Pontren.com – informasi mengenai 9 macam standar kelulusan satri taman pendidikan anak anak yang belajar pada lembaga pendidikan nonformal dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Assalamu’alaikum saudara saudara para penggiat pendidikan alquran di seluruh penjuru negeri, sugeng sonten, selamat sore, semoga kesehatan dan keberkahan selalu dilimpahkan kepada anda sekalian, yang belum menikah semoga mendapatkan jodoh yang soleh solihah, yang masih belum bekerja semoga segera mendapatkan pekerjaan yang mapan baik dan halalan toyyiba (halal nya di taruh didepan ya).

Kali ini kami akan ngobrol (nulis maksudnya) tentang SKL TPQ berdasarkan buku standarisasi Nasional mutu pendidikan alquran. Dimana SKL TPA memiliki 9 buah kompetensi.

Dalam sembilan buah kompetensi ini delapan kompetensi berupa kemampuan anak dalam bidang akademis baik berupa hafalan maupun tau tentang teori melakukan ibadah.

Sedangkan satu dari sembilan SKL ini berupa kemampuan dalam pengejawantahan pembelajaran yang diterima dalam kehidupan sehari hari berupa menguasai dasar agama Islam dan dapat mempraktekkan secara sederhana dalam kehidupan harian.

Kesembilan SKL TPQ ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan munaqosyah atau ujian akhir untuk anak anak TPQ yang telah berada di ambang akhir pendidikan TPQ

Berikut kesembilan Standar Kompetensi Lulusan Taman Pendidikan Al Qur’an.

9 Kompetensi Santri Lulusan Taman Pendidikan Al Qur’an

kompetensi ini jika mengacu kepada buku pedoman dari Kemenag ditempuh dalam 3 tahun dengan melewati 3 jenjang tingkatan TPQ.
adapun ketiga jenjang pendidikan Taman Pendidikan Al Qur’an adalah

TPQ level A
TPQ level B
TPQ level C

Berikut ini adalah SKL untuk anak didik TPQ.

  1. Memiliki kemampuan membaca al qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dasar pada ilmu tajwid
  2. menguasai teori ilmu tajwid
  3. hafal dengan baik 22 surat pendek
  4. hafal 27 doa harian dengan fasih dan benar
  5. mampu sholat fardhu dan sunnah secara gerakan dan bacaan secara benar
  6. bisa praktek azan, wudhu, sholat secara benar dan baik
  7. hafal 5 surat pilihan
  8. memiliki kemampuan menulis huruf arab dengan benar dan baik
  9. menguasai dasar agama islam dan bisa mengejawantahkan secara sederhana dalam kehidupan sehari hari.

Setelah mengetahui tentang standarnya, maka sekarang kita bisa mengambil manfaat keberadaan dari standar diatas.

Manfaat adanya Standar Kompetensi bagi santri anak didik TPA ( Taman Pendidikan Al Qur’an)

Beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dari keberadaan standar ini adalah

Pertama, dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan mengajar bagi guru ustadz ustadzah pengajar TPQ dengan berpegangan SKL sebagai goal atau tujuan pembelajaran.

Kedua, fokus pembelajaran yang lebih terarah karena adanya patokan dalam kelulusan atau kemampuan santri selepas selesai pendidikan.

Ketiga, sebagai pedoman dalam penyusunan program kegiatan belajar mengajar pada TPQ dalam 1 tahun pembelajaran selama 2 semester.

Keempat, Penentuan materi ujian mid semester maupun semester serta ujian akhir munakosah yang menjadi agenda kegiatan rutin teratur dan terpola

Kelima, jika satu kelompok atau kompleks wilayah pada suatu tempatt sudah seiya sekata dalam standar ini memudahkan saling tukar bahan dan silang soal ujian karena adanya kesamaan standar dalam materi yang diberikan dan akan diujikan pada kegiatan Ujian Mid maupun semester.

Keenam, sebagai standar kelulusan santri dengan pedoman yang baku dan terukur memudahkan dalam menentukan kelulusan santri TPQ

Ketujuh, dapat dijadikan sebagai dasar pendaftaran wisuda santri bagi lembaga yang menaungi TPQ (misalnya Badko TPQ) dalam pelaksanaan wisuda bersama.

Demikian beberapa manfaat dari standar Kompetensi Lulusan santri anak didik yang sekolah di Taman Pendidikan Al Qur’an yang secara formal disingkat dengan TPQ, akan tetapi masih banyak kalangan yang menyebutnya dengan TPA.

Sugeng sonten, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

loading...