Menyusun Nomor Ijazah TPQ

Menyusun nomor ijazah TPQ bagi santri siswa pada TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang selesai menyelesaikan pendidikan mengaji. Sebagai bukti kelulusan atau syahadah sudah rampung dalam pembelajaran. sekedar opini bagaimana membuat susunannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, saya tergelitik untuk membuat artikel ini. Alasannya karena memang ada guru atau ustadz ustadzah yang mencari tentang bagaimana caranya menyusun penomoran ijazah. Tentunya untuk santri yang sudah lulus Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Yang jelas, sepanjang yang saya ketahui, saya belum menemukan informasi mengenai petunjuk teknis penulisan ijazah pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an untuk tahun 2022. Entah sampean bisa saja menemukannya.

Kalau anda ketemu juknisnya, mohon bagi-bagi informasi nggih.

Karena memang saya belum menemukannya (bisa jadi karena memang tidak ada) maka lembaga perlu berijtihad dalam membuat susunan kode surat tanda tamat belajar Taman pendidikan Al-Qur’an ini.

Bagaimana susunannya?

Monggo silakan sekehendak hati anda membuatnya, yang jelas mesti ada urutan nomor kelulusan anak didik anda beserta tahun kelulusannya.

Opini Pribadi dalam Menyusun Nomor Ijazah TPQ

Kalau saya pribadi seandainya membuat susunan kode ijazah TPQ, maka saya akan mengambil contoh yang ada dalam juknis madin.

Dalam petunjuknya memuat bagaimana urut-urutan dalam membuat kode ijazah.

Adapun untuk madin kodenya adalah sebagai berikut (namun sayangnya kode ini bersifat urutan satu kabupaten, bukan per lembaga);

MDT + Kode Kanwil +Kode Jenjang + Kode tahun + 6 digit angka urut santri

Jadi misalnya jawa tengah Kabupaten Karanganyar untuk santri nomor urut 16 dengan jenjang pendidikan wustha maka kodenya akan menjadi MDT-33-II-2022-00016.

Sekarang kita melakukan modifikasi kode ini dengan mengubah kode jenjang pendidikan dengan kode urutan TPQ anda dalam nomor statistik yang berjumlah 4 digit angka.

Jadi rumusannya adalah sebagai berikut;

TPQ ++ kode kanwil + Kode Kabupaten + 4 digit urutan lembaga pada nomor statistik + tahun + 4 atau 6 digit angka urutan santri, atau bisa juga 2 atau 3 digit. Bergantung selera menyesuaikan jumlah santri anda.

Misalnya urutan nomor statistik anda adalah 0080. Dan jumlah santri anda adalah 100, maka perlu 3 digit angka pada urutan santri.

Maka jadinya kode ijazahnya adalah sebagai berikut apabila TPQ anda berada di Kabupaten Karanganyar

TPQ-33-13-0080-2022-100 kira kira seperti itu kalau saya pribadi menyusunnya. Ada pakem apabila ada yang bertanya kenapa urutannya seperti itu.

Well, namun karena tidak ada ketentuan baku (atau setidaknya saya belum mengetahuinya) maka silakan anda berkarya mengutak atik sesuai dengan selera dan kreativitas sampean dalam menyusunnya.

Begitulah sekedar opini pribadi malam ini, akhirnya wilujeng dalu, selamat malam dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top