Hal Hiya Artinya jawaban cara menjawab Bahasa Arab Indonesia

Hal Hiya Artinya jawaban cara menjawab Bahasa Arab Indonesia

Hal Hiya Artinya dalam bahasa Arab adalah siapakah dia (untuk perempuan atau wanita?

Kata ini Merupakan kalimat Bahasa Arab untuk bertanya tentang seseorang wanita. Ingat, hiya (هِيَ) dalam Ilmu nahwu (tata bahasa Arab) untuk perempuan. Sedangkan laki laki atau pria memakai kata huwa (هُوَ).

pontren.com – assalaamu’alaikum,tanpa banyak basa basi, mari langsung membahasnya secara arti kata maupun cara rumusan menjawabnya.

Tulisannya menggunakan huruf hijaiyah adalah seperti ini

هَلْ هِيَ ……. ؟

Lazimnya setelah kata هَلْ هِيَ berupa kata yang merujuk kepada nama seseorang, profesi pekerjaan atau apapun itu berjenis kelamin wanita atau perempuan, bahasa gaulnya adalah cewek.

Arti terjemahnya dalam Bahasa Indonesia kalimat kosakata ini jika diurai adalah sebagai berikut;

  • Hal artinya apakah;
  • Hiya artinya dia (untuk perempuan).

Hal hiya artinya dan cara menjawab

Setelah paham makna dan cara memakai beserta artinya, mari kita menuju cara menjawab pertanyaan menggunakan kata hal (هَلْ).

Dalam menjawab pertanyaan berbahasa Arab yang awalnya menggunakan kata hal (هَلْ) maka 2 pilihan untuk meresponnya yaitu dengan menjawab “iya” yang dalam bahasa Arabnya adalah na’am (نَعَم) atau dengan “tidak” bahasa Arabnya adalah laa (لَا)

Contoh pertanyaan dengan kata hal bersambung dengan hiya beserta jawabannya memakai kosakata kata na’am misalnya seperti ini;

هَلْ هِيَ تِلْمِيْذَةٌ؟ نَعَم, هِيَ تِلْمِيْذَةٌ

Teks Arab; Hal hiya tilmidzatun? Na’am hiya tilmiidzatun, artinya apakah dia seorang murid perempuan? Ya, ia seorang siswi.

Contoh kedua;

هَلْ هِيَ مُوَظَّفَةٌ؟ نَعَمْ, هِيَ مُوَظَّفَةٌ

Hal huwa muwadhdhofatun? Na’am hiya muwadhdhofatun artinya apakah dia seorang pegawai perempuan? Ya ia adalah seorang pegawai wanita.

Contoh nomor tiga mengenaipertanyaan apakah dia seorang ibu guru?

هَلْ هِيَ مُدَرِّسَةٌ؟ نَعَمْ, هِيَ مُدَرِّسَةٌ

Hal hiya mudarrisatun? Na’am hiya mudarrisatun, artinya dalam bahasa Indonesia yaitu apakah dia seorang pengajar (perempuan/wanita)? Ya dia adalah seorang ibu guru.

Hal hiya dan jawaban menggunakan kalimat kata tidak dalam bahasa Arab

Pastinya tidak keseluruhan kata tanya menggunakan kata hal hiya (هَلْ هِيَ) yang artinya siapakah dia untuk perempuan atau wanita mendapat jawaban kata na’am (نَعَم) yang artinya adalah “iya”.

Bisa saja jawabannya yang dipakai menggunakan kata laa (لَا) artinya adalah tidak. Hal ini bergantung dengan situasi dan keadaan.

Seperti apakah contoh kalimat menggunakan kata hal hia beserta jawabannya dengan menggunakan kosakata tidak?

Monggo sampean simak contoh sebagai berikut dibawah ini.

Contoh kesatu;

هَلْ هِيَ فَلَّاحَةٌ؟ لَا, هِيَ كَنَّاسَةٌ

Hal hiya fallaahatun? Laa hia kannaasatun artinya adalah apakah dia seorang petani perempuan? Tidak, dia seorang wanita tukang sapu.

Contoh selanjutnya tetap dalam rangka menjawab pertanyaan hal menggunakan kata “tidak” untuk memberikan respon pertanyaan.

هَلْ هِيَ طَبِيْبَةٌ؟ لَا, بَلْ هِيَ مُمَرِّضَةٌ

Hal hiya thobiibatun? Laa, bal hiyya mumarridhatun artinya adalah, apakah dia seorang dokter perempuan? Tidak, akan tetapi dia seorang perawat (perempuan).

Satu lagi contohnya kami haturkan kepada sampean yaitu kalimat menggunakan kata ini sebagaimana berikut;

هَلْ هِيَ أُسْتَاذَةٌ؟ لَا, هِيَ طَالِبَةٌ

Apakah dia seorang ibu guru? Tidak, dia adalah seorang siswi.

Kesimpulan

Berikut adalah kesimpulan mengenai kosakata bahasa Arab dalam menggunakan kalimat tanya memakai kata hal (هَلْ)

  • Bahasa arabnya hal hiwa artinya dalam bahasa Indonesia adalah apakah dia (perempuan).
  • Hiya untuk menanyakan seorang perempuan atau cewek. Pastikan sampean menjawabnya dengan memilih jawaban yang menunjukkan kepada wanita atau perempuan.
  • Adapun rumus atau cara menjawabnya yaitu dengan kata na’am atau laa pada wal permulaan kata (memilih menjawab antara iya dan tidak).

Demikianlah tulisan Bahasa Arab mengenai bertanya menggunakan kata apakah untuk wanita, harapan kami semoga membantu siapaun dalam menjawab soal bahasa Arab baik ulangan LKS maupun ujian semesteran. Salam kenal saja untuk sampean yang baik hati dan akhirnya wassalaamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*