Arsip Tag: assalaam solo

Persass Assalaam Menghadapi Dirinya Sendiri, Sillaturrahmi Berbalut Reuni

Acara sillaturrahmi menyambung persaudaraan sekaligus tempat sejenak melepas penat pikiran karena menghadapi berbagai situasi kehidupan yang silih berganti naik turun kayak pompa, begitulah kira kira.

Pontren.com – Kemarin (hari Sabtu, 2 Januari 2021) alhamdulillah rencana untuk temu kangen (tapi sayangnya ono sik jagong, dadi batal teko) reuni mini sekaligus pertandingan sepakbola bisa terealisasi.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam memiliki klub sepakbola, Persass Solo kalau melihat tulisan di dada (dada ya, bukan perut) seragam klub yang dipakai para veteran dan pemain karbitan saat reuni mini di Boyolali.

Kalau mengikuti perkembangan grup sebelah, sudah lama silaturrahmi dalam bungkus balbalan dan reuni mini diumumkan, dirancang dan diangan angankan. Wis kebelet kangen jare. (jare sopo yo? Lali aku).

Jenenge balbalan, nek kaose pathing blengkrah rak yo ra sip, bisa salah oper,contone wahyu prabowo dengan baik hati dan sukarela mengoper kepada aris Bowo lawan tandingnya.

alesane ndupeh jenenge podo bowo ne, solidaritas sesama jenis nama jare. Remuk suk nek Hisyam melu balbalan, mesti bowo oper terus ke irawadi, alesane kembar identik secara wajah minus perut.

Alhamdulillah pada makmur, tampak dari pemesanan kaos

pemain veteran Persass

Dengan sigap di floorkan pengadaan kaos dan masing masing santri soleh dan soleh memasukkan nama dalam daftar pemesanan kaos ini.

Supaya lebih mantab, ada pencantuman nama dan nomor punggung. Tidak lupa ukuran atau size kaosnya.

Nah disini nampak jelas kemakmuran para santri yang pernah mondok di assalaam ini.

Coba saja bayangkan, yang memesan ukuran S nihil, yang M Cuma 3 biji, sisanya extra large… XL.

Ra trimo XL. Ono sik nulis XXXXXXXXXXXL. Edian tenan. Makmur maksimal pokokmen.

Karena selepas MTs melanjutkan ke sekolahan lain, pada beberapa rekan saya terpana dengan pertumbuhan keatas, utamanya kesampingnya, wuihhh pokoke top markotop.

foto reuni assalaaam menyamping untuk menyembunyikan badan besar
foto dari samping, angle terbaik mengatasi penampakan pertumbuhan

Yang sampai lulus SMA mungkin hanya melihat perkembangan kesamping, ora tambah duwur, pengecualian kasuistik semisal Y. Bachtiar misalnya.

Saking makmurnya, ono sik Netto 110 Kg. Iya netto, dalam bahasa awamnya berat bersih, durung kotore.

Tapi alhamdulilahnya wonge duwur, jadi ora gendut. Nek gedhe ho oh.

Rata rata usia 40 tahun, ngos ngosan kalau lari tenanan

Ada sebagian rekan yang masih bertubuh six pack, Achmad Ichwan misalnya (jare dia sendiri), ada juga yang six pack tersebut sudah akur sehingga melebur menjadi satu dan berkembang pesat.

Yang datang kebanyakan kelahiran tahun 80 atau 81, atau setahun sebelumnya, yaitu 79, ternyata balung tuwo cak.

di pas pasne ambek nomor punggung

Lapangan kecil, durung lapangan bola ukuran standar, wis ra kuat ngayahi.

Sansoyo ada instruksi koncone kon mlayu, saya melu melu F. Kurniawan (dudu Dwi Yulianto) yang memakai mantra “aku njaluk sepurone nek mbok kon mlayu”. Kalau ucapan versi original silakan tanya ke Suryatama Mahardika.

Komentar teman teman Faisal Kurniawan, gayane mlayu isih podo mbiyen, gerakan tangannya sik ngena ngene yo podo, Cuma speed atau kecepatannya saja yang berbeda. Banter mbiyen.

Atau ada juga pemain sayap, sayangnya kok sayapnya bener bener goyah saat ono angin, mlayune kebanteren malah tibo dewe, sansoyo momen dijentol Guru Olahraga, untungnya ora di bruk i sisan, lak yo mampir ortopedi nek ketiban pak guru. Meskipun RS Al Karimah Dekat, tapi yo ojolah.

Meski telah diperkuat pemain kaliber guru olahraga, alhamdulillah, saya berada pada team yang menang, skor 4-2.

Jare Dayen mergo sik dadi kiper Elnath.

Nama di punggungnya elnath tulisane Torres. Jadi ingat pemain sepakbola dari spanyol Fernando Torres, kawit kapaaan striker Liverpool dadi kiper ngganteni pepe Reyna.

Sik ra hobi bola mesti ra mudeng iki korelasi elnath kiper torres striker pepe reyna sopo.

Ada yang datang dari Jauh, semangat silaturrahmi yang joss perlu ditiru

Saya hitung jarak kepulangan dari boyolali tempat sepakbola mini sampai home sekitar 50 kilo meter (bukan gram), perjalanan 1 jam lebih 15 menitan.

Kalau om Wawan (Wirawan Avicena) sekeluarga, lebih dekat dari lokasi, ya kira kira selisih 10 kilo dan 10 menitlah dengan saya.

Luamayan juga khan jauhnya, apalagi kalau menuju ke lokasi sambil lari, souwe tekone, sansoyo mbrangkang, luwih suwe maneh.

Tapi jarak tersebut tidak ada epret epretnya dibanding ketua kelas 1J saya dan juga Vindi, Bagio, Suryatama, siapa lagi yo sik sak kelas, pakde Popon (Ahmad Sukron).

Popon Ahmad Sukron
Popon dan Vindy

Dari mBandung sampai mBoyolali, bawa 2 armada, avanza dan (jare elnath) Ford Fiesta, memboyong keluarga dan saudara, nek lihat di internet, jarak Bandung Solo = 536,8 kilometer lewat tol Cikopo.

Estimasi waktunya sangat variabel, dari paling cepat 6 jam dan nyang lewat jalan nasional mencapai 11 jam lebih. Jadi malu meh sambat kiyu jarak yang jauh.

Reuni Sisan Syukuran Fajar Officially Menjadi Insinyur

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, sisan silaturrahmi, sekaligus alhamdulillah mas Fajar Suryo Pratomo selesai dalam pendidikan dan meraih gelar Insinyur.

Jadi kalau bikin undangan lengkap dengan gelar ditulis seperti ini

Ir. Fajar Surya Pratomo, S.Hut.,IPU

Penulisan Undangan Ulem yang Benar

Langsung gas pool ilmunya dibagikan melalui buku dengan judul Sumpah Pemuda di Era Revolusi Industri 4.0 dalam mendorong usaha kehutanan dalam mensejahterakan Masyarakat.

Sampean bisa membacanya pada Majalah Rimba Indonesia Volume 66. Juli 2020. Nek ra nduwe bukune, contact ae fajar ben di scanke.

Usaha Kehutanan dalam mensejahterakan Masyarakat
Tulisan Fajar Surya Pratomo tentang Usaha Kehutanan dalam mensejahterakan Masyarakat

Jare Madika, “Bagio Gak gaduk nek iki” (tulisan tentang mendorong usaha kehutanan).

Lha malah Tri Subagio (pakai huruf i ya, bukan Y, tak eling-eling biyen jaremu Bag nek jenengmu pakai huruf i) bilang begini “Iki Fajar Gawe buku, Kowe gak melu gawe?

Sebenarnya pengen juga buat, tapi apa daya kemampuan tak sampai.

Mau saya jawab ingin membuat komik spongebob di Era modern, nanti Bagio dan Kawan kawannya pada tertawa dan yang lain bingung kenapa mereka tertawa. Saran saya, ojo mudeng sisan.

Silaturrahmi Durung Bar, Wis Oleh Barokah

Pastinya pada paham semua banyaknya keberkahan dan manfaat melakukan sillaturrahmi.

Contoh kongkritnya wingi, acara belum selesai, ono kiriman nasi goreng dari saudara Adin (Akhmad Khaerudin) yang sekarang sak konsul dengan Bagio, omahe salatiga.

Biasanya kalau kita pesan gofood atau grab, ndadak pesen sik, makanan datang, kita bayar tunai atau melalui uang digital.

Lah ini ora, ora mesen, panganan teko, wis dibayar lunas. Boso cah gaul biyen mongso sekolah tinggi yoiku gari nyiaaakk… (tinggal makan).

Wis mas bro, barokahnya langsung ono meski kumpul silaturrahmi belum selesai.

Kiai Suryatama sedang dahar sego goreng

Maturnuwun mas Adin.

Ya sejujurnya enak sih nasi gorengnya, tapi saya lebih menyukai kedatangan beliau mas adin hadir bersama rekan rekan sekalian daripada hanya nasi gorengnya yang datang.

Akan tetapi diatas itu ada yang lebih saya sukai, mas adin teko sisan nggowo sego gorenge.. haaaa… becandaa… kemaruk iku jenenge.

Wis ga usah ditampilkan dalil hadits barokah dan manfaat sillaturrahmi, golek dewe dewe nggih.

Oh iya, jangan lupa untuk membaca papan pengumuman, monggo dipersilakan membawa makanan dari luar.

Lha wekku tak maem sampai rumah. 😀

Semoga Keberkahan yang lain Segera Turun

Karena memang acaranya cenderung berpihak santai, beberapa rekan yang ada janji kesibukan woro woro cabut terlebih dahulu.

Walau begitu, semoga saja ajang temu silaturrahmi temu kangen balbalan melawan dirinya sendiri disana terdapat banyak keberkahan maupun kebarokahan.

Yang belum punya rumah kendaraan semoga segera memilikinya sendiri,
Yang belum dikaruniakan keturuan semoga 1-2 tahun segera mendapatkan,
Untuk rekan, sahabat, keluarga, kondisi kurang fit semoga segera pulih sehat.
Yang anaknya unik segera menjadi solih solihah

alumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999
alumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999

Yang ingin mendapatkan jodoh (gak pake lagi) semoga mendapatkan pasangan yang soleh/solehah
Jika ada yang memiliki tanggungan angsuran semoga beres segera.

Sik bisnis mendapatkan kelancaran dan kebagusan dalam manajemen serta keberkahan didalamnya
Yang berkarir di kantor mendapatkan kekuatan untuk menjalankan pekerjaan dengan baik dan amanah.

Silakan ditambahkan doanya sendiri sendiri ya, semoga Allah mengabulkan.

Oleh oleh Abis Reuni

Rampung acara, jam 6 magrib sudah buyar, pada kembali ke habibatnya masing masing, ada yang pulang kerumah, semoga tidak ada yang kembali ke tempat penangkaran.

Lumayan, balik ke Karanganyar dapat nasi goreng dari Mas Adin, Snack Box sukurane Fajar, Masker dari Panitia.

Sakjane foto maskernya meh dicarikan yang fotogenik. Sayange yuuuhhh weluneeeeeeeee jaluki foto.

Sarane pake foto yang santri putra saja. komentarku nek cah lanang malah merusak pemandangan.

Blaik aku ra nyimpen fotone cah putra yang pakai masker 😀 akhirnya malah selfie sendiri sebagai ilustrasi perusak pemadangan. Sad ending.

masker pondok pesantren

Kebenaran hakiki, oleh oleh barang bawaan yang dibawa pulang tentunya merupakan anugerah tambahan disamping acara utama yaitu menjalin silaturrahmi, saling mendoakan, dan semoga mendapatkan keberkahan dan karunia.

Selanjutnya hikmahnya adalah relaksasi pikiran, melepaskan atau tepatnya sejenak lupa dengan urusan yang bikin mumet. Intine isine kumpul sama teman dimasa sekolah iku rileks dan rileks. Bener bener mengendorkan syaraf.

Penilaian terhadap Pelaksanaan Kumpulan Reuni

Wekekekekkk, menurut saya ini merupakan bagian terbaik, mantab jos gandhos pokoknya, dari segi persiapan lokasi, kesiapan wasit, fotografer, pemilihan tempat yang so sweet mengakomodasi anak-anak juga.

Dalam bahasa Italy saya mengatakan perfecto. Nilai 100. Secara spesifik acungan jempol kepada panitia Vindy Dwipa Indra, Tri Subagio, Suryatama Mahardika maupun siapa saja yang turut mau berepot ria dalam pelaksanaan acara ini.

dan entah kenapa kok semuanya (Bagio,Pindi, K*te) dulu pernah sekelas sama saya di 1J hahahaa. Konco dewe dialem dewe. Xixixi

Tapi memang keadaannya seperti itu menurut saya, kalau anda mau menyimak, dari awal sampai akhir kegiatan tidak ada keruwetan yang terjadi, lancar smooth mengalir dengan baik.

Nilai 100.

Eh maaf, ada ralat, enggak 100 dink, jadi ingat Mbah Mahmud (almarhum ustadz Mahmud, Ms), allahummaghfirlahu) guru bahasa Inggris.

santri putri assalaam solo
mbak mbak yang putri menyimak

Beliau mengatakan. Kowe sik paling pinter, pol bijine 8, aku bijine 9, sik 10 iku gur GustiAllah. Artinya, paling pintar muridnyamaksimal hanya akan mendapat nilai 8 karena pak guru nilainya adalah 9, sedangkan angka 10 hanya milik Allah.

Karena perfect hanyalah milik Allah semata akhirnya nilai berkurang menjadi 99.

Emangnya apa yang mengurangi?

Saya merasa belum cukup lama untuk bersua dengan teman, karena sampai-sampai pengelola wahana mengatakan kepada kami bahwa tempat sudah waktunya tutup 

Ya apapun itu, alhamdulillah sudah bersua, bersilaturrahmi, melepas penat sejenak hiruk pikuk urusan pekerjaan dan lainnya.

Semoga keberkahan dan nanti lebih banyak lagi rekan yang bisa datang dalam acara kumpul selanjutnya, di Karimunjawa misalnya.

Syarate ngajak anak bojo jare.

Itu saja reportasenya, agak susah juga mikirnya, karena bar balbalane wis rampung wingi ternyata pegelnya isih durung rampung. Salam spongebob kuning, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Bonus Quote Saat Reuni Mini

santri assalaam

Faisal Kurniawan “ wong-wong telat sik seneng balbalan, awake dewe wis katog jaman mbiyen”
Aku “ Balbalane 45 menit wis rampung, pegele nganti saiki isih kroso, gek gek seminggu ra ilang”
Tri Subagio “ ngono kuwi sik penting piye carane, marketinge duwe akal akeh”
Yossy Bachtiar” Jangan bully anak yang fisiknya kecil saat SMP, siapa tahu dimasa dewasa dia dua kali lipat besarnya dibanding anda”.

Achmad Ichwan “Rogo tuwo rasah di forsir tenagane, nek kesel leren” Dasar official ra gelem mudhun balbalan.
Wahyu Prabowo “Sekali muni, dua cowok kendal kapusan”.

Onggo Radityo “ Kowe wis mangan tho, minggir gantian”.
Elnath Torres Eridany “ Sesuk maneh reunine nang Karimunjawa, ngajak anak bojo” anakmu enem nath”.
Suryatama Mahardika “Foto nang PP kok gambarku ambek gaplek kepotong”.

Animous “Jangan menyarankan ganti hape karena kecegur kolam pemancingan karena akan memberi ide pemilik hape menjeburkan bojone ke kolam tersebut”.
Dayen” Wani Pirroooo???” sepuluh ewu yen” 😀

rame di grup melempem pas ketemu
Asyrofi buron banyak orang

Rakyat yang reuni “ Ono sik aktif semangat nang grup urusan reuni, moso tibo ndoto wonge ra muncul”.
Penjaga rumah makan” mohon maaf untuk tidak membawa makanan dari luar”.

Sebenarnya masih banyak lagi ungkapan unik semasa bersama, akan tetapi karena utex tuwo wis ora se tok cer zaman PDKT sehingga akeh sik terlewat.

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Assalaam

syarat-pendaftaran-pondok-pesantren-assalaam-solo

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Assalaam Solo
Informasi syarat dan pendaftaran pondok pesantren Assalaam Surakarta tahun 2019 dan cara.

Penerimaan santri baru di Assalaam disebut dengan istilah SIPENWARU (Seleksi Penerimaan Siswa Baru). Penerimaan santri baru PPMI Assalaam Sukoharjo resmi dibuka. Pendaftaran ini dimulai tanggal 01 Oktober 2018 dan ditutup 31 Mei 2019.

Cara Pendaftaran Santri Baru PPMI Assalaam Surakarta

Penerimaan santri baru Ponpes Assalaam menggunakan 2 jalur yaitu :

  1. Jalur Reguler
  2. Jalur Prestasi

Untuk reguler dengan mengikuti ujian pelaksanaan test

Jalur prestasi apabila calon murid memiliki prestasi akademik/non akademik dengan menunjukkan sertifikat terkait.

Pelaksanaan test dilakukan setiap hari jumat dan sabtu sesuai dengan pilihan wali calon santri.

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,-. Bisa dibayar dengan 2 Cara yaitu :

  1. Dibayar dilokasi test
  2. Transfer ke rekening Bank Syariah Mandiri No 7779994443 atas nama Zaenal QQ Panitia Sipenwaru

Untuk pendaftaran via transfer selanjutnya melakukan konfirmasi dengan cara mengirim bukti transfer ke panitia via whatsapp nomor 08180256 1245 (Ustadzah Shoffa Shofriana)

pendaftaran-pondok-pesantren-assalaam

Bagi yang memilih lokasi tes di perwakilan BP3 (MPP) daerah, guna pembayaran dipersilakan menghubungi MPP masing masing.

Pendaftaran dan tes seleksi tahun pelajaran 2019/2020 bisa dilaksanakan di berbagai cabang daerah yaitu :

Jakarta UD Kalimantan Jaya Jl. Ciputat Raya No. 1 RT 05 / 07 Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan 081319840655
BANDUNG Komp

leks Ujung berung Indah Blok F No. 9 Ujung Berung Bandung

08122383869
RIAU SMA PGRI Jl. Pandan 44 Tangkerang Pekanbaru Riau Jl. Gunung Raya Gg Berdikari No. 3 RT 05 RW 03 Kel. Rejosari Kec. Tenayan Raya Pekanbaru 08127529289
BATAM Perum Genta I Blok CE 03 RT 02 / RW 07 Batu Aji Batam 081364440923
KALTIM Jl. Angsoka No. 33 RT 42 Panorama Swarga Bara Sangata Utara Kutai Kalimantan Timu 082158735368
BANJARMASIN Jl. Ahmad Yani KM 3.5 No. 127 A Kel. Kebun Bunga Banjarmasin 081351192539
JAMBI RT 17 No. 21 Simpang IV Sipin Jambi 36124 082114390710 074163279
BERAU Jl. Durian III Perum Berau Indah Blok D2 No. 7 Tanjungredep Berau Kaltim 081310686740
PALANGKARAYA JL. Kecubung No. 9 Cilik Riwut KM 3,5 Palangkaraya 081349755679
BALI Jl. PB. Sudirman Gg Bhineka I / 2 Denpasar 08123844552 082146771010
NTB Jl. Energi gg Pogot No. 17 Ampenan Selatan Kota Mataram NTB 08175720200 082144503631

Baca :

Layanan Pendidikan di Pondok Assalaam Solo

Di Assalaam terdapat 5 buah lembaga pendidikan, adapun kelima nya adalah

  • MTs
  • Takhashus
  • Madrasah Aliyah (MA)
  • SMA
  • SMK

Dari kelima pendidikan diatas maka dipersilakan untuk memilik tingkatan mana yang diinginkan oleh calon santri atau wali murid.

kelas takhashsus adalah persiapan bagi lulusan SMP/MTs non pondok pesantren yang menginginkan untuk melanjutkan pendidikan pada MA atau SMA maupun SMK.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar.

Perkembangan zaman membuat cara pendaftaran bisa dilakukan secara online. Untuk hal tersebut maka beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Data Lengkap Santri
  2. Data Asal Sekolah
  3. Kartu Keluarga
  4. Kartu Indonesia Pintar (jika ada)
  5. BPJS
  6. NISN
  7. Cita cita anak
  8. Data Prestasi anak dan sertifikat
  9. Data Orang tua, silakan menyiapkan
  10. KTP dan Kartu Keluarga Orang Tua, Wali (jika ada)
  11. Nomor Telfon yang masih aktif
  12. Email yang aktif
  13. Informasi jumlah penghasilan

Setelah data tersebut lengkap akan memudahkan anda melakukan pendaftaran secara online pada situs sipenwaru Ponpes Assalaam.
Selesai menyiapkan berkas tersebut, silakan menuju situs resmi pendaftaran siswa baru pondok pesantren Assalaam Sukoharjo. Berikut link untuk pendaftarannya.

https.sipenwaru.assalaam.or.id/daftar_calon_santri.html

Syarat Pendaftaran pada saat test

santri assalaam
santri selesai sholat

Berikut adalah syarat dan ketentuan bagi calon santri baru beserta wali yang melakukan pendaftaran baik di kantor pusat Sukoharjo maupun pada lokasi perwakilan di daerah :

  1. Calon santri datang ke tempat ujian atau test bersama orang tua atau wali
  2. Membayar uang pendaftaran Rp. 350.000,- (abaikan jika sudah tranfer, jangan lupa bawa bukti pembayaran)
  3. Menandatangani surat pernyataan untuk mentaati disiplin dan taat pada Pimpinan PPMI Assalaam (sudah ada blanko tersedia)
  4. Menyerahkan formulir dan surat pernyataan dengan dilampiri :
  5. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 7 lembar (wanita memakai jilbab)
  6. Fotocopy akte kelahiran 1 Lembar
  7. fotocopy kartu keluarga 1 lembar
  8. fotocopy Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 1 lembar
  9. Fotocopy raport semester genap kelas 5 atau 8 sebanyak 1 lembar (Bagi lulusan 2017/2018 menyerahkan fotocopy ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir)

santri assalaamSyarat Tambahan, jika memiliki yaitu sertifikat prestasi, dengan ketentuan yang diakui sebagai berikut :

  • Juara 1, 2, atau 3 hafalan alquran 10 juz (SD/MI) atau 20 Juz (SMP/MTs) minimal tingkat Provinsi atau
  • Juara 1,2, atau 3 kejuaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau KSM (Kompetisi Sains Nasional) minimal tingkat kabupaten atau kota
  • Juara 1, 2, atau 3 non olimpiade minimal tingkat Provinsi
  • Nilai Ujian Nasional peringkat 1,2,3,4 atau 5 tingkat Provinsi.
  • Surat Pernyataan sedang tidak menerima beasiswa.

Itulah syarat tambahan bagi jalur prestasi.

Pembayaran daftar ulang

Uang pangkal dibayar paling lambat 14 hari setelah santri dinyatakan diterima
Sisa pembayaran (kecuali uang pangkal) dilunasi paling akhir tanggal 31 Mei 2019
Santri datang ke pondok pesantren pada bulan Juni tanggal 30 tahun 2019.

syarat-daftar-ponpes-assalaam

Profil pondok pesantren Assalaam Solo

alumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999Assalaamu,alaikum warahmatullahi wa barakatuh. selamat membuka internet dan menggali informasi. Pada dasarnya saya menulis profil ponpes Assalaam untuk menjadi pertimbangan dan pengetahuan utamanya bagi calon santri dan calon wali santri di PPMI Assalaam. Tentunya juga bagi khalayak umum yang ingin tahu tentang pesantren modern ini. informasi yang disampaikan berasal dari para wali santri, alumni pondok assalaam serta hasil observasi ke pesantren Assalaam. disini akan disampaikan kehidupan sehari hari santri, situasi kamar serta karakteristik pendidikan dan tingkah polah santri di pondok serta beberapa tips dan saran bagi calon santri maupun wali santri. sekilas juga biaya yang di butuhkan. selain itu beberapa informasi yang sekiranya bermanfaat bagi yang ingin lebih mengetahui tentang pondok pesantren assalaam.

secara geografis, sebenarnya pondok pesantren ini terletak di Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Alamat Ponpes Assalaam Solo adalah Jalan Garuda Mas, Pabelan, Kartasura Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. dengan nomor telfon (0271) 718741. terletak sangat dekat dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (yang juga terletak di Sukoharjo walaupun menyandang nama UMS dimana huruf S adalah Kependekan dari Surakarta. rute menuju ke pondok pesantren Assalaam sangat mudah. Untuk mencapai lokasi pondok baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. jika dengan kendaraan umum, arah darimana saja untuk turun di UMS. dilanjutkan jalan kaki atau naik becak ke lokasi (mungkin sekitar 800 meter dari jalan raya).

layanan pendidikan apa saja yang ada di pondok Pesantren PPMI Assalaam?

pondok ini menyelenggarakan pendidikan formal yaitu setingkat SLTP dengan mengambil pilihan MTs. pada jaman tahun 1993, MTs Assalaam memiliki kelas 1 paralel antara 1A-1K. dengan rata rata satu kelas berisi antara 30-40 santri yang mana ukuran kelas di Assalaam pas menampung anak anak disitu. Karena pendidikan mts maka kurikulum pelajaran umum (Matematika, IPA, IPS,Biologi, fisika, dan lain lain) serta pelajaran agama seperti Akidah ahlak (dulu seingat saya diajar oleh ustadzah nurhidayah), fiqh, qur’an hadis dan lainnya juga menggunakan kurikulum dari Kemenag. pengecualian pelajaran Bahasa Arab, buku yang digunakan adalah buku tamrinat terbitan dari pondok pesantren modern Darussalaam. Diluar pelajaran diatas, ada tambahan pelajaran yang khas di pondok pesantren yang biasanya jarang di ajarkan di SMP atau bahkan MTs non pondok sekalipun. pelajaran tersebut misalnya insya’ (mengarang dalam bahasa arab), mahfudhat (kata mutiara/pepatah dalam bahasa arab) imla (dikte bahasa arab), khat/kaligrafi, tahfidz, ilmu tajwid, mutholaah, muhadatsah (percakapan bahasa arab) dan mungkin ada beberapa pelajaran yang mungkin asing bagi yang belum pernah belajar di pesantren modern. pada pelajaran kepondokan ini buku pegangan atau kurikulum mengacu ke pendidikan di Ponpes Gontor. Karena Assalaam merupakan pondok yang sangat erat terkait dengan penerbit tiga serangkai, maka buku buku pelajaran umum dan kurikulum yang dari kemenag hampir semuanya menggunakan buku terbitan dari penerbit tiga serangkai.

santri assalaampada jenjang sekolah menengah atas ada tiga pilihan, yaitu madrasah Aliyah dan SMU SMK. untuk SMK Assalam mempunyai 2 jurusan yaitu Teknik Jaringan Komputer ( TKJ ) dan Persiapan Grafika. perbedaan nya terletak pada induk organisasi, pada MA menginduk ke Kementerian Agama dan SMU dibawah Kemendiknas. Sedangkan untuk SMK berada dibawah naugan mana yang lebih baik diantara keduanya? secara umum sama saja keduanya. tidak terlalu beda signifikan, bisa dikatakan dalam hal memilih SMU atau MA ataupun SMK di Assalaam tergantung semangat belajar serta usaha sang santri, tidak ada rekomendasi lebih baik mana yang dipilih. akan tetapi pada kenyataan SMU lebih banyak peminat dibanding dengan MA, bisa jadi karena pelajaran MA yang banyak bersifat madrasah dan pelajaran lain diluar pelajaran umum menjadikan SMU lebih diminati para santri. secara pelajaran dapat disampaikan bahwa modelnya hampir sama dengan penerapan kurikulum di MTs dimana pelajaran yang ditetapkan dari kemenag maupun kemendiknas semuanya diajarkan ditambah dengan pelajaran khas kepesantrenan.

selain dua jenjang diatas, ada satu lagi jenjang pendidikan yang dikelola oleh pondok pesantren modern Islam Assalaam. tingkatan ini disebut dengan takhashush, yaitu sekolah khusus yang digunakan untuk mereka dari luar pondok pesantren yang ingin melanjutkan ke SMU/MA ke Assalaam. pada tingkat ini diberikan pelajaran yang intensif dalam hal bahasa dan pelajaran yang berkaitan dengan pondok pesantren. misalnya ada anak SMP tanpa latar belakang pendidikan pesantren yang berniat melanjutkan pendidikan di MA atau SMU assalaam maka dia akan ditempatkan di kelas takhashush selama satu tahun belajar khusus bahasa dan kepondokan untuk mengejar rekan yang sudah memiliki bekal pendidikan kepondokan. Akan tetapi jika calon santri sudah pernah mondok sebelumnya dan lolos ujian masuk SMU yang diadakan pesantren maka calon santri dimaksud tidak perlu mengikuti pendidikan takhashush.

Kegiatan Sehari – hari santri pondok pesantren Assalaam.

dimulai dengan waktu subuh para santri melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Diwaktu subuh para santri putra diwajibkan memakai sarung dan baju serta kopiah, selanjutnya diteruskan dengan membaca al Qur’an di dalam masjid. Selepas selesai mengaji yang di tandai dengan pengeras suara dalam masjid “sodaqallahul adhim”. Kadang kala diisi dengan kultum dari salah satu kyai di pondok, kadang juga tidak ada dan dilanjutkan dengan kegiatan muhadatsah/conversation (belajar percakapan dalam bahasa inggris atau arab). waktunya agak fleksibel sesuai dengan jadwal subuh.

Jam 6 pagi waktu dimulai sarapan, sampai dengan jam 7 pagi. para santri biasa melakukan kegiatan MCK di waktu selesai Muhadatsah sampai dengan waktu sekolah (jam 07.00 WIB.) termasuk kegiatan mencuci pakaian.

Jam 07.00 WIB-12.40 WIB kegiatan belajar mengajar seperti umumnya siswa sekolah

jam 12.40 WIB melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid. pada waktu ini santri tidak diwajibkan memakai sarung dan songkok, akan tetapi diharuskan memakai baju/dilarang memakai kaos ketika sholat jamaah.

pukul 13.15 WIB adalah waktu makan siang. Makan siang di lakukan di Ruang makan, dibedakan ruang makan bagi para santri MTs dengan ruang makan bagi santri MA/SMA/SMK. Biasanya suasana di tempat makan murid MTs lebih gaduh sedangkan pada ruang makan SMA/MA/SMK cenderung lebih tertib dan teratur. secara jadwal, ruang makan ini di tutup jam 2 siang.

Jam 03.00 WIB adalah waktu para santri sholat berjamaah melakukan ibadah sholat asar, seperti sholat dhuhur, pada waktu asar santri tidak diwajibkan memakai sarung dan songkok. Selepas sholat santri bisa melakukan kegiatan mandiri seperti olahraga, ekstrakurikuler, beres beres kamar, mencuci atau belajar. tergantung keperluan santri memanfaatkan waktu. pada hari hari tertentu, misalnya jum’at maka selepas asar santri melaksanakan muhadhoroh (belajar pidato). sore hari bahasa arab & inggris dan pada malam hari nya menggunakan bahasa indonesia. kemudian pada hari sabtu kegiatan pramuka.

Memasuki waktu magrib, (antara setengah enam sampai jam enam) maka santri beruyun-duyun menuju masjid sambil memakai sarung dengan kopiah dan membawa al Qur’an. Selepas sholat jamaah magrib, banyak yang melakukan sholat sunnah. Dilanjutkan mengaji sendiri meneruskan sampai dimana mengaji terakhir, atau ada yang murojaah hafalan. setelah 10-15 menit mengaji maka ada tanda waktu mengaji sudah selesai. Selepas mengaji biasanya ada kuliah tujuh menit dari salah satu asatidz. akan tetapi juga hal yang biasa jika tidak ada maka ada pengumuman dari organisasi pondok pesantren Islam Assalaam yang sering disingkat dengan OPPPMIA (OP3MIA). pengumuman rutin yaitu pelanggaran bahasa oleh qismul Lughoh (Bagian Bahasa), Bagian Pendidikan (Qismut Tarbiyah wa ta’lim) yaitu pemanggilan santri yang hari itu melanggar bahasa ataupun pelanggaran akhlak. semisal makan berdiri, makan tidak habis, berkata tidak baik, menghina teman dan yang lainnya. ada kalanya juga pengumuman dari bagian keamanan, biasanya ini dalah pelanggaran kategori yang lumayan berat, semisal kabur dari pondok, merokok, pacaran, nonton film dan yang lainnya. dan juga pengumuman kehilangan dan ditemukan barang. Umumnya barang yang sering ditemukan atau hilang adalah Kacamata, Uang, dompet, jam tangan. setelah pengumuman berakhir santri diperbolehkan keluar masjid.

Kegiatan setelahnya mengalami beberapa perubahan dalam beberapa masa, ada kegiatan yang dikelola masing masing kelas,  OP3MIA, wali kelas, ataupun inisiatif dari masing masing santri. Biasanya kegiatan yang dilakukan adalah seputar tambahan mufrodat, tahsin baca qur’an, belajar menyusun kalimat dalam bahasa asing.

jam 7 malam (bisa kurang bisa lebih) adalah waktu untuk melaksanakan sholat isya dengan pakaian lengkap songkok dan sarung serta baju sopan.

pada masa lampau, waktu makan malam para santri adalah setelah mengaji di masjid dan sebelum sholat isya, akan tetapi pada masa sekarang dijadwalkan bahwa waktu makan malam setelah sholat isya.

Setelah makan malam, yang di lakukan oleh santri adalah belajar malam di kelas masing masing. secara program sih di tunggu oleh ustadz atau senior, tapi pada kenyataannya pengawasan dalam kelas ini mengalami pasang surut dalam penegakannya. Jam belajar selesai pada pukul 22.00 WIB. setelah itu santri diperbolehkan untuk istirahat/tidur. ada yang melanjuutkan dengan kegiatan mencuci.

Kegiatan rutin mingguan santri pondok pesantren Assalaam

Secara jadwal diatas ditemukan ruang kosong antara waktu selepas asar sampai dengan magrib. akan tetapi pada kenyataannya ada kegiatan mingguan yang dilakukan untuk celah waktu itu. Kegiatan ini ada yang berupa kegiatan wajib bagi seluruh santri dan ada kegiatan yang bersifat pilihan/ekstrakurikuler.

  • Kegiatan wajib. yang dilakukan adalah Muhadloroh (belajar pidato) dengan waktu habis asar kira kira jam 03.45- jam 20.30 (tentunya diselingi sholat magrib isya dan makan malam), Pramuka (habis asar-menjelang magrib),
  • Ekstrakurikuler. Diluar dua hari kegiatan wajib tersebut ada kegiatan ekstrakurikuler, misalnya olahraga (sepakbola, badminton, ping pong, basket, beladiri) dan juga minat dan bakat (musik, qiroah, astronomi, fotografi dan semacamnya).
  • Liburan. Selain itu kegiatan rutin mingguan yang menjadi idola santri adalah libur. Pada waktu sebelumnya libur di pilih pada hari jum’at, akan tetapi saat ini yayasan mengambil hari Ahad sebagai waktu libur menyesuaikan dengan libur dari pemerintah/sekolah.
  • santri assalaam
    santri selesai sholat

    Sholat Jum’at. Pada waktu sholat jum’at, santri diharuskan memakai baju koko berwarna putih, tidak lupa mengenakan sarung dan peci (bagi santri putra) sedangkan santri putri tetap memakai kostum biasanya yaitu mukena. pada satu waktu, ada santri senior yang menjadi khotib. dan pernah pula khotib menggunakan bahasa arab dalam khutbahnya. Akan tetapi saya tidak yakin ada lebih dari 10% santri yang paham materi yang di sampaikan khotib dalam khutbah ketika disampaikan dalam bahasa asing. tetapi pada umumnya khutbah  disampaikan dengan bahasa Indonesia sampaikan dalam bahasa Indonesia.

Fasilitas Pondok Pesantren Assalaam

Kamar. Untuk tempat tinggal santri di sediakan asrama atau kamar. Kamar santri ada yang berupa Kamar Besar Putra (kamsartra) dan kamar besar putri (kamsartri) biasanya untuk kamar putra dinamakan dengan KPA yang merupakan kependekan dari Kamar Putra, untuk putri dinamakan dengan KPI. Kamar ini saling berhadap-hadapan dengan koridor di tengahnya. Koridor anak MTs lebih sempit dibandingkan dengan koridor anak SMA, mungkin selisih 0.25-0,5 meter. Dengan ukuran mungkin sekitar 7×7 meter dengan daya tampung kurang lebih 20 santri. Kamar ini anak MTs bernomor dari KPA 1-KPA 32 sama seperti Kamsartra SMA dari kamar 1-32. Begitupun dengan kamar untuk santri putri. Diluar kamar besar tadi ada namanya kamar tiga putra/i yang disingkat Kagatra/kagatri dan Kamar empat putra/i dengan singkatan Kapatra/Kapatri. Bagi yang menginginkan Kagatra/Kagatri dikenakan biaya tambahan dan seleksi dari pengurus untuk kelayakan menempati kamar ini. Untuk kapatra/i disediakan kamar mandi di dalam kamar. Sedangkan kagatra/i disediakan kamar mandi di samping kamar. Dikalangan anak putra tidak di rasakan perbedaan mencolok antara penghuni Kamsartra dengan Kagatra/Kapatra. Sedangkan suasana berbeda di kalangan anak putri, dirasakan sikap berbeda (walau tidak semuanya) antara penghuni kamsartri dengan kapatri/kagatri. Ada perasaan eksklusif dari para santri putri (mungkin dah bawaan begitu kali ya anak putri :D). Ada yang mengkritik dengan adanya kamar khusus ini, akan tetapi bisa jadi dengan adanya kamar khusus penghuni 3 atau 4 orang ini bisa bermanfaat juga bagi para santri yang mempunyai sifat lebih penyendiri sehingga tetap bisa belajar di pondok pesantren dengan sifatnya yang lebih penyendiri. Kalau di kupas tentunya akan banyak pro dan kontra, akan tetapi bagi saya pribadi. Saya melihat suatu terobosan dimana memberikan akomodasi dan tempat bagi para santri yang lebih suka suasana hening dan tetap belajar di pondok. Daripada dipaksakan untuk dalam kamar besar yang bisa mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi para santri yang suka suasana sendirian.

santri assalaam sukoharjo 2017
santri assalaam sukoharjo 2017

Pertukaran pelajar PPMI Assalaam dengan sekolah luar negeri

Untuk yang satu ini saya belum bisa memberikan gambaran yang gamblang. Akan tetapi saya rasa tidak semua santri mendapat fasilitas pertukaran ini. Hanya segelintir dari mereka yang berprestasi serta beruntung yang mendapatkannya. Di koran saya baca juga atau entah lewat facebook tentang santri yang melakukan teleconference dengan lembaga yang sudah bekerjasama dengan pesantren. Pertanyaannya, dari sekian banyak santri, berapa banyak yang bisa bertelekonference? Dari santri tersebut, berapa banyak yang bisa fasih berkomunikasi dengan orang luar negeri? 30% atau 50% atau 100%? Bisa anda tanyakan kepada pondok pesantren. Akan tetapi saya angkat topi dan sangat salut dengan usaha dan terobosan pesantren guna memingkatkan kemampuan santri. Terlihat banyak terobosan baik yang bermanfaat di pondok pesantren ini terlepas dari kritik serta kondisi umum yang ada.

Olahraga. Termasuk banyak fasilitas yang di sediakan, meja pingpong, badminton, sepakbola, basket, gedung olahraga dan yang lain yang menunjang kegiatan olahraga dan penyaluran bakat serta minat santri di bidang olahraga.

Musik. Peralatan satu set grup band juga disediakan serta sound system nya.

Bakat dan minat. Seperti observasi, laborat bahasa serta perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup sedikit. Entah kenapa saya melihat sedikit sekali budaya membaca di perpustakaan di pondok pesantren ini. Mungkin karena banyaknya beban pelajaran serta singkatnya waktu untuk bersantai bagi santri sehingga sudah kehabisan energi untuk nongkrong di perpustakaan.

Koperasi, kantin. Untuk membeli kebutuhan sehari hari dan sesekali menikmati makanan diluar menu harian yang disediakan oleh pondok pesantren.

Biaya pendidikan pondok pesantren Assalaam Surakarta

Biaya untuk menyekolahkan anak ke pondok pesantren bisa di katakan relatif murah bagi mereka yang berpenghasilan 100 juta sebulan :D. akan tetapi bagi kalangan umum bisa disebut bahwa biaya di ponpes ini mahal. Suatu saat pernah ada alumni yang mengomentari mahalnya biaya pendidikan di assalaam, dan sepertinya di jawab oleh pengurus atau anak dari ustadz dalam dengan mengatakan bahwa biaya ini digunakan untuk operasional dan fasilitas yang ada sehingga bisa dikatakan biaya yang di keluarkan adalah sepadan/tidak mahal dengan melihat fasilitas dan menu makanan yang disajikan. Sebagai ilustrasi jika anda seorang PNS golongan III dan tidak mempunyai penghasilan lain diluar gaji dan tidak ada tunjangan lain di PNS. anda akan merasakan betapa mahalnya biaya di pondok ini. 😀 untuk SPP atau syahriah bulanan adalah Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) masih ditambah dengan tabungan umroh Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). Anggap saja anda memberi uang saku putra atau putri anda Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) tiap bulan. Jadi pengeluaran minimal anda setiap bulan adalah 3.000.000,- (tiga juta rupiah) hmmmm.. ternyata biaya sekolah di Assalaam melebihi UMR di Sukoharjo.

Berikut estimasi biaya awal masuk pertama di pondok pesantren assalaam dengan total sebesar Rp. 18.675.000,- (Delapan belas juta enam ratus tujuh puluh lima ribu rupiah dengan perincian sebagai berikut :

biaya pendidikan pondok pesantren assalaam

Bagi santri baru akan mendapatkan fasilitas kasur bantal guling, dan juga hanger serta diberi pinjaman lemari besi/kayu yang cukup untuk menyimpan baju dan peralatan sekolah. Dan juga peralatan mandi seperti gayung ember dan lain lain yang merupakan uang dari paket fasilitas kamar.

Pengalaman santri baru. Bagi santri baru biasanya masuk lebih awal dibanding santri lama. Mereka akan ditempatkan di Kamar besar putra/putri. Yang berisi kurang lebih 20 santri. Biasanya satu kamar diberikan pembimbing dari kakak kelas senior yang di pandang cakap sebagai pembimbing. Pernah suatu ketika pembimbing berasal dari kelas 6 (3 SMU) dan pernah juga berasal dari kelas 3 Tsanawiyah. Hal umum yang terjadi di awal santri mondok adalah mbok-mboken (kangen rumah), mengenal rekan baru, mencari teman yang seide atau istilah nyak “klik” dengan santri. Dan biasanya orang tua juga baper meninggalkan anaknya yang mondok apalagi anak tersebut adalah anak pertama, terutama sang ibu. 😀 (hayoo ngakuuu)

baca :

Barang yang sering hilang di pondok pesantren

Sebagai tempat yang berpenghuni kurang lebih dua ribu maka para santri harus tertib dan berhati hati dalam menaruh barang masing masing, karena hampir setiap malam di temukan barang ataupun diberitakakan pengumuman barang hilang. Barang yang umum hilang di pondok pesantren adalah :

  • Sandal
  • Pakaian
  • Hanger
  • Kaca mata
  • Uang
  • Jam tangan
  • Dompet
  • Jilbab/Kerudung
  • Baju seragam sekolah
  • Peci/songkok

Kalau setelah magrib sering diberitakan barang hilang atau ditemukan adalah kacamata, jam tangan, dompet/uang. Akan tetapi sandal sebagai barang yang sering dirasakan hilang oleh santri tidak pernah di umumkan sebagai barang yang hilang atau barang yang ditemukan. Ironi pengumuman 😀

santri assalaam putri
santri setingkat SMU

Mengupas tentang kehilangan barang pribadi di pondok pesantren ini ada dua faktor, yaitu faktor internal santri dan faktor santri yang lain. Misalnya kehilangan baju, banyak wali santri yang menanyakan kenapa baju anaknya tinggal beberapa potong padahal dahulu sangat cukup untuk dipakai. Bisa Jadi hal ini terjadi karena anak yang malas mencuci sehingga merendamnya kelamaan menjadikan malas untuk membersihkan sehingga baju nya dibersihkan (dibuang?) oleh kebersihan/pengurus pondok. Selain itu lupa menjemur dimana ataupun ketika di jemuran baju tersebut jatuh terinjak injak dan menjadi kotor sehingga baju tersebut tidak di ambil kembali oleh yang bersangkutan. Faktor kedua adalah kebiasaan santri yang kurang terpuji dalam bertindak serta hobi masak mie. Sehingga kadang ditemukan santri yang memasak mie menggunakan api yang dihasilkan dari membakar pakaian santri lain. Akan tetapi biasanya baju yang di pakai sebagai bahan bakar adalah baju baju yang sudah sangat kotor dan terinjak injak di jemuran dan lama tidak di ambil oleh pemilik santri. Bukan baju yang dalam kondisi baik. Ketika terjadi pertemuan wali santri dengan ustadz, biasanya pada acara konsulat, para ustadz sering di komplain dengan kondisi ini. Akan tetapi saya belum melihat tindakan masif dan terstruktur dari pondok guna mengurangi kehilangan baju karena kecerobohan santri. Para ustadz hanya menyampaikan hal ini kepada para santri untuk lebih bertanggungjawab terhadap pakaian nya sendiri. Pada kasus kehilangan sandal, entahlah, saya sampai tidak yakin ada santri yang belum pernah kehilangan sandal. Hal ini terutama terjadi di pondok pesantren dengan banyak santri.

ilustrasi santri sekolah

Sedikit masukan bagi para calon wali santri. Pondok pesantren assalaam merupakan pondok modern, bukan pondok rehabilitasi sehingga sangat disarankan jika anda memasukkan putra/putri anda karena niat dari sang anak. Jika kondisi yang ada adalah anda memasukkan anak karena anak tersebut nakal dan susah di atur maka hal yang terjadi bisa lebih parah selepas anak tersebut selepas lulus (kalau sampai lulus) dari pondok pesantren, di sana mereka akan menemukan komunitas anak yang dipaksa meninggalkan rumah bukan karena keinginan mereka sehingga menjadi kelompok yang susah diatur dan sering bikin onar.

Sudah 3000 kata yang dituliskan. Sepertinya capek membaca juga (kalau ada yang membaca dari awal sampai akhir).  Untuk diketahui ini adalah merupakan tulisan subjektif yang diusahakan seobyektif mungkin guna informasi bagi yang memerlukan. Seperti keterangan diatas bahwa iformasi ini berdasarkan observasi di masa lalu, informasi dari alumni, keterangan dari wali santri. Demikian atas maklumnya disampaikan terima kasih. Komplain bisa di tulis di komentar ataupun di kirimkan ke email. Terima kasih. Bisa jadi nanti akan ada tambahan tulisan jika ada informasi dan masukan dari mereka yang berkompeten.

berikut sedikit video tentang Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo Jawa Tengah