Ucapan Belasungkawa Islam Basa Jawa Halus

Ucapan Belasungkawa Islam Basa Jawa Halus
إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن

Contoh Ucapan Belasungkawa Islam Basa Jawa Halus Sugeng tindak untuk laki-laki perempuan beserta doa Allahummaghfirlahu semoga husnul khotimah yang sederhana singkat simpel/simple.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Umumnya dalam mengucapkan bela sungkawa turut berduka cita diawali dengan kalimat istirja’ yaitu innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Selanjutnya berupa doa minta ampun baik untuk perempuan maupun laki-laki yang meninggal dunia. Apabila yang meninggal adalah laki-laki maka doanya yaitu allahummaghfirlahu warhamhu wa’fu ‘anhu.

Teks arabnya adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Adapun apabila wanita maka doa allahummaghfirlahu untuk perempuan ini menggunakan kata allahummaghfirlaha warhamha wa’fu ‘anha.

Tulisannya adalah sebagai berikut ini;

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Adapula yang tidak membedakan doa ini karena teknis tata bahasa Arab ilmu nahwu. Jika allahummaghfirlahu untuk perempuan, dia menggunakan kata mayyit yang merupkan kata mudzakkar.

Contoh Ucapan Belasungkawa Islam Basa Jawa Halus dan artinya

Berikut ini adalah teks contoh ungkapan bela sungkawa dalam Islam menggunakan Bahasa Jawa halus. Lengkap beserta tulisan Arab doanya untuk laki-laki ataupun perempuan yang sederhana singkat simple,

َِإنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن
أللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه واجعل الجنة مثواه وتقبل الحسنته ووسع مدخله واكرم نزله وادخله إلى جنتك
اللهم اغسله بالمآء والثلج والبرد ونقه من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس
اللهم لا تحرمنا أجره ولا تفتنا بعده واغفرلنا وله
له الفاتحة……..آمين

Ndherek belosungkowo mbak wiwik & pak makhalis mugi-mugi almarhum husnul khotimah,dipun ngapunten sedoyo dosa kesalahanipun, dipun tampi amal sholeh lan ibadahipun, dipun jembarakan lan dipun fajaraken kuburipun lan keluarga ingkang dipun tilar kaparingan kesabaran, ketabahan lan tawakkal saking Allah SWT…..aamiin

Berikut adalah artinya dan teks latin untuk tulisan Arab dalam mengucapkan bela sungkawa secara Islami ini.

Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun
Allahummaghfirlahuu warhamhuu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhuu waj’alil jannata matswahu wa taqabbal hasanatuhu wa wassi’ madkholahu, wa akrim nuzulahu wa adkhilhu ila jannatika.

Allahummaghsil bil maa-i wats tsalji wal barod, wa naqqihi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas.

Allahumma laa tahrima ajrohuu walaa taftinna ba’dahuu waghfirlanaa wa lahuu…
Lahul faatihah… aamiin..

Turut beduka cita mbak wiwik & pak makhalis semoga almarhum husnul khotimah, mendapatkan ampunan semua kesalahannya, diterima amal kebaikan dan ibadahnya, dilonggarkan dan diberikan penerangan kuburannya dan keluarga yang ditinggal menedapatkan kesabaran, ketabahan serta tawakal dari Allah Subhaanahu wa ta’aala. Aamiin.

Demikian contoh teks ucapan bela sungkawa islami lewat WA yang bisa anda copy paste, semoga Allah merahmati dan mengampuni kita semuanya. Wassalamu’alaikum.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*