Panyandra Polatane (Tegese lan Tuladha Ukara)

Panyandra Polatane (Tegese lan Tuladha Ukara)

Tembung panyandra polatane yaiku ruruh jatmika. Apa tegese lan kepriye tuladhane ukarane candrane polatane lan tegese?

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuhu, tegese polatane ruruh jatmika yaiku tingkah lakune sopan santun.

Dalam khazanah sastra jawa, Basa rinengga tembung panyandra solah bawa, kata ruruh jatmika memiliki arti tindak tanduk perilaku yang sopan dan santun.

Tembung ruruh tegese yaiku anteng, kalem, ora kokean polah. Kata ruruh dalam bahasa Jawa memiliki arti tenang, kalem, tidak banyak tingkah polah.

ewondene tegese jatmika yaiku tansah nganggo tata – trapsila tumrap kelakuan. Artinya jatmika adalah senantiasa memakai tata (aturan) dalam perbuatan.

Sehingga tegese salugu tembung ruruh jatmika yaiku kalem anteng lan tenang uga kelakuane tansah migunakake tata trapsila.

Artinya ruruh jatmika yaitu tenang kalem dan tidak banyak polah serta senantiasa bertindak sesuai dengan tata aturan yang baik.

Tuladha Ukara Panyandra Polatane Ruruh Jatmika

apabila ada soal pelajaran Basa Jawa berbunyi “Wenehana lan gawea tuladha ukara nganggo tembung panyandra polatane ruruh jatmika!

berikut contohnya dalam kalimat berbahasa Jawa lengkap dengan artinya dan terjemahan kedalam bahasa Indonesia.

Aku nduwe kanca wadon jenenge Asti Setyorini, bocah wadon kuwi pundhake nraju mas, polatane ruruh jatmika.

Artinya ; Saya memiliki teman perempuan namanya Asti, anak perempuan itu pundaknya seperti timbangan emas (nraju mas = seimbang antara pundak kiri dan kanan), dan tingkah lakunya sopan santun.

apa sih polatane? Dalam kamus menyebutkan bahwa kata polatane berasal dari kata polatan.

Tegese polatan yaiku praen, wujuding rai.

Artinya polatan adalah perwajahan, wujudnya wajah. Maksudnya yaitu mimik wajah.

Dalam hal ini merujuk kepada bagaimana mimik wajah seseorang saat berinteraksi dengan orang lain. Apakah berbinar binar dan menghargai serta sopan santun sesuai tata krama yang ada.

Namun dalam hal ini kata polatane juga bisa berkembang lebih luas bukan hanya sekedar mimik wajah seseorang.

Bisa juga bermakna bagaimana cara berbicara, gestur gerakan tubuh yang berkaitan dengan tata krama adat istiadat kesopanan dalam bergaul.

Demikianlah penjelasan tentang tembung panyandrane polatane ruruh jatmika, semoga bisa menambah wawasan dalam khazanah budaya dan sastra Jawa. Wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*