Penilaian Lalaran Nadhom Dan Blangko Format Nilai

Penilaian Lalaran Nadhom Dan Blangko Format Nilai

Penilaian Lalaran Nadhom dan blangko format nilai mengacu kepada lomba MQK Nasional sebagai acuan untuk membuat format penilaiannya dalam bentuk word yang bisa anda jadikan menjadi PDF.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, di pondok pesantren tradisional, untuk memudahkan menghafal bait dalam kitab klasik dengan mendendangkannya.

Dengan melagukan bait-bait deretan kalimat ini akan lebih memudahkan para santri mengingat materi pembelajaran ilmu nahwu atau lainnya.

Jika dalam kegiatan musabaqah qiraatil Kutub (MQK) pada beberapa tahun ini ada perlombaan berkenaan dengan hafalan santri secara berkelompok ini.

Lalaran sendiri ada berbagai macam penjelasan mengenai pengertiannya. Ada yang mengatakan pengertian lalaran adalah teknik hafalan dimana santri menghafal bait- bait syair atau kalimat-kalimat dari kitab-kitab yang dipelajarinya (Hidayah and Susilo 2020).

Adapula juga yang menyebutkan lalaran yaitu metode pengulangan materi yang dilakukan oleh santri secara mandiri. Ada juga yang menyebutkan kegiatan lalaran diartikan menjadi metode menghafal {Agus Agermanto, Quantum Quetien Kecerdasan Quantum (Bandung: Penerbit Nuasa, 2005), 55}.

Kriteria Penilaian lomba Nadhom Lalaran

Berikut ini adalah ketentuan dan standar nilai dalam perlombaan untuk menilai peserta lomba yang maju dalam perlombaan antar pondok pesantren atau santri ponpes.

Adapun ketentuan dan Kriteria penilaian Lalaran Nadhom meliputi:

1) intonasi suara/vokal dengan bobot 30%;
2) harmonisasi musik dengan bobot 30%; dan
3) orisinalitas dan etnisitas langgam dengan bobot 40%

Kemudian dari bobot nilai ini akhirnya ketemu 100% jumlah penilaiannya. Untuk standar penilaian atau rentang penilaiannya bisa dengan menggunakan dua digit dengan nilai maksimal.

Download Blangko Nilai Perlombaan Lalaran Nadhom

Mengacu dari kegiatan lomba MQK ini kemudian kita mencoba membuat lembar form nilai beserta standar pemberian angkanya.

File ini menggunakan format word yang bisa anda unduh sesukanya dan dapat anda edit modifikasi sesuai dengan selera anda.

Berikut adalah penampakan blangko nilainya dalam format doc ms word.

Tentu jika anda hendak membuat perubahan, semisal rentang skor nilai menjadi 1 – 10 atau 1 – 20 maupun model lainnya, tidak ada yang mempermasalahkannya.

Bergantung dengan selera masing-masing panitia perlombaan dalam menentukan kriteria penilaiannya.

Berikut adalah link tautan untuk download gratis pengunduhannya.

Download Lembar Penilaian Lomba Lalaran Nadhom

Demikian sekedar tambahan file yang siapa tau berguna bagi santri senior dalam melaksanakan kegiatan perlombaan lalaran di lingkungan pesantren maupun ajang pertandingan antar ponpes. Wilujeng sonten dan wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*