Pengalaman Lewat Jalan tol Kebakkramat Gondangrejo Jarak Tempuh Biaya dan Waktu

jalan tol

Njijal jalan tol dalam kota melalui gerbang pintu tol Kebakkramat Karanganyar menuju arah pintu tol Gondangrejo ditinjau dari segi biaya jarak tempuh dan durasi waktu yang diperlukan gate to gate alias dari gerbang ke gerbang.

pontren.com – assalamu’alaikum mas bro mbak sist yang mungkin barusan habis wakuncar atau merancang liburan di hari minggu untuk keesokan harinya. Kalau di dunia nge vlog biasa disapa dengan halloooo gaaeeesssss…. Hehhee.

Weist sekarang Karanganyar resmi dadi kutho tenan cak. Alias termasuk wilayah kota, lha memiliki jalur tol dalam kota meskipun relatif tidak panjang, mulai dari pintu masuk tol gerbang di Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat.

Meskipun pernah merasakan rute dari kebakkramat sampai semarang tapi koq rasanya kurang afdhal kalau belum coba tol dalam kota ini, ya minimal dari Kebakkramat sampai gondangrejo atau sebaliknya.

Kata pepatah, pucuk dicinta ulampun tiba, lupa pagi hari atau sore hari di telfon pak boss untuk nganterin beliau dengan istrinya ke daerah Simo tepatnya di dekat MTs 9 Boyolali dalam rangka sillaturrahmi ke tempat adik dan kakaknya.

Wah kesempatan nih untuk ujicoba rute jalan tol terdekat di area Karanganyar.

Janjian dengan pak boss dan bu boss berangkat dari Ngargoyoso jam 7 pagi, eh malah molor kisaran jam 8.10 menit baru start menuju Boyolali. Masih diselingi ke pasar Karangpandan beli oleh oleh karak dan tempe mentah plastikan.

Akhirnya selesai belanja buah tangan langsung meluncur menuju gerbang pintu tol kebakkramat melalui jalan mbejen ke kanan trus lurus lewat Tasikmadu sampai poool melintasi rel kereta api dan sampai perempatan bangjo nangsri ambil kanan. Tekan nggone gerbang tol Kebakkramat.

Biaya tol Kebakkramat ke Gondangrejo, jarak tempuh dan biaya

biaya masuk ibnu abbas klaten

Saya amati jam di mobil menunjukkan pukul 09.35 pagi disaat berada pada lokasi pembayaran tol yang menggunakan kartu elektronik. Kartu warna biru lansiran dari brizzi sebagai senjata e-toll yang ditempelkan pada alat deteksinya.

Pas ditempelkan pada alat, terdeteksi angka saldo pada brizzi (kalau gak salah) 37.600 rupiah dan kendaraan masuk dalam kategori jenis kendaraan golongan 1.

Golongan ini biasanya merupakan kendaraan pribadi roda empat semisal sedan, minivan, suv mpv dan lain sebagainya kendaraan yang kecil kecil. Yang daya setiri merupakan mobil isuzu panther lawas lansiran tahun 1992.

Dari gerbang ini jam 09.35 kemudian setelah terbuka itu nya (palang tol) langsung saja jalan di jalan bebas hambatan ini.

Beberapa ratus meter mobil konstan berjalan di kecepatan 60-70 km/h, selanjutnya naik ke kecepatan 80 km/h secara konstan sampai dengan pintu keluar tol kecamatan Gondangrejo.

setir mobil

Sampai pintu keluar seperti biasa, tempelkan si biru brizzi pada area yang tersedia kemudian muncul sisa saldo kartu ini. Saya amati berkurang kisaran 7.500,- (pitungewu mangatus).

Hmmm jadi biaya tol dari kebakkramat sampai gondangrejo ya kisaran tujuh ribu lima ratus rupiah.

Rampung menempelkan kartu e-toll pada tempatnya saya lihat jam digital pada dasboard mobil dan menunjukkan angka 09.42 WIB.

Jadi saat masuk di gerbang tol kebakkramat jam 09.35 dan sampai pintu keluar tol gondangrejo pukul 09.42 WIB. kurang lebih 7 menit waktu tempuh dari kebakkramat ke gongdangrejo via tol.

Waktu ini ditempuh dengan kecepatan kendaraan di beberapa ratus meter dengan kecepatan 60-70 km per jam dan setelah itu dengan kecepatan konstan 80 kilometer per jam.

Bisa jadi hanya perlu 5 menit saja kalau kecepatan stabil pada 100 kilometer perjam.

Balik Lagi lewat Tol pintu masuk Gondangrejo Ke Pintu keluar Tol Kebakkramat

bus

Setelah pak boss dan istrinya bersua dengan adiknya serta kakak kakak beliau di Kelurahan sumber Kecamatan Simo Boyolali, waktu hampir asar kembali lagi menuju Kecamatan Ngargoyoso.

Saya tanya ke ibu boss, mau lewat tol lagi atau melewati jalan biasa? Bisa lewat bundaran Joglo atau ring road Mojosongo.

Beliau menjawab, terserah lewat mana saja, tapi kalau lewat tol kayaknya lebih cepat dan nyaman tidak macet.

Dapat kode seperti itu akhirnya jelas arahannya yaitu balik ke Ngargoyoso dengan menggunakan jalan tol lagi.

Masuklah ke pintu gerbang tol kebakkramat dan saya ingat ingat saldo yang tertera di tampilan digital warna merah pintu tol.

Setelah sibuka palang pintu toll langsung muter melingkar sebentar mengikuti alur pintu masuk menuju area jalan bebas hambatan ini.

Sama seperti keberangkatan, awal beberapa ratus meter dengan kecelatan antara 60-70 km per jam dan selanjutnya stabil di kecepatan 80 km perjam sampai dengan gerbang pintu tol keluar Kebakkramat.

sopir nyopir mobil

Setelah saya mengamati ternyata harga nya sama yaitu 7.500 rupiah dan waktu yang diperlukan kisaran 7 menit.

Lha memang berapa sih jarak antara gerbang gondangrejo sampai dengan kebakkramat?

Kalau mengacu harga tol yang 7500 rupiah, maka jika di konversi biaya tol yang 1 km = Rp. 1.000,-maka perjalanan dari gerbang tol kebakkramat menuju pintu keluar tol gondangrejo (atau arah sebaliknya) adalah sepanjang 7,5 kilometer.

Nah itulah pengalaman njijal jalan bebas hambatan dalam kota di Kabupaten Karanganyar yang terjadi pada tanggal 01 Februari 2020.

Perbandingan tol gondangrejo-Kebakkramat dengan Jalan Bejen-Karangpandan

cuti libur

Walah koq mau membandingkan jalan tol kebakkramat gondangrejo dengan rute Bejen-Karangpandan? Gak fair dong?

Ga juga sih, menurut saya ada kelebihan rute jalan karangpandan – mbejen dibandingkan tol gondangrejo kebakkramat. Apa itu? Silakan disimak.

Sebelumnya saya sampaikan kelebihan tol ini dengan kr.pandan – mbejen.

Tentunya jalan tol ini bebas hambatan, tidak ada lampu bangjo, orang yang menyeberang sembarangan ataupun bis kendaraan umum yang berhenti naik turunkan penumpang.

Yang kedua yaitu jalan yang lebih lebar dan jalur satu arah (2 arah tapi ada pembatas besinya). Hal ini lebih memudahkan orang orang untuk ngebut dengan kecepatan tinggi.

Lha kecepatan konstan 80 km per jam saja masih disalib bus wusssss cepeeett… Ada avanza weeesss lewaat, honda jazz mak nyuss nyalip, eh ada juga honda brio wuuut kami dilewati.

Persamaan dengan jalan kr pandan mbejen, sama sama memiliki jalan yang naik turun dengan landai yang relatif terasa, sama sama tidak terdapat lobang jalan atau jeglongan yang mengganggu.

Trus kelebihan jalan mbejen karangpandan apa?

Yang pertama adalah gratis alias tidak perlu bayar untuk melewatinya.

yang kedua, ada 2 buah pom bensin yang tersedia untuk membeli bahan bakar baik partelite pertamax maupu solar. Anda tidak akan menemukan pom pengisian bahan bakar di sepanjang jalan tol kebakkramat gondangrejo.

Ketiga, jalan karangpandan bejen lebih mulus dan nyaman dilewati karena kehalusan permukaan jalan yang terdiri dari aspal semua.

Lha memangnya jalan tol gondangrejo kebakkramat tidak mulus? Iya sih sama mulusnya, akan tetapi pada benerapa ruas jalan dan relatif banyak dan agak panjang, ruas jalan ini bukan dengan permukaan aspal akan tetapi berupa jalan beton.

Beda katakter aspal dengan beton dimana permukaan beton walaupun nampak halus akan tetapi sebenarnya tidak bisa rata seindah jalan aspalan.

Kalau anda melewatinya akan terasa getaran atau gronjalan di jalan model plester atau beton ini terutama pada area sambungan.

Apalagi jika kendaraan anda menggunakan roda yang relatif kecil dan shockbreaker yang keras maka akan terasa getaran di setir mobil maupun dalam kabin.

Itulah menurut saya keunggulan jalan rute bejen – Karangpandan dibandingkan dengan jalan tol Kebakkramat – Gondangrejo.

Demikian sharing pengalaman melintasi jalan bebas hambatan dalam kota di karanganyar, jika anda punya pengalaman yang sama atau berbeda jangan sungkan untuk berbagi ide di kolom komentar.

Sugeng dalu selamat malam wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar