Hari Lahir Ansor, Tanggal Bulan Tahun Hut Ultahnya

Share

Hari Lahir Ansor Tanggal Bulan Tahun Hut Ultahnya. Saat sedang membuka buka whatsapp, ada salah satu gus yang memakai kaos tentang hari lahir GP ansor. Pada kaosnya mencantumkan tanggal bulan dan tahun keberapa perayaan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, meskipun lengkap mulai tanggal bulan beserta harinya, namun tidak ada kapan hari (senin selasa rabu kamis dll) kelahirannya.

Menelusuri alam rimbaraya dunia internet, hari lahir Gerakan Pemuda Ansor adalah pada tanggal 24 April 1934, lebih lama dari hari Kemerdekaan Indonesia.

Jadi bagi anda yang hendak mengetahui kapan gp ansor ultah atau lahirnya pada tanggal berapakah? Sekarang sampean sudah tahu yaitu pada tanggal patlikur april taun sewu sangangatus telungpuluh papat.

Lebih lanjut, menurut situs NU or id bahwasanya lahirnya Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) diwarnai semangat perjuangan, nasionalisme, pembebasan dan epos kepahlawanan, begitu yang tertulis pada situs resmi NU ini.

Ansor lahir dari NU dalam situasi konflik internal dan tuntutan kebutuhan alamiah

hari lahir gp ansor

Awalnya adanya perbedaan tokoh tradisional dan modern yang muncul pada tubuh Nahdlatul Wathan.

Yaitu organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan Islam, Pembinaan mubaligh, dan pembinaan Kader.

KH Abdul Wahab Chasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur berhaluan modernis, kemudian menempuh arus gerakan berbeda pada saat sedang tumbuhnya semangat mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

Dua tahun setelahnya, pada tahun 1924 para pemuda pendukung KH Abdul Wahab membentuk wadah dengan nama Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air).

Organisasi ini merupakan cikal bakal berdirinya gerakan pemuda ansor setelah sebelumnya mengalami berbagai nama.

seperti misalnya Persatuan Pemuda NU (PPNU), Pemuda NU (PNU),, dan Anshoru Nahdlatul Oelama (ANO).

Nama ansor merupakan saran KH Abdul Wahab Chasbullah

Diambil dari nama kehormatan kepada penduduk madinah pada masa nabi Muhammad yang telah berjasa dalam memperjuangkan membela dan menegakkan agama Allah.

Demikian, ANO (anshoru Nahdlatul Oelama) dimaksudkan dapat mengambil hikmah dan teladan dalam sikap perilaku perjuangan nabi yang mendapat predikat ansor ini.

Pada Muktamar Nu ke 9 di Banyuwangi 10 Muharram 1535 atau pada tanggal 24 April 1934 ANO diterima dan disahkan sebagai bagian pemuda NU.

Pada masa pendudukan Jepang, organisasi pemuda diberangus oeh kolonial Jepang termasuk ANO.

Tokoh ANO Surabaya Moh. Chusaini Tiway mengemukakan ide untuk mengaktifkan ANO dan mendapat sambutan positif KH Wachid Hasyim (Menteri Agam RIS kala itu).

Maka pada tanggal 14 Desember 1949 lahir kesepakatan membangun kembali ANO dengan nama baru Gerakan Pemuda Ansor.

Disingkat Pemuda Ansor yang kini populer dengan singkatan GP Ansor.

Nah itulah sekelumit cerita yang kami ambil dari situs NU.

Wilujeng sonten, selamat menunggu waktu berbuka puasa, salam kenal wassalamu’alaikum.

Sumber : https://www.nu.or.id/post/read/63893/sejarah-berdirinya-gerakan-pemuda-ansor


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.