LPJ-BOP-MADIN

Contoh Laporan Pertanggungjawaban BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah

Contoh SPJ BOP Madin

Download contoh Surat atau Laporan Pertanggungjawaban Biaya Operasional Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah baik Awwaliyah (MDTA) Wustha (MDTW) dan juga Ula (MDTU) dari Provinsi Atau Kabupaten/Kota Kementerian Agama.

loading...

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sugeng enjang para pengelola madrasah Diniyah Takmiliyah di penjuru negeri, salah satu bantuan dari Kementerian Agama baik lewat Kanwil maupun Kankemenag adalah BOP Madin.

baca;
Juknis BOP Madrasah Diniyah Takmiliyah ;
Kerangka Acuan Kerja BOP Madin ;
Standar Minimal Pelayanan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Biasanya anggaran bantuan ini ada di DIPA Kemenag setiap tahunnya, dan masing masing tahun sudah ada juknis cara penyaluran maupun peruntukan b antuan. Meskipun setiap tahun terbit juknis yang mengatur umumnya tidak banyak perubahan aturan dari tahun ke tahun.

Salah satu syarat pengajuan biasanya lembaga madin dipersyaratkan sudah terdaftar di Kemenag dengan bukti piagam keterangan terdaftar atau surat keterangan dengan nomor statistik yang telah tercantum.

Selanjutnya dalam proposal pengajuan ini dicantumkan lampiran-lampiran yang dipersyaratkan dalam juknis atau sesuai permintaan yang menyalurkan bantuan. Contoh lampiran yaitu susunan pengurus, RAB bantuan, fotocopy rekening lembaga yang masih aktif, SIK dan sebagainya.

Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah

Sebelum pencairan, proposal akan di cek dan juga pengurus utamanya ketua/pimpinan madin melakukan penandatanganan berbagai dokumen seperti SPTB, Pakta Integritas, Surat Perjanjiak Kerja, SIK dan kuitansi tanda terima yang mestinya dibuatkan dari pihak pemberi bantuan (kemenag).

Jangan lupa anda simpan file tersebut sebagai lampiran surat pertanggungjawaban BOP nantinya.

Selesai proposal pengajuan dan bantuan di ACC kemudian melalui proses KPPN setempat, maka dana BOP berpindah dari Rekening Negara ke Rekening lembaga.

Selanjutnya tugas dari lembaga adalah melakukan pelaporan keuangan sesuai dengan peruntukannya.
Bagaimana mengetahui peruntukan pembuatan SPJ yang benar? Anda dapat melihat bagaimana seharusnya pelaporan disusun dengan cara mempelajari juknis atau berkonsultasi kepada pegawai di PD Pontren atau Seksi Pakis.

Setidaknya dalam pelaporan SPJ atau LPJ BOP Madin ini memuat, surat pengantar, pendahuluan dan narasi peruntukan bantuan, data pengurus madin (Kepala, guru maupun tenaga pendidik/bagian tata usaha), lampiran lampiran kuitansi tanda pembelian atau belanja maupun kuitansi tanda terima honor.

ilustrasi santri madin

Sebaiknya pembuatan laporan ini dibuat dengan segera demi kebaikan bersama (untuk madrasah diniyah dan para pejabat dan PNS di Kemenag sebagai penyalur bantuan). Jangan sampai anda membuat laporan setelah dioyak oyak dari pihak kemenag.

Logika saya, setidaknya laporan pertanggungjawaban BOP Madin ini diserahkan bulan Januari setelah bantuan cair di tahun sebelumnya.

Maksud saya begini, jika madin anda mendapatkan bantuan Madin yang realisasinya tahun 2020 maka setidaknya laporan pertanggungjawaban BOP Madin pada Bulan Januari tahun 2021.

SPJ BOP Madin

Seperti judul postingan yang kami buat, berikut kami share atau bagikan contoh LPJ Bantuan Operasional Madrasah Diniyah dari Kemenag yang merupakan kebaikan dari Boss Sudarto yang mengirimkan kepada kami. Salim rumiyin pak Erte Sudarto.

Selanjutnya file ini kami unggah atau upload dengan hasil tampilan seperti dibawah ini.

Dalam file yang kami unggah ini LPJ terdiri dari;

Surat pengantar;
Pendahuluan;
Tujuan;
Realisasi;
REALISASI PENERIMAAN DANA DAN PENGELUARAN
Data Guru.

Selanjutnya untuk berbagai lampiran silakan anda buat sendiri atau minta kuitansi dari Toko Warung tempat anda belanja maupun kuitansi penerimaan dana jika ada uang yang disalurkan sebagai transport atau uang saku guru Madin.

Jika anda menginginkan contoh SPJ diatas dan hendak mengunduh atau download SPJ BOP Madin, anda dapat mengikuti link atau tautan dibawah ini.

Download Contoh LPJ Madin

Sukur sukur anda memiliki contoh lain yang lebih baik dan dapat di share tautannya kepada kami. Jangan lupa segera dikumpulkan ya, kasian petugasnya yang mengurus bantuan .

Jika nanti diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag dan SPJ belum dikumpulkan, bisa bisa pemberi bantuan mendapat sanksi baik pencopotan jabatan atau penurunan pangkat, opo ora mesakne?

Berikut tautan link unduhan untuk download SPJ BOP

Download SPJ LPJ BOP Madin

Penutup

Sekali lagi ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ustadz Sudarto dari Toroh Grobogan yang berbaik hati membagikan contoh laporan pertanggungjawaban yang dapat dijadikan parameter lembaga dalam melakukan tertib administrasi dalam pelaporan bantuan Madin dari Kemenag.

Oh iya, contohnya dibuat kepada Kanwil, silakan anda ubah ke Kemenag Kabupaten jika bantuan dari Kemenag Kabupaten, dan kop lembaga serta alamat disesuaikan dengan lembaga penerima bantuan nggih, jangan sampai nanti lembaga anda di Kabupaten Nganjuk ternyata file masih Kabupaten Grobogan, lak yo ora lucu tur saru.

Sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: