siaga Kemenag

Cara Daftar Akun Siaga Kemenag

Pontren.com โ€“ informasi cara mendapatkan akun login siaga Kemenag (Kementerian Agama) bagi para guru PAI ( Pendidikan Agama Islam ) keseluruhan, baik itu yang berad dibawah naungan Kementerian Agama ataupun Kemendiknas yang biasa disebut dengan guru dinas.

Termasuk juga pengawas PAI, jadi ada 2 person yang seharusnya melakukan update data atau mengisi data siaga. Menurut keterangan bapak wahyu widyatmoko bahwasanya dapat dikatakan siaga kemenag ini merupakan lanjutan dari aplikasi simpatika yang telah tiada untuk guru PAI, sedangkan bagi guru madrasah masih dipakai.

Siaga merupakan singkatan dari sistem informasi dan administrasi guru agama, entah kenapa nama pengawas tidak masuk dalam singkatan ini, bisa jadi karena kenjangan nanti singkatannya, moso jadi siagapeng.

Cara daftar Siaga Kemenag

Bagi guru yang hendak mengisi data siaga harus memiliki 2 hal yaitu;

  • ID atau dalam istilah siaga adalah nomor akun. ID untuk log in aplikasi simpatika berupa email
  • Password
menikmati liburan cuti tahunan
operator PAI Kabupaten

Untuk mendapatkan password serta id dimaksud maka guru dan pengawas perlu menghubungi operator siaga guna didaftarkan akun dan mendapatkan password.

Berbeda dengan emis yang mana pihak guru atau lembaga mendaftarkan akun selanjutnya dilakukan verifikasi oleh operator kota ataupun kabupaten.

Kelengkapan untuk Pendaftaran Siaga Kemenag

Dalam pendaftaran gratis untuk memiliki akun siaga kemenag, maka pihak pihak pengajar pendidikan agama Islam perlu mempersiapkan berkas dan data, ada baiknya di fotocopy untuk lebih baik dalam memperkuat data yang ada.

Berikut kelengkapan atau syarat yang diperlukan untuk memperoleh akun login siaga di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Email
Status pegawai
Nomor KK
Nomor KTP
Satmikal
Nomor SK TMT

Durasi waktu pembuatan akun siaga

Pembuatan akun siaga oleh operator dari Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota dapat di tunggu dan dapat langsung di uji coba fungsinya.

Jangan lupa setelah akun di aktivasi oleh pegawai kemenag, catat pada buku agenda dan handphone anda demi kelancaran anda dalam berurusan dengan aplikasi siaga Kemenag.

Selama pengalaman pak wahyu dalam membuatkan akun ini belum pernah mengalami kendala kecuali ada acara mentenan dari jakarta (maksudnya maintenance pemeliharaan situs).

Kendala dalam membuat akun

Tidak membawa kelengkapan data sehingga terhambat dalam membuat akun untuk login dalam aplikasi ini, dengan begitu perlu anda siapkan data kelengkapan ini.

Ada juga model kabupaten yang memaksimalkan peran MGMP dengan membuat form bagi guru guru yang hendak punya akun untuk login ini.

Cara login siaga Kemenag

Jika sudah mendapatkan email sebagai kunci masuk login ke aplikasi siaga milik Kementerian Agama beserta dengan passwordnya maka anda dapat masuk ke dalam aplikasi siaga ini.

Adapun link atau tautan untuk masuk ke dalam aplikasi siaga kemenag adalah website situs dengan alamat siaga.kemenag.go.id

Jika anda benar anda memasukkan alamat dalam siaga akan muncul tampilan sebagaimana dibawah ini. Selanjutnya silakan klik tulisan login di sebela kanan sebagaimana tampilan.

login-siaga-kementerian-agama

Lanjutnya akan muncul tampilan dan diminta memasukkan email dan password yang anda dapatkan dari operator yang telah melakukan pendaftaran anda.

cara-ogin-siaga-kemenag

kemudian silakan anda mengisi file atau kolom sesuai dengan data yang melekat pada anda sebagaimana kenyataan dan data secara administrasi.

Dampak dan Konsekwensi tidak mengupdate data siaga

Berikut adalah dampak yang diterima oleh guru yang tidak aktif dalam memberikan atau entry data lewat siaga.

  • Tidak dapat mendaftar pre test PPG ( Program Profesi Guru)
  • Tidak dapat mengikuti ujian PPKB Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
  • Sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru tidak dapat dicairkan.

Nah sudah tau khan apa dan bagaimana jika anda tidak proaktif dalam rangka melakukan entry data Siaga Kementerian Agama.

Selamat mengentry dan bersiaga ria.

loading...

4 komentar untuk “Cara Daftar Akun Siaga Kemenag”

  1. Yg menjadi ID utk login di SIAGA bukan email, melainkan Nomor Akun yg terdiri atas 12 digit angka.

    Kalo untuk login di SIMPATIKA menggunakan NUPTK yg terdiri atas 16 digit angka.

    Bagi guru/pengawas PAI yg sudah terdata di SIMPATIKA dulunya, tidak perlu mendaftar di SIAGA. Beliau bisa lansung mengupdate data di SIAGA dg menggunakan Nomor Akun yg tertera di menu Pencarian atau tanya lansung ke admin Kab/Kota ybs.

  2. Justru utk login di EMIS lah yg dulunya menggunakan ID berupa email, sekarang utk login di EMIS PAI menggunakan NIK guru/pengawas ybs.

    Kalo di Siaga, sejak awal guru/pengawas PAI menggunakan ID berupa Nomor Akun yg terdiri atas 12 digit angka.

Silakan berkomentar