Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren. seperti diketahui bahwasanya pondok pesantren memiliki ciri khas dimana para siswa yang biasa disebut dengan santri umumnya tinggal di asrama dan dengan aturan dan ketentuan yang di gariskan oleh pondok pesantren.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, Biasanya dalam pondok pesantren sudah diatur tentang jadwal kegiatan sehari hari dari mulai hari senin sampai ahad, mulai bangun tidur sampai menjelang bobo.

Selanjutnya bagaiamana dengan sistem pendidikannya? Jenjang apa saja yang di tawarkan oleh pondok pesantren?

Jenjang pendidikan pondok pesantren pada umumnya sama dengan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia.

Mulai dengan tingkat sekolah dasar/sederajat, dilanjutkan kemudian sekolah menengah pertama/sederajat, kemudian ada sekolah menengah atas/smu. bagi siswa non pesantren yang dari SLTP yang ingin melanjutkan ke pondok pesantren setingkat SMA.

Lumrahnya di masukkan kedalam pendidikan khusus selama satu tahun yang sering menggunakan istilah kelas takhashush.

Setelah SMA, ada beberapa pondok pesantren yang memiliki pendidikan setingkat perguruan tinggi.

Biasanya dinamakan dengan ma’had aly atau Pendidikan Tinggi Ilmu maupun kampus umum selama lolos UMPTN.

Untuk lebih mengenal jenjang pendidikan pondok pesantren bisa disimak dibawah ini.

Jenjang pendidikan pondok pesantren setingkat SD atau sederajat

mi mts sma setara sd smp sma

Setelah anak memasuki usia wajib belajar sekitar 7 tahun. ada beberapa pondok pesantren yang memberikan pelayanan pendidikan pada tingkat ini.

Bagi anak umur setingkat SD, biasanya hanya sedikit pondok yang menyelenggarakan atau menerima anak seumuran SD yang tinggal di asrama. Dengan pertimbangan kerepotan mengurusi serta pertimbangan psikologis keperluan anak kepada kasih sayang orang tua.

Akan tetapi walau jarang, masih ada juga pondok yang membuka layanan ini. Misalnya pondok tahfidz banu salamah di Jenawi Karanganyar dengan pendidikan PPS Wajardikdas Ula (paket A Dibawah Kementerian Agama).

Ada juga Pondok pesantren Imam Bukhari dengan paket B nya dan pondok pesantren Isy karima dengan MI nya.

Namun tetapi sepertinya saat ini pp imam bukhari menutup pendidikan setingkat SD nya yang ber asrama setelah melakukan banyak evaluasi.

Sedangkan MI di pondok pesantren Isy Karima bukan lah santri yang mukim di asrama.

Berbeda dengan banu salamah yang tetap eksis dan memerima anak setingkat SD untuk mukim di pondok pesantren. LAYANAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN setingkat SD adalah;

  • Sekolah Dasar
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • PPS Wajar Dikdas Ula
  • Paket A
  • Pendidikan diniyah formal awwaliyah
  • Muadalah tingkat Ula

Ijazah pondok yang belum diakui negara

Dari angka satu sampai enam diatas, keseluruhan ijazahnya diakui oleh pemerintah dan bisa dipakai untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi ke SLTP/sederajat.

Jenjang pendidikan pondok pesantrem setingkat SMP atau sederajat

Secara prinsip adalah hampir sama ijazah yang di akui oleh pemerintah seperti pada tingkat SD.

hanya ada perbedaan nama dan istilahnya saja.

pada tingkatan ini umumnya pondok pesantren mengambil salah satu dari satuan pendidikan guna memenuhi kebutuhan santri dalam ijazah.

pendidikan yang ditawarkan dan diakui oleh pemerintah adalah :

  1. SLTP/SMP. contohnya SLTP Takmirul Islam di surakarta, SLTP Daarul Qur’an Surakarta di Karanganyar, SMP Nurul Islam (NURIS) Di tengaran Kabupaten Semarang.
  2. MTs. contohnya MTs al mukmin di Sukoharjo, MTs Assalaam di sukoharjo, MTs Husnayain di Jakarta, MTs Al Irsyad di Tengaran Kab. Semarang
  3. PPS wajar dikdas wustha. Merupakan pendidikan kesetaraan paket B yang dibawah naungan Kementerian Agama. contohnya PPS Wajardikdas Wustha Ibnu Abbas di Sragen, PPS Wajar dikdas Wustha darul mubtadi-ien di Kebakkramat Karanganyar
  4. Paket B. Contohnya PAKET B imam bukhari di selokaton Karanganyar.
  5. PDF Formal (Pendidikan Diniyah Formal tingkat wustha). saat ini ada beberapa pondok pesantren yang menggunakan satuan pendidikan ini, akan tetapi saya lupa nama pondoknya, semoga suatu waktu tidak lupa menanyakan kepada teman
  6. Muadalah tingkat wustha. Adalah pengakuan dari pemerintah bahwa ijazah yang dikeluarkan oleh pesantren ini diakui oleh pemerintah. contoh. Muadalah darussalam gontor, muadalah Matholi’ul Falah Pati
santri assalaam sukoharjo 2017
santri assalaam sukoharjo 2017

Jenjang pendidikan pondok pesantren tingkat takhashush

sebenarnya ini bukanlah salah satu jenjang pada pondok pesantren.

Akan tetapi merupakan suatu pendidikan satu tahun bagi para murid diluar lulusan pesantren yang ingin melanjutkan tingkat pendidikan tingkat SMA/Sederajat di pondok pesantren.

Umumnya pondok pesantren yang memiliki pendidikan tingkat SMP dan SMA memiliki kelas takhashush

jenjang pendidikan pondok pesantren tingkat SMU/sederajat

pada tingkatan SMU, berbagai pilihan layanan yang ada di pesantren seperti

  • SMU. contohnya adalah Sekolah Memengah Umum (SMU) Assalaam Sukoharjo
  • Madrasah Aliyah. MA ali maksum krapyak Yogyakarta,MA, AlIrsyad Tengaran kab. Semarang, MA Nurul Islam Tengaran, MAKN Surakarta Pondok Pesantren HADIL IMAN. (bagi anda yang pengen tahu ada pondok pesantren plat merah silahkan melihat pp hadil iman 😀  dan banyak contoh yang lain
  • PPS WAJAR DIKDAS ULYA (sekarang bernapa PKPPS ULYA). entah sampai kapan kemenag mewujudkan tingkat ini karena sudah banyak pondok pesantren yang menunggu dan bertanya tentang pendidikan kesetaraan khusus pondok pesantren. karena selama ini pendidikan kesetaraan wajardikdas hanya mentok di wustha.
  • paket C. seperti paket C imam bukhari. paket c darul mubtadi-ien Karanganyar.
  • PDF ULYA. Sama kasusnya pada yang wustha, sudah ada beberapa yang menyelenggarakan akan tetapi saya belum tahu nama nama pondok ya g menyelenggarakannya. PDF Merupakan singkatan dari pendidikan diniyah formal.
  • muadalah tingkat ulya. contohnya muadalah di matholi’ul falah Pati, Muadalah takmirul Islam Surakarta, Muadalah Darussalam Gontor Ponorogo.

santri peserta lomba kaligrafi pondok pesantren

jenjang pendidikan pondok pesantren setingkat perguruan tinggi

Pada saat ini Kementerian agama sudah meluncurkan aturan yang mengatur tentang pondok pesantren setingkat perguruan tinggi. pondok pesantren ini disebut dengan ma’had aly.

yang mana santri nya disebut dengan mahasantri. seperti di Pondok Pesantren Ma’had Aly Al Mubaarok Manggisan Wonosobo Jawa Tengah

baca :

begitulah layanan dan jenjang pendidikan di pondok pesantren yang mana ternyata pondok pesantren menawarkan berbagai satuan pendidikan yang bermacam macam.

tentunya setelah melalui pertimbangan masing masing pondok pesantren dalam melakukan pemilihan satuan pelayanan pendidikan.

jadi anda tidak perlu khawatir dengan ijazah pesantren tidak bisa meneruskan ke perguruan tinggi atau mencari pekerjaan. karena didalam pesantren itu (biasanya) ada lembaga pendidikan formal semisal SD SMP SMA atau MI MTs MA atau setidaknya nonformal Paket A, B, C ataupun PKPPS ULa Wustha Ulya.

silakan anda tanyakan kepada ustadz ustadzahnya pada saat anda survey lokasi atau pada waktu ujian masuk.

akhirnya terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

Santri kelas 1 PKPPS Wustha pada Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien Kebakkramat Karanganyar

6 Comments on “Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*