Idza Tammal Aqlu Qollal Kalaamu Tulisan Arab Artinya

tulisan arab idza tamma; 'aqlu qollal kalaam
tulisan arab idza tamma; 'aqlu qollal kalaamu gundul huruf jawi
Share

Idza tammal Aqlu qollal kalaamu Tulisan Arab artinya mahfudzot tentang semurnanya akal seseorang yang berdampak kepada sedikit berbicara karena mengetahui bahaya ucapan apabila salah dan keliru, artinya yaitu bicara seperlunya.

pontren.com – assalaamu’alaikum w arahmatullahi wa barakatuh, kali ini kita akan membahas mengenai kata mutiara petuah bijak Bahasa Arab tentang sempurnanya akal sehingga menjadi sedkit bicara.

Adapun mahfudzot ini berbunyi Idza tammal Aqlu qollal kalaamu artinya yaitu Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.

Seperti apa tulisannya dalam huruf hijaiyah Bahasa Arab in arabic text writing?

Berikut ini kami haturkan tulisan Arab mahfudzot diza tammal aqlu qollal kala dalam versi gundul huruf jawi beserta lengkap dengan harakat dan syakalnya.

Ini dia teks Arabnya.

Tulisan Arab Idza tammal Aqlu qollal kalaamu

Yang pertama yaitu dalam versi huruf jawi alias arab gundul sebagaimana berikut ini.

إذا تمّ العقل قلّ الكلام

Selanjutnya tulisan arab mahfudzot tentang sempurnanya akal lengkap beserta syakal dan harakatnya adalah sebagai berikut.

إِذَا تَمَّ العَقْلُ قَلَّ الكَلاَمُ

Anda bisa copy paste tulisannya pada word maupun artikel blog sampean, sukur ngasih tautan, kalau enggak ya sudahlah monggo sekecanipun.

Bagaimana artinya perkata?

Mari kita lanjutkan untuk mengetahui artinya mahfudzot ini satu persatu mufrodatnya.

Idza tammal Aqlu qollal kalaamu artinya perkata

Sebagaimana kami sampaikan pada awal tulisan bahwasanya arti petuah bijak kata mutiara Bahasa arab yang berbunyi Idza tammal Aqlu qollal kalaamu artinya yaitu Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.

Sedangkan arti perkata mahfudzot tersebut sebagaimana dalam bagan berikut ini.

Bahasa ArabTulisannyaArtinya Indonesia
IdzaaإِذَاApabila
Tammaتَمَّ ُLengkap/sempurna
Al ‘aqluالعَقْلُAkal (seseorang)
QollaقَلَّSedikitlah
Al kalaamuالكَلاَمPerkataan

Pembahasan Mahfudzot

Seseorang yang bisa berpikir jernih dan memilah serta melakukan pilihan yang baik serta buruk maka akan menyadari bahwasanya ucapan lidah atau mulut bisa membahayakan apabila tidak dikelola dan diatur dengan baik.

Apabila seseorang sudah mencapai tingkatan yang tinggi dalam berakal tentu akan berhati-hati dalam berbicara.

Dia tidak mau sembarangan dalam mengeluarkan perkataan karena sadar bahwa akibat berkata tanpa berpikir tentu bisa membahayakan orang lain atau bahkan dirinya sendiri.

Dengan begitu orang yang mampu menyempurnakan akalnya dengan berhat-hati akan bisa memilih kapan waktu berbicara dan kapan waktunya untuk menahan diri.

Keadaan berhati-hati orang yang sempurna akalnya ini hikmahnya adalah menyebabkan dia hanya sedikit berbicara karena kehati-hatiannya untuk menghindari masalah.

Demikianlah salah satu mahfudzot tentang kesempurnaan akal yang berbunyi idza tammal aqlu qollal kalaamu yang mempunyai arti apabila sempurna akal seseorang maka sedikit bicara lengkap dengan teks arab bisa copy paste.

Akhirnya wilujeng siang, selamat beraktivitas dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.