjid. Kemudian disepakati sebagai nama resmi dalam berorganisasi.

Demikian semoga memberikan ide penamaan organisasi remaja masjid, anda tentu memiliki skill memilih nama unik indah dan bagus untuk ikatan remaja masjid diluar contoh yang kami sebut diatas.

Tetap semangat, semoga anda mendapatkan jodoh yang soleh solihah sebagaimana harapan dan dambaan. barakah fid dunya wal akhirah. Wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.