Penciptaan Malaikat, dalil hadits dan al Qur’an

Share

Penciptaan malaikat beserta dalil naqli dalam al Hadits al Qur’an Surat beserta ayatnya. Mata pelajaran PAI Pendidikan Agama Islam kelas 10 atau setara dengan 1 SMA Madrasah Aliyah.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, – selamat siang adik adik mas mbak yang sedang belajar pada jenjang pendidikan kelas 10. Atau setara dengan 1 SMA, semoga sehat selalu dan semakin keren.

penciptaan malaikat dari cahaya

Informasi manusia mengenai malaikat sebagai makhluk gaib Mengingat sedikitnya pengetahuan yang dimiliki manusia. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya malaikat merupakan makhluk gaib. Sumber tentang malaikat maka dengan pedoman pada Al-Qur’an dan al-Hadits.

Untuk itu pada tulisan kali ini akan menyampaikan informasi tentang dalil naqli dari hadits maupun berasal dari Al-Qur’an.

Jadi anda bisa menjawab pertanyaan yang datang apabila berbunyi “Sebutkan dalil yg menjelaskan tentang penciptaan malaikat!”

Hadits tentang penciptaan malaikat

Tuliskan dalil sebutkan hadits tentang penciptaan malaikat!

Dalil mengenai penciptaan malaikat dari cahaya dan jin dari api yang menyala nyala. Berasal dari hadits yang diriwayatkan Imam muslim, riwayat dari ‘Aisyah binti Abi Bakar.

Adapun bunyi matan hadits sebagaimana berikut;

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم خُلِقَتِ المَلٰئِكَةُ مِنْ نُوْرِ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجِ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ اٰدَمَ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Tulisan latin “an ‘Aa`isyata qaalat, qaala rasuulullaahi shallalahu ‘alaihi wa sallam khuliqati-l malaaikatu min nuurin wa khuliqal jaannu min maariji min naarin wa khuliqa aadama mimmaa wushifa lakum.

Artinya: “Dari Aisyah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim)

Dari hadits ini maka penciptaan malaikat adalah dari cahaya (nuur) sedangkan jin diciptakan dari api yang menyala-nyala.

Malaikat mempunyai sayap

Dalam al-Qur’an surat Al Fathir (35) ayat 1 mengabarkan bahwa malaikat mempunyai sayap. Adapun bunyi surat dan ayat sebagaimana berikut ini.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Tulisan teks latin Al-ḥamdu lillāhi fāṭiris-samāwāti wal-arḍi jā’ilil-malāikati rusulan ulī ajniḥatim maṡnā wa ṡulāṡa wa rubā', yazīdu fil-khalqi mā yasyā, innallāha ‘alā kulli syai`ing qadīr (Q.S. Al Fathir ayat 1)

Artinya : Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Apabila menyimak mengenai ayat 1 surat Al Fatir maka berita tentang malaikat. Salah satunya adalah informasi tentang malaikat mempunyai sayap.

Rangkuman dan Kesimpulan

Dari hadits riwayat Aisyah kita bisa mengetahui bahwasanya penciptaan malaikat berasal dari cahaya (nuur).

Dari al Qur’an Surat al-Fatir ayat 1 kita mengetahui bahwasanya malaikat memiliki sayap. Walau seperti apa bentuk sayap tersebut kita tidak mengetahuinya.

Hanya sangatlah sedikit sekali pengetahuan manusia mengenai malaikat karena malaikat adalah makhluk gaib.

Apabila ada informasi dan berita mengenai malaikat yang tidak ada dalam hadits riwayat yang shahih maupun berasal dari al-Qur’an. Entah ciri bentuk, suara maupun yang lainyya patut bagi kita untuk meragukannya.

Demikian informasi mengenai malaikat, wilujeng siang, salam kenal, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *