Pengalaman dan Cara Legalisir Akta Kelahiran di Dusdukcapil Karanganyar

kantor dusdukcapil

Pengalaman melakukan legalisasi akta kelahiran di dusdukcapil Kabupaten Karanganyar yang terletak di dekat SDIT Karanganyar.

pontren.com – assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sugeng siang mas bro mbak sist, kali ini saya akan bercerita pengalaman dan lika liku laki laki dalam legalisir akta kelahiran di Dusdukcailpil Kabupaten Karanganyar.

Seperti saya sampaikan sebelumnya, letak kantor dusdukcapil berdekatan dengan SDIT alias dari pasar Jungke lurus ke arah barat. Barat terus sebelum bangjo pertigaan tasikmadu. Letaknya agak tak terlihat bagi pengendara.

Saya saja sempat kebablasan beberapa meter dari pintu gerbang kantor ini. Lha ternyata bukan saya saja, banyak pengendara lain yang kebablasen harus balik arah karena melewati kantor yang dituju.

Mungkin karena letaknya yang agak menikung dan tanda keberadaan kantor ini kurang maksimal sehingga banyak yang relatif kepunjulen melakukan kegiatan berkendara. Hehe.

Disambut tulisan Pelayanan Kependudukan Gratis Stop Pungli Stop Calo

Setelah mundur beberapa langkah, akhirnya bisa juga memasuki area parkir di kantor ini. Menurut saya parkirannya memadai dan ada petugas yang mengatur perparkiran ini.

Sebelum anda memasuki kantor anda akan memasuki pintu utama yang diatasnya terdapat tulisan “DUSDUKCAPIL” dari bahan metal dan dibawahnya ada MMT atau spanduk bertuliskan PELAYANAN KEPENDUDUKAN GRATISS!! STOP PUNGLI!! STOP CALO!!.

pelayanan-kependudukan-gratis
pelayanan gratis

kemudian saya masuk area aula atau ruang tunggu kantor dan disana ada penjaga atau help desk yang akan memberikan informasi apapun yang anda tanyakan tentang pelayanan kantor ini.

Saat itu saya antri bertanya karena ada warga yang menanyakan tentang kartu keluarga. Ternyata berat saudara, percakapan yang saya tangkap ternyata pelayanan untuk semisal ini ada batasan jumlah yang dilayani yaitu (kalau tidak salah) 150 antrian per hari.

help-desk-dusdukcapil-karanganyar
help desk dusdukcapil

Jadi kalau anda berniat ngurus kartu keluarga atau semisalnya sebaiknya anda jangan datang di siang bahkan sore hari karena akan kehabisan antrean.

Kenapa dibatasi antriannya? Karena jika tidak ada batasan jumlah yang dilayani maka pekerjanya akan selalu overtime setiap harinya.

Kemudian tibalah saatnya saya yang bertanya.

Tempat Loket Legalisir Akta Kelahiran Beserta Syarat

tempat-legalisir-akta-kelahiran
loket pelayanan legalisir akta kelahiran

Mas, kalau mau legalisir, tempatnya dimana?

Tempatnya di Loket empat mas. Langsung saja ikuti arahnya.

Ya sudah langsung saja saya menuju ke arah yang ditunjukkan petugas help desk ini dan disitu saya melihat ada tulisan syarat legalisir akta kelahiran.

syarat-legalisir-akta-kelahiran

Ada 2 persyaratan untuk legalisir yaitu;

  • Melampirkan dokumen asli; dan
  • Masukkan dalam map (warna bebas).

Itu saja yang diperlukan untuk melegalkan fotocopi sesuai dengan aslinya dari akta kelahiran.

Pelayanan Sangat Cepat dan Beneran Gratis

Saya iseng melihat jam pada hape saya saat saya memasukkan berkas untuk dilegalisir. Jam menunjukkan pukul 13.31 WIB.

Kemudian berkas dalam map kuning yang berisi foto kopi dan dokumen asli akta kelahiran diterima oleh adik adik PKL untuk diproses.

dilayani-adik-adik-PKL-dari-SMA
adik adik PKL

Pada jam 13.38 WIB melalui pengumuman nama dalam akta dipanggil untuk mengambil berkas asli dan fotocopy yang telah disahkan sesuai aslinya.

Jadi kira kira hanya perlu waktu 7 menit pelayanan ini beres.

Saya kasih acungan jempol dan nilai 100 alias paling tinggi yang saya berikan terkait pelayanan dusdukcapil bidang legalisir akta kelahiran.

Parameternya adalah saya tidak banyak ditanya tanya yang tidak perlu, tidak berbelit belit, dan memakan waktu yang sangat cepat mulai dari memasukkan berkas dan pengembalian dokumen yang telah ditandatangani petugas atau pejabat yang berwenang.

Dengan kecepatan pelayanan prima pada bidang legalisir akta kelahiran ini tidak ada pungutan biaya sama sekali. Bye bye kotak infak.

Fasilitas Penunjang di Dusdukcapil

Di kantor yang saban hari melayani ratusan mungkin ribuan masyarakat setiap harinya ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup untuk memenuhi keperluan para citizen +62.

Berikut fasilitas yang dapat saya sampaikan yaitu;

  • Mushola tempat sholat;
  • Banyak kran air di beberapa wilayah;
  • Toilet;
  • Ruang laktasi.

Kalau kran mushola serta toilet saya kira sampean sudah paham apa fungsinya.

Nah kalau ruang laktasi itu maksudnya adalah ruangan untuk ngempengi alias nyusoni para bayi oleh ibunya dengan tenang tanpa khawatir pabrik susunya dipandangi orang lain hehehee.

Demikian pengalaman melakukan legalisir akta kelahiran pada tanggal 30 Januari 2020 di kantor Dusdukcapil Kabupaten Karanganyar.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar