Ora Mudhun-mudhun Yen Ora Nggawa Mrica Sekantong Batangane Kalebu Cangkriman

Ora Mudhun-mudhun Yen Ora Nggawa Mrica Sekantong
Share

Ora Mudhun-mudhun Yen Ora Nggawa Mrica Sekantong Batangane yaiku Kates Kalebu Cangkriman pepindhan utawa irib-iriban. Artinya janganlah turun kalau belum membawa merica satu kantong bedhekane atau jawabannya adalah buah pepaya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kenapa jawabannya bisa buah pepaya? Cangkriman sing batangane kates ya iku mau yaiku ora mudhun yen durung nggawa mrica sak kantong.

Jadi apabila anda melihat buah pepaya yang sudah matang kemudian membelahnya, maka anda akan mendapati atau menemukan isinya yang berwarna hitam, dan lumayan banyak.

Lazimnya isi pepaya ini luarnya merupakan selaput tipis yang tembus pandang sehingga nampak isinya yang berwarna hitam, kelihatan agak seperti lancip berduri namun tidaklah melukai.

Jadi alasannya batangane cangkriman kates ini penjelasannya adalah sebagai berikut;

aja mudhun mudhun tegese aja mudhun disik, manggono ana panggonanmu, artinya janganlah turun, tetaplah berada pada tempatmu.

Yen ora nggawa tegese yen durung utawa ora nduwe/nggawakake, artinya yaitu apabila belum atau tidak membawa.

Mrica tegese yaiku bumbon sing biasane kanggo masak ben rasane enak tur sedep, merica adalah salah satu bumbu atau rempah yang di pergunakan memasak supaya masakannya sedap dan menggoyang lidah.

Mrica atau merica ini merupakan penggambaran isi yang ada dalam buah pepaya.

Dalam Bahasa Jawa, isi buah pepaya atau nama isi dari buah, isine kates utawa arane isi kates yaiku trempos.

cangkriman batangane salak nanas sulak kates jagung

Jadi yang menjadi maksud dalam cangkriman ini berupa mrica/merica adalah trempos yang merupakan isi buah pepaya atau kates dalam Basa Jawa.

Sekantong tegese yaiku sak kantong, kaya sak plastik. Artinya sekantong yaitu satu kantung.

Kenapa satu kantong?

Karena apabila buah pepaya sudah masak atau matang maka trempos atau isi kates ini banyak, apabila belum matang tentu masih sedikit bahkan warnanya masih putih, tremposnya belum berwarna hitam.

Ora Mudhun-mudhun Yen Ora Nggawa Mrica Sekantong Kalebu Cangkriman Pepindhan Utawa Irib-iriban

Cangkriman di atas termasuk dalam contoh cangkriman kang awujud utawa wujude irib-iriban utawa pepindhan.

Yaiku cangkriman kang ngemu teges irib-irib, pindhan, maksute kaya, memper.

Tebak tebakan kata jangan turun sebelum membawa merica satu kantung ini dalam Bahasa Jawa termasuk dalam cangkriman irib-iriban atau pepindhan.

Yaitu suatu tebak-tebakan kata yang mengandung arti atau makna “seperti”, semisal, bagaikan, mirip-mirip antara jawabannya dengan keadaannya.

Kalu iseng menerjemahkan dalam bahasa Inggris yang tidak karu-karuan bunyinya jadi don’t down-down if no bring pepper a bag huahahahahaaaaa…….

Demikianlah informasi mengenai jawaban pertanyaan tebak tebakan kata teka teki Basa Jawa sing ukara unen unen cangkrimane yaiku Ora Mudhun-mudhun Yen Ora Nggawa Mrica Sekantong bedhekane yaiku kates.

Akhirnya salam kenal, wilujeng dalu, dan semoga sukses mengerjakan soal pertanyaan dalam LKS maupun ulangan ujian mid semester dan semesteran, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *