Arsip Kategori: lain lain

Jawaban ketika dibilang manis, trick supaya cowok bilang cinta

Jawaban ketika dibilang manis bagi para perempuan yang mendapat anugerah kecantikan wajah cantik dan fisik mempesona yang membuat para pria dengan terpaksa jujur untuk melontarkan ucapan jujur bahwa dia cantik manis mempesona.

pontren.com – assalamu’alaikum, yang pertama sampean kudu bersyukur apabila ada yang ada yang memuji bahwa anda memiliki senyum dan berwajah manis, tentu ada alasan orang memuji seperti ini.

Alasan yang pertama yaitu murni dari isi hati karena keadaan. Maksudnya memang kondisi sampean mempunyai apa yang ada dalam pujian yaitu manis secara wajah atau senyuman.

Yang kedua karena alasan dia naksir, ibarat kata tai kucing rasa coklat.

Entah bagaimana kondisi anda kala itu bangun tidur masih kusut tetap saja bagi pemuja anda nampak merupakan wanita paling cantik di negeriku Indonesia.

Alasan ketiga yaitu ada modus supaya orang yang memuji anda mendapatkan uluran tangan.

Baik bantuan mengerjakan ujian, tugas, atau bahkan meminjamkan uang.

Anggap saja kita akan mengulas jawaban ketika mendapat pujian ketika dibilang manis ucapan jujur seorang pria karena pesona cetar membaha sampean.

Kata kata untuk membalas pujian sebagai jawaban ketika dibilang manis

Ada banyak kata-kata untuk membalas pujian, anda bisa memilah dan memilih jawaban respon menjawab ungkapan manis melihat siapa yang melontarkannya.

Untuk menjawab pujian karena alasan kedua dan ketiga (orang yang cinta kepadamu dan yang modus mendapatkan bantuan) anda bisa mengabaikannya.

Atau tetap sopan menjawab sebagaimana model pertama, yaitu yang memuji secara tulus.

Maksudnya mengabaikan bagaimana?

Kalau yang naksir sampean dan anda tidak ada setrum setrumnya pada dia. Anda bisa memberi jawaban lucu ketika dipuji cantik atau manis.

Misalnya, memang ngomong itu tidak perlu kulakan dipasar.

Maksud loe? Gue mirip kucing gitu?

Ya kudu cantik dan manislah, untuk ngimbangin cowok gue yang ganteng dan kyut.

Wah selera kamu dalam menilai orang memang tepat, dan pandangan matamu masih prima serta tajam, bisa mengetahui orang yang cantik manis. 😀 😀

Baru nyadar lu ya kalo gue manis?

gue lagi bokekkk!!!

Nah itu untuk respon orang yang anda kenal dan anda kurang begitu peduli kepadanya karena dia naksir tapi sampean tidak ada rasa balik.

Atau jawaban kepada para modus dengan tujuan tertentu.

Memberikan Sinyal yang jelas Supaya dia Nembak bilang Cinta

bahasa arabnya aku kamu dia

Bagaimana untuk menjawab yang sopan? Atau memancing dia untuk menembak anda menjadikan sampean pacarnya?

Nah, sebenarnya jawabannya sederhana, singkat dan pendek saja.

Untuk menjawab sopan dan anda tidak menolak sebutan manis atau cantik serta tidak nampak ge er besar kepala. Respon saat dipuji orang pilihan jawaban adalah ucapkan kalimat “terima kasih” atau makasiih.

Jawaban ini sederhana akan tetapi apresiasi anda kepadanya yang telah berkata jujur mengatakan anda cantik. Sebagai jawaban ketika dibilang manis.

Trus gimana nih supaya kita memberikan kunci kepada cowok yang bilang begitu biar dia nembak ke kita?

Jawabnya begini, sayangnya sampai sekarang masih aja jomblo heheheee.

Nah, dengan begitu anda memberikan sinyal bahwa anda dalam situasi sendiri alias lajang tidak punya pacar.

Masih belum mempan juga?

Pakai jurus terakhir saja yang membuka pintu lebar – lebar supaya dia masuk untuk menjadi gebetan anda.

Gimana caranya?

Somehow, lanjutkanlah obrolan dan bilang seperti ini kira kira.

Yah begitulah, urusan jomblo atau tidak hanya yang diatas yang tau, kalau namanya jodoh siapa yang tau,

bisa saja kamu nanti yang bisa membuatku untuk melepaskan lajang. Siapa tahu?

Kalau dia tetap tidak nembak nembak meski sudah anda bilang seperti itu, ya sudahlah.

Pintu asmara sudah anda buka lebar, bisa jadi dia memang belum ada sinyal kepada anda atau masih ingin meraih impiannya lebih serius. Alias belum memikirkan pacaran.

Nah ini hanya sebuah jurus yang menimpa saya, (mengenai masa depan tidak tahu).

Maksudnya?

Maksudnya saya adalah korban dari kata kata itu hahahahaa. Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Tulisan Arab Gundul Bismillah Bisa Copy Paste alias Kopas

tulisan arab gundul bismillah bisa copy paste pada word maupun blog untuk undangan ulem serta seagai pembukaan teks doa kalimat maupun sambutan juga tambahan versi lengkap beserta harakat dan syakalnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh, tanpa basa basi berikut adalah tulisan arab gundul bismillah (bismillahirrohmanirrohim) yang bisa anda copas alias copy paste pada word notepad maupun blog serta undangan.

بسم الله

Apabila anda menghendaki atau menginginkan dalam versi lengkap tulisan arab gundul bismillahirrohmanirrohim maka kami sediakan sebagaimana berikut;

بسم الله الرّحمن الرّحيم

Tenang saja, blog ini tidak kami protect dari klik kanan, sampean bisa sepuasnya untuk mengopi tulisan arab gundul maupun berharokat sepuasnya. Monggo silakan.

Wah saya butuhnya tulisan bismillah dengan harokat lengkap beserta syakalnya. Bukan Cuma yang gundulan tanpa harakat.

Tulisan Bismillah lengkap dengan harakat dan syakal bisa copy paste

Tenang, untuk tulisan bismillah yang ada harokat atau syakalnya anda bisa copy seperti ini

بِسْمِ اللهِ

Wah tidak lengkap, saya pengen tulisan berharokat bismillahirrohmanirrohim beserta syakalnya.

Gampang saja, kami sediakan, tidak usah khawatir, nih tulisannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Sampean bisa menggunakannya sebagai pembukaan doa atau mengetik khutbah sambutan maupun apapun itu untuk diri sampean sendiri atau juragan boss atasan anda. gampang, tinggal blok, kemudian klik kanan, anda copy dan paste pada word

Pastikan komputer anda bisa untuk mengetik huruf hijaiyah arab supaya tulisannya tidak morak marik alias berubah urutan dan bentuknya.

Arti bismillahirrohmanirrohim

Arti bismillahirrohmanirrohim adalah ” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Tentunya anda sudah sangat familiar dengan artinya kedalam bahasa Indonesia.

Adapun sebenarnya ada kaidah menulis kata atau frase arab ke Indonesia sesuai kaidah ilmiah, akan tetapi menurut saya malah belibet merepotkan.

Tentu yang sudah mahir membaca al-Qur’an akan lebih gampang membaca langsung huruf hijaiyah arabnya daripada membaca atau mengeja dengan teks latin.

Penutup tulisan arab gundul bismillah

Nah demikian cara menulis basmalah (bismillahirrohmanirrohiim) dalam teks arab gundul maupun berharakat.

Tujuannya siapa yang membutuhkan untuk membuat teks yang memuat basmalah bisa melakukan copy paste dengan mudah.

Semoga kita semuanya mendapatkan rahmat hidayah Allah SWT dan mendapatkan kemudahan dalam kehidupan dunia dan akhirat, amiin. Wilujeng dalu, selamat malam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Jasa Setrika uap Tangerang kiloan terdekat rumah setrika

Jasa Setrika uap Tangerang kiloan terdekat rumah setrika, merupakan informasi untuk para eksekutif muda, pelajar, ibu rumah tangga yang banyak kegiatan aktivitas, untuk meringankan pekerjaan tinggal datang ke rumah setrika dengan biaya kiloan fasilitas setrika uap.

pontren.com – assalaamu’alaikum, wilujeng enjang, good morning para pembaca internet, berikut kami informasikan tentang jasa setrika uap terdekat wilayah Kota Tangerang dengan layanan prima bisa antar jemput (radius 1 kilometer).

Rekomendasi jasa setrika uap terdekat wilayah Tangerang ya di rumah setrika, alamatnya adalah Kelurahan Gebang raya Kecamatan Periuk Kota Tangerang.

jika bingung, kami sediakan lokasi titik rumah setrika melalui sherlok sebagaimana berikut.

lebih jelasnya, alamat rumah setrika jasa setrikaan ini adalah Perum Gran Duta Cluster Dolomite Blok DI no 63 Kelurahan Gebang Raya Kecamatan Periuk Kota Bekasi.

dalam bahasa yang sudah lebih indonesia, setrikaan ini lebih berasa Indonesianya jika kita menyebut dengan Jasa Binatu terdekat di wilayah Kota Tangerang utamanya Area Kelurahan Gebang Raya Kecamatan Periuk.

Alasan menggunakan jasa rumah setrika Uap untuk menyetrika baju

Beberapa alasan dan pertimbangan kenapa menjadikan rumah setrika sebagai tujuan untuk membuat mulus dan licin baju pakaian sampean.

Biaya per kilo menggunakan sistem kiloan

Jasa rumah setrika wilayah gebang kecamatan periuk kota tangerang ini memakai sistem biaya kiloan, jadi hitungan biayanya bukan per pieces baju celana.

Berapa biayanya?

Menurut sang empu jasa ini untuk 1 kilo setrika biayanya adalah Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah).

Menggunakan setrika uap

Memakai setrika uap untuk merapikan dan melicinkan baju ada keuntungan tersendiri, yaitu;

Pakaian kusut lebih rapi, dengan keberadaan uap membuat setrika ini memiliki lobang lobang membuat permukaan baju lebih rata dan mudah untuk halus.

Setrika uap ini memiliki kemampuan untuk menyemprotkan kabut, keuntungan semprotan kabut air ini menjadikan baju sedikit basah memudahkan menghilangkan kerutan, hasilnya setrikaan jauh lebih rapi dan licin.

jasa setrika uap gebang raya periuk kota bekasi

Menggunakan setrika uap bisa dengan cara vertikal, model ini mengurangi tekanan pada bahan kain pakaian, dampaknya adalah positif. Yaitu baju lebih awet, tahan lama dan nampak bagai pakaian yang mahal dan baru.

Fasilitas antar jemput untuk area tertentu

Jika anda berada disekitar jasa rumah setrika, sampean bisa menikmati layanan antar jemput, gratis alias tanpa ada pungutan biaya tambahan.

Sementara layanan antar jemput gratis ini berlaku untuk wilayah satu kompleks dengan jasa rumah setrika. Atau kisaran radius 1 kilometer.

Mendapatkan notifikasi apabila setrika sudah selesai

Anda lupa dengan pakaian anda?

Tidak usah khawatir, rumah setrika yang menyediakan jasa setrikaan area dekat Kota Tangerang ini memberikan notifikasi pemberitahuan jika pekerjaan sudah selesai.

Tentunya jika anda meninggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Contoh notifikasi pekerjaan sudah selesai sebagaimana berikut

Selamat Sore Bapak/Ibu terhormat,

Kami dari Rumah Setrika Laundry memberitahukan bahwa laundry anda sebergat 2,870kg= Rp 14.400 telah selesai dan disiap diantar.
Mohon konfirmasi waktunya.

Kira kira seperti itulah notifikasi pemberitahuan jika jasa setrika telah menyelesaikan pakaian yang anda serahkan untuk dibuat jadi rapi bersih dan wangi.

Garansi Wangi Licin dan Rapi

Sebenarnya ini sudah merupakan layanan standar untuk jasa setrika, akan tetapi pemilik rumah setrika Tangerang ini memastikan bahwa pakaian baju celana dan yang lain saat sudah packing dan diserahkan kepada pemiliknya dalam keadaan yang licin, rapi, halus serta aroma wangi.

Nah, itulah beberapa pertimbangan jika anda hendak mencari jasa setrika terdekat area Kota Tangerang kiloan harga perkilo yang murah cepat dan rapi serta wangi.

Cepatnya seberapa?

Tergantung dengan banyak sedikit antrean yang ada.

Kalau kondisi tidak terlalu banyak bisa saja jadi dalam satu hari, apabila banyak antrian sampai dengan 2 hari layanan.

Banyak Pelanggan yang kembali

Suatu jasa bisa dianggap amanah baik dalam pelayanan dan bagus hasil kerjanya apabila banyak klien yang kembali lagi.

Hal ini juga terjadi pada jasa setrika yang mengusung nama “Rumah Setrika”.

Dengan banyaknya pelanggan yang kembali lagi membuktikan bahwa layanan, hasil setrikaan memuaskan.

Demikian informasi mengenai jasa setrika terdekat area Tangerang Kecamatan Periuk Kelurahan Gebang Raya Kota Tangerang. Wilujeng siang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.

Lillahi ta’ala artinya, tulisan arab gundul dan berharakat

Lillahi ta’ala artinya adalah karena Allah sedangkan tulisan bahasa arabnya adalah لِلّٰهِ تَعَالَى seperti itulah cara menulisnya dalam huruf hijaiyah. Akan kami buat lebih besar supaya jelas pada bagian bawah artikel ini.

Orang Indonesia utamanya yang beragama Islam sering mengucapkan kata lillaahi ta’aala.

Ucapan ini menunjukkan bahwa apa yang dia lakukan atau perbuat maupun pemberiannya adalah secara ikhlas karena Allah, bukan ada udang dibalik batu alias ada maksud tertentu dalam pemberian maupun dia melakukan sesuatu.

Apakah arti lillahi ta’ala bahasa arab kedalam bahasa Indonesia?

Langsung saja kita simak sebagai berikut.

Arti lillahi ta’ala artinya

Secara frase kata ini memuat dua 3 kata (jika mengacu kepada kaidah bahasa arab) yaitu li = karena, Allah = Allah Tuhan yang Maha Esa, dan Ta’aala = Maha Tinggi.

Jika kita buat bagan maka akan seperti ini jika penerjemahannya perkata

Tulisan ArabTeks LatinArti Bahsa Indonesia
لِLiKarena
اللهAllahAllah
تَعَالَيTa’alaMaha Tinggi

Apabila kita rangkai menjadi frasa kata lillahi Ta’ala yang artinya Karena Allah Yang Maha Tinggi.

Apabila kita memaknai ada orang yang mengatakan bahwa saya ini lillaahi ta’alaa, maka maksudnya dia memberi atau melakukan sesuatu ikhlas semata mata karena melaksanakan perintah Allah Yang Maha Tinggi.

Lillahi Ta’ala Tulisan Arab

Apabila anda hendak mengetahui lillahi Ta’ala Arab (maksudnya dalam tulisan huruf hijaiyah) maka berikut tulisannya.

Kami menulis lillaahi ta’alaa ini dalam dua versi yaitu model arab gundul dan satunya lengkap dengan harakat beserta syakalnya.

Lebih lanjut seperti apa tulisannya, berikut silakan anda simak;

لله تعالي
لِلّٰهِ تَعَالَى

Kata lillaahi ta’alaa banyak kita temukan dalam bacaan niat semisal sholat wajib sunnah jamak qashar maupun puasa dan juga membayar zakat.

Letaknya pada akhir kalimat alias akhir niat ini diakhiri dengan kata lillaahi ta’alaa.

Memaknai Kalimat lillahi Ta’ala

Jika kita meresapi kalimat lillaahi ta’alaa, karena Allah yang maha Tinggi, yaitu melakukan sesuatu atas perintah Allah SWT maka ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan.

Sadar bahwa kita Makhluk Allah

Dengan mengatakan begitu maka kita akan sadar kita adalah makhluk yang lemah, tidak memiliki daya upaya kecuali atas seizin Allah.

Meskipun pangkat jabatan kekuatan pasukan dan lainnya tidaklah membuat menjadi sombong karena sadar sebagai makhluk.

Dengan menyadari sebagai ciptaan-Nya maka tentu akan menghindarkan diri dari perilaku sombong, ujub, sum’ah.

Ikhas dan tenang dalam menjalani hidup

Seperti apapun apa yang ada dalam hati nanti ujung-ujungnya akan mati dan menghadap Allah.

Dengan terbiasa melakukan segala sesuatu karena Allah yang Maha Tinggi (Lillaahi Ta’alaa) maka apapun yang terjadi akhirnya kita serahkan kepada Allah sebagai Pemilik segalanya.

Dengan menyerahkan semuanya kepada Allah (tentunya setelah usaha dan ikhtiar) maka ketenangan jiwa dan hati yang mutmainnah bisa bersemayan dalam dada.

Itulah arti Lillahi Ta’ala artinya arab beserta tulisannya dalam huruf hijaiyah versi gundul dan dengan harakat syakal. Wilujeng sonten, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Masyaallah tabarakallah arabic text writing and the meaning

Masyaallah tabarakallah arabic text writing and the meaning, in this blog i’ll write masyaallah and tabarakallah in arabic text so you can copy and paste this text in your whatsapp or telegram or facebook and other social media that you have.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, And here it is the text (sometimes we write it mashaallah in alphabet)

How to Write Masyaallah Tabarakallah Arabic

In the first version we write it without harakah, in Bahasa Indonesia we call arab gundul, this is the text

ماشاءالله تبارك الله

And here the text mashaallah tabarakallah using harakah so easier to read it. For the further you can read text bellow

مَاشَاءَ اللهُ تَبَارَكَ اللهُ

We can find this word (tabarakallah) in AlQur’an surah al a’raf 54.

اِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Indeed your Lord is Allah Who created the heavens and the earth in six Days,1 then established Himself on the Throne. He makes the day and night overlap in rapid succession. He created the sun, the moon, and the stars—all subjected by His command. The creation and the command belong to Him ˹alone˺. Blessed is Allah—Lord of all worlds!

You can find the phrase masyaallah in alquran surah al kahfi 39

وَلَوْلَآ اِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاۤءَ اللهُ ۙ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ ۚاِنْ تَرَنِ اَنَا۠ اَقَلَّ مِنْكَ مَالًا وَّوَلَدًاۚ

“Why didst thou not, as thou wentest into thy garden, say: ‘(Allah)’s will (be done)! There is no power but with Allah.’ If thou dost see me less than thee in wealth and sons,

Now you have known how to write it in arabic, lets continue to knowing the meaning of these words.

masyaallah tabarakallah meaning in english

Tabarakallah meaning in english is “blessed is Allah” and the phrase masyaallah meaning in english is “what Allah has willed”

when do we say Masyaallah tabarakallah

We can use these interchangeably when we see something beautiful and would like to express appreciation for it.

How to use THIS PHRASE IN A SENTENCE?

One of the best way to understand how to use these phrases (tabarakallah and masyaallah) correcly is to see the examples.

No better joy in this world that a sweet little girl as your daughter. My daughter is The best thing in my life MashaAllah Tabarkallah.

Sita is so beautiful girl… tabarkallah

Tabarkallah masha Allah. may Allah bless your effort, give you a good wife, kids and job.

Me, every single day in the morning I look in the mirror. MashaAllah TabarkAllah

Thank you for reading, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tulisan ustadz yang benar, ustadzah secara EYD beserta teks arab

Tulisan ustadz ustadzah yang benar secara eyd dan tulisannya dalam teks bahasa arab lengkap dengan syakal beserta penjelasannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam penulisan guru TPQ atau pengajar pada pondok pesantren biasanya dengan menggunakan teks ustadz atau ustadzah.

Itu merupakan kebiasaan yang familier pada bahasa tulisan baik pada proposal maupun undangan dan surat menyurat latin.

Tulisan Ustadz yang Benar secara Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwasanya tulisan ustdaz yang benar sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan EYD, cara menulis yang benar adalah ustaz (tanpa huruf d sebelum z).

Jadi secara teknis cara menulisnya yang benar yaitu dengan kata”ustaz” bukan “ustadz” jika mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Secara arti ustadz (yang benar cara menulisnya adalah ustaz) artinya adalah guru agama atau guru besar (laki-laki); tuan (sebutan atau sapaan).

Sama seperti ustadzah, cara menulis yang benar ustadzah sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan kata “ustazah” alias tanpa huruf d sebelum huruf z.

Adapun artinya ustadzah dalam KBBI adalah ustaz perempuan.

Nah sekarang sudah tahu bagaimana tulisan yang benar untuk ustadz yaitu ustaz.

Sedankan untuk tulisan ustadzah yang benar adalah dengan menghilangkan huruf d sebelum z menjadi “ustazah”.

Tulisan ustadz ustadzah dalam bahasa arab dan artinya

arti ustadzatun ibu guru

Kata ustaz berasal dari bahasa arab dalam pengambilannya dalam bahasa Indonesia, termasuk juga ustazah, bagaimana cara menulisnya dengan huruf hijaiyah arab?

Langsung saja berikut tulisannya dalam bagan beserta cara penulisan yang benar sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan (EYD).

ArabLatinEYDArtinya
أُسْتَاذٌUstaazunUstazGuru laki-laki
أٌسْتَاذَةٌustaazatunustazahGuru perempuan

Secara ilmu bahasa arab yang lebih mendalam, apabila merujuk kepada kitab al mu’jam al wasiith maka kata ustadz dalam bahasa arab mempunyai beberapa pengertian yaitu;

  • Pengajar/guru;
  • Orang yang ahli pada bidang tertentu dan mengajarkan kepada orang lain;
  • Sebutan atau julukan untuk akademis tingkat tinggi pada kampus perguruan tinggi/universitas.

Sebenarnya ustadz bukanlah kata murni asal arab, akan tetapi merupakan serapan kata ‘ajam (non arab).

Menurut Dr. Ali Jasim Salman bahwa kata ustadz berasal dari bahasa Persia Klasik.

Dalam tulisan aslinya ditulis istadz. Artinya mendekati kata khwaja, yang arti dalam bahasa Persi (ira0 memiliki makna pengajar, tuan atau orang tua.

Adapun arti ustadz atau ustaz di Indonesia mempunyai arti orang yang memiliki pengetahuan agama Islam, sikap perilaku dan pakaian layaknya orang alim, tidak membedakan sedikit banyak ilmu yang dimilikinya.

Sedangkan ustazah secara arti bahasa Indonesia dan masyarakat mengartikan adalah seorang ustaz perempuan.

Ustadz juga bermakna Guru Perempuan

Dalam bahasa arab kata ustadz juga memiliki arti guru perempuan

Dalam menulis arti kata ustadz ustadzah ini saya banyak browsing supaya mendapatkan akurasi tulisan yang tinggi.

Pada artikel pelangiblog menyebutkan bahwa kata ustadz juga bisa untuk wanita atau perempuan, jika tidak diketahui apakah guru itu laki atau perempuan.

Misalnya dalam mendoakan guru kita, gurunya guru kami. sedangkan ustadzah khusus untuk perempuan. (sumber : Arti Kata “Ustadz”, “Ustadzah”, “Asatidz” dan “Asatidzah”)

Pada artikel situs alkhoirot net menyebutkan bahwa kata ustadz tidak ada bentuk muanntas karena kata ini bukan sifat. Jadi secara arti, kata ustadz bisa untuk laki laki dan perempuan. Sumber : Ustadz Definisi dan Asal Mula Kata

nah demikian informasi mengenai arti dan makna ustadz ustadzah beserta artinya cara menulisnya yang benar secara EYD dan Bahasa Arab. Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Manajemen Pendidikan Islam, Gelar, pekerjaan lulusan

Manajemen Pendidikan Islam, Gelar, pekerjaan lulusan selepas wisuda meraih gelar S1 Fakultas Tarbiyah prodi MPI. Panduan untuk calon mahasiswa mahasiswi yang hendak mencari informasi kampus UIN maupun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) maupun swasta. (foto dokumen sebelum masa pandemi covid-19)

pontren.com – assalaamu’alaikum, Selepas pendidikan SMA maupun Madrasah Aliyah ada banyak yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1, adapula yang memilih untuk langsung mencari kerja.

Bagi yang hendak melanjutkan pendidikan strata 1 baik lulusan pesantren jenjang aliyah setara SMA maupun pendidikan umum, Manajemen Pendidikan Islam adalah salah satu yang bisa menjadi tujuan lanjut pendidikan sampean.

Apa sih Prodi MPI?

Mengacu kepada situs Resmi UIN Suka Yogya, Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) adalah merupakan perkembangan dan kelanjutan dari Jurusan Kependidikan Islam (KI).

Khususnya untuk tingkat akreditasi, MPI Fakultas Tarbiyah Yogyakarta memiliki Akreditasi A. Nilai paling tinggi dalam standar akreditasi.

Ini akan membawa nilai lebih bagi lulusan yang memilikinya. Kemungkinan menjadi salah satu pertimbangan dalam mendapatkan pekerjaan dan penerimaan CPNS.

Pekerjaan Lulusan Manajemen Pendidikan Islam, bisa jadi apa?

Jika ada pertanyaan berbunyi begini,” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam bisa jadi apa?

Maka jawabannya adalah kans pekerjaan yang sesuai jalur pendidikan pada MPI ini, bukan membahas pekerjaan diluar setting disiplin ilmu lulusannya.

Yang pertama, lulusan MPI bisa menjadi Pegawai Negeri pada bagian administrasi sekolah, kantor maupun menjadi pegawai inspektorat baik pada Kementerian Agama, Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Pusat.

Contohnya Thaufiq Arsyaf, yang saat ini bekerja pada Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.

Kedua, apabila linier dalam pendidikan MPI S1, S2 bisa menjadi dosen pada kampus-kampus fakultas pendidikan atau tarbiyah.

contohnya Heru Sulistya, M.Pd. yang menjadi dosen pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

mahasiswa prodi manajemen pendidikan Islam
mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam

Ketiga, Tenaga Administrasi sekolahan mulai dari jenjang pendidikan PAUD, Paudqu, TK, SD, Madrasah Ibtidaiyah, SMP, MTs, Aliyah maupun kampus dan universitas.

Keempat, menjadi asisten Peneliti pendidikan, dimana saat ini ada banyak penelitian yang dilakukan oleh lembaga maupun dosen, alumni Jurusan Prodi ini memiliki kesempatan sebagai asisten dengan penghasilan yang lumayan.

Kelima, menjadi asisten konsultan pendidikan, dengan kemampuan manajerial dan memiliki kesempatan untuk menjadi asisten konsultasi pendidikan mulai jenjang pendidikan paling awal yaitu paud sampai dengan jenjang S3.

Gelar Lulusan Prodi atau Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam gelarnya apa? Gelarnya adalah Sarjana Pendidikan, singkatannya seperti anda tahu yaitu S.Pd. untuk lulusan strata 1.

Sedangkan bagi yang lulus Manajemen Pendidikan Islam pada strata 2 maka memiliki gelar Master Pendidikan Islam, singkatannya yaitu M.Pd.

Untuk s3 berlaku gelar umum yaitu Dr. Alias Doktor.

Nah begitulah gelar untuk sarjana s1 dan S2 bagi mahasiswa mahasiswi yang lulus Manajemen Pendidikan Islam.

Prodi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam terbaik di Indonesia

Di indonesia ada 200 an prodi MPI untuk jenjang strata 1, dan ada beberapa jenjang pendidikan strata 2 maupun strata 3.

Manakah Jurusan atau prodi MPI terbaik?

Saya meyakini bahwa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan kampus terbaik dalam hal prodi MPI.

Kenapa demikian?

Yang pertama adalah para Dosen tenaga pendidik berasal dari kalangan mumpuni dan memiliki kemampuan hebat untuk membimbing mahasiswa mahasiswinya memaksimalkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Kedua, lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga yang menjadi tujuan banyak mahasiswa dengan semangat dan daya juang untuk belajar. Hal ini menjadikan anda berada dalam lingkungan yang kondusif untuk bersemangat.

Misalnya anda naik motor, kanan kiri anda kebanyakan berjalan dengan kecepatan 40 km/jam, mungkin anda bisa lebih cepat atau mengikuti irama kiri kanan anda.

Apabila anda naik motor dengan kanan kiri rata rata kecepatan 80 km/jam, anda akan terbawa juga untuk berkecepatan yang sama seperti kanan kiri anda.

Nah ini juga berlaku seperti itu.

Dengan lingkungan kalangan mahasiswa dan akademisi yang semangat dan haus akan ilmu memberikan pancaran semangat kepada yang lain yang mungkin saja kurang pol dalam semangat.

Ketiga, faktor UIN Sunan Kalijaga yang merupakan kampus senior tentunya berpengalaman dalam mengelola pendidikan dan menata dosen.

gelar lulusan manajemen pendidikan islam adalalah S.Pd.

Yaitu mengantarkan mahasiswa untuk meraih ilmu dan strategi dalam mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang.

Jadi setidaknya ada 3 faktor kenapa saya meyakini Prodi MPI sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan kampus terbaik untuk Manajemen Pendidikan Islam yaitu;

  • Dosen – dosen profesional dan kemampuan mendalam dalam keilmuan;
  • Lingkungan mahasiswa kampus yang kondusif untuk memaksimalkan kemampuan dan potensi; dan
  • Pengalaman jam terbang UIN Sunan Kalijaga dalam pengelolaan mahasiswa dan dosen.

Biaya Terjangkau

Ada satu lagi faktor yang menarik yaitu pada sektor biaya kuliah untuk ukuran strata 1.

Yaitu biaya pendidikan yang murah.

Murahnya berapa?

Biaya UKT (uang Kuliah tunggal), orang lama menyebut dengan SPP Semesteran paling murah kisarannya hanya Rp. 400.000,- ( empat ratus ribu rupiah)/semester.

Sedangkan paling mahal yaitu UKT 7 sebesar Rp. Rp. 2.200.000,- (dua juta dua ratus ribu rupiah).

hal ini menyesuaikan dengan kebijakan pembayaran SPP dengan memandang tingkat perekonomian orang tua atau wali mahasiswa.

Ada sebagaian orang yang tidak memikirkan biaya untuk kuliah yang penting berkualitas, maka Prodi MPI Fak. Tarbiyah Yogyakarta merupakan pilihan yang tepat.

Apabila biaya kuliah menjadi pertimbangan dan tidak mengorbankan kualitas dan mendapatkan ijazah dari kampus terkenal maka sekali lagi Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memenuhi kriteria ini.

Semoga selepas lulus kuliah anda segera mendapatkan pekerjaan yang baik barakah dan bisa membanggakan orang tua, wassalaamu’alaikum.

Sering ikut pengajian tak paham materinya, apa manfaatnya?

Sering ikut pengajian tak paham materinya, apa manfaatnya? Itulah yang melintas dalam pikiran saya pada waktu mendengar penjelasan salah satu pegawai Kantor Urusan Agama pada daerah Jatirejo di Kabupaten Karanganyar.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng dalu pakde bude, paman bibi yang menyimak blog ini, terima kasih sudah mampir.

Kali ini saya akan berbagi cerita apa manfaatnya mengikuti berbagai pengajian dan majelis taklim, meskipun hanya sedikit yang bisa kita tangkap, atau bahkan mungkin hanya sekedar mampir sebentar pada memori kita.

Saya sendiri saat itu juga berpikir demikian, apa manfaatnya kalau banyak ikut majelis taklim jika pulang tanpa tambahan ilmu?

Tapi mendengar sekilas informasi dari Bapak Sriyanta, menyadarkan saya bahwa selain ilmu yang bisa kita dapat (setidaknya poin-poin penting yang disampaikan nasa sumber) ada sesuatu yang lain yang kemungkinan bisa kita harapkan.

Apakah itu?

Mari kita simak ceritanya.

Sering ikut pengajian tapi pulang tanpa mendapat tambah Ilmu

Malam itu saya mendapat kesempatan untuk sowan ke Madrasah Diniyah Takmiliyah di desa Jatirejo untuk mengikuti acara pertemuan wali santri.

Pesertanya lumayan banyak, mungkin antara 80 sampai dengan 100 wali santri yang datang menghadiri pertemuan.

Acara mulai sekitar jam sembilan malam lebih.

Kenapa lumayan larut?

Ternyata sebelum kegiatan pertemuan wali santri ada pengajian atau apalah pertemuan lainnya sehingga jatah waktu pertemuan wali santri MDT setelah kegiatan sebelumnya selesai.

Selesai acara jam 12 malam atau sekitar itu.

Coba anda tebak, pada menyimak dengan konsentrasi tinggi atau ada yang ngantuk ngantuk?

Saya sendiri termasuk pihak yang mendapat terpaan rasa kantuk.

Terus terang sampai saya lupa apa saja isi dalam pertemuan wali santri ini karena kengantukan yang begitu mantab.

Sama seperti banyak wali santri yang hadir pada waktu itu.

Selesai acara, saya ngobrol sejenak dengan pak Sriyanta.

Saya bertanya, kenapa pertemuannya begitu larut malam, awalnya saya kira selepas isya dan rampung maksimal jam 9, ternyata mulainya malah jam sembilan.

Beliau menuturkan bahwa di desanya sudah hal lazim dan lumrah pertemuan malam hari sampai larut.

Selain itu hampir setiap malam dalam satu minggu ada saja kegiatan entah majelis taklim, ngaji yasinan keliling maupun pembelajaran keagamaan.

Saya mencoba bertanya, lha bagaimana setiap malam ada pertemuan apa tidak capek? Juga sepertinya banyak yang terkantuk kantuk. Dan mohon maaf kira kira hasil keilmuan yang dibawa apa ya?

Maksud saya memberitahukan tujuan pembelajaran supaya pada tambah ilmu dan paham, akan tetapi tujuan ini sepertinya tidak tercapai karena kondisi fisik pada lelah dan capek.

Alasannya seharian bekerja dan pengajian diadakan terlalu larut malam.

Jawaban diplomatis yang membuat saya tersadar selain tujuan mengikuti pengajian untuk menambah pengetahuan

Sambil tersenyum pak Sriyanta menuturkan bahwa memang kenyataannya banyak yang hanya ubyang ubyung ikut kesana kemari mengikuti pengajian.

Urusan bertambahnya pengetahuan dan keilmuan dan lainnya diluar kemampuan manusia, yang penting berusaha.

Dan satu lagi, selain tujuan untuk menambah ilmu, ada tujuan yang lain yaitu mencari keberkahan dalam kegiatan majelis taklim mencari ilmu.

Nah inilah yang membuat saya menyadari untuk semangat dalam mendatangi majelis taklim meskipun bisa jadi nanti kurang bisa maksimal menyimpan materi yang disampaikan oleh ustadz ustadzah sebagai nara sumber.

Jadi meskipun hanya wara wiri kesana kemari mengikuti pengajian dan keilmuan kita mentok hanya segitu gitu saja, ada harapan yang lain yaitu keberkahan dalam mendatangi majelis taklim.

Tentang ilmu, Jangan menjadi yang kelima

Berdasarkan hadits riwayat baihaqy ada hadits yang berbunyi;

كُنْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا أَوْ مُسْتَمِعًا أَوْ مُحِبًّا وَلَا تَكُنْ خَامِسًا فَتَهْلِكَ

Teks latin : Kun ‘aliman, au muta’alliman, au mustami’an, au muhibban. Walam takun khoomisan, fatahlik.

Artinya;

Jadilah engkau orang berilmu, atau Orang yang menuntut ilmu, atau Orang yang mau mendengarkan ilmu, atau Orang yang menyukai ilmu.dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka”

Secara urutan tingkatan maka kita diperintahkan untuk;

1 menjadi orang berilmu atau
2 orang yang menuntut ilmu; atau
3 Orang yang mau mendengarkan ilmu; atau
4 orang yang menyukai ilmu
Dan jangan menjadi orang yang kelima.

Nah dari hadits ini setidaknya ubyang ubyung kesana kemari mengikuti majelis taklim masuk dalam nomor 2 sampai dengan empat.

Yaitu menuntut ilmu, mendengarkan ilmu, setidaknya menyukai ilmu. Tampak jelas dalam menuntut ilmu, mendengarkan dan menyukai dengan mendatangi majelis taklim.

Meskipun hasilnya wallahu a’lam yang jelas sudah mengikuti dawuh kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Pada penutup kata, yaitu larangan menjadi orang yang kelima.

Siapakah yang kelima?

Yaitu yang tidak masuk salah satu pada 4 orang diatas, intinya orang yang mengabaikan atau bahkan membenci ilmu.

Nah demikian coretan pada kanvas blog malam ini, wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Karangdowo Klaten, 1 April 2021.

lain syakartum laazidannakum artinya tulisan arab

lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna azabi lasyadid artinya beserta tulisan arab, adalah dalil tentang untuk bersyukur atas nikmat Allah, dan Allah akan menambahkan nikmat kepadanya. Untuk tidak bersikap kufur dengan nikmat Allah karena jika kufur atas nikmat Allah sungguh adzab-Nya

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, lain syakartum laazidannakum artinya secara lengkap adalah “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Secara parsial atau salah satu arti kata dalam ayat ini adalah syakartum artinya kamu (sekalian) bersyukur.

Ini merupakan terjemahan dari surat ibrahim ayat 7 sebagaimana bisa anda simak.

Seperti apa tulisan teks arab surat ibrahim ayat 7? Silakan anda lihat sebagaimana berikut;

Tulisan Arab Surat Ibrahim ayat 7

berikut adalah tulisan arab surah ibrahim ayat 7 lain syakartum laazdannakum in arabic text. Monggo silakan anda baca.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Wa idz ta-adzdzana robbukum lain syakartum laaziidannakum wa lain kafartum inna ‘adzaabii lasyadiid. (Q.S. Ibrahim : 7)

untuk arti dan terjemahnya anda bisa membacanya kembali keatas 🙂

Lain syakartum laazidannakum english

jika anda hendak menerjemahkan atau mengartikan ayat ini dalam bahasa Inggris.

Kami siapkan terjemahannya yang kami ambil lewat terjemahan alqur’an versi Bahasa Inggris.

the meaning lain syakartum laazidannakum in english in full translate is And ˹remember˺ when your Lord proclaimed, ‘If you are grateful, I will certainly give you more. But if you are ungrateful, surely My punishment is severe.’”

and you can see how to write this ayah in arabic text above.

Penutup Tulisan

nah itulah informasi tentang arti dan terjemah lain syakartum laazidannakum walain kafartum lengkap dalam surat Ibrahim ayat 7.

lengkap beserta terjemahan bahasa Inggris serta tulisan arab in arabic text.

Semoga kita semua menjadi insan manusia yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat Allah.

Juga dijauhkan dari sifat kufur ingkar atas kenikmatan yang Allah limpahkan kepada kita.

Wilujeng sonten, selamat sore, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.