Kalimat Bahasa Arab tentang Jam dan Waktu beserta Artinya

kalimat bahasa arab tentang jam
Share

contoh kalimat dalam bahasa Arab tentang Jam atau waktu lengkap dengan artinya terjemah Bahasa Indonesia untuk anak didik siswa siswi murid MI SDIT MTs maupun SMP Islam terpadu.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang para pembaca internet yang bukan lagi “kutu buku”, salam kenal semuanya.

Kali ini kita akan mengetengahkan beberapa contoh kalimat yang didalamnya mengandung kata tentang jam atau waktu dalam Bahasa Arab.

Sekaligus kami lampirkan teks latin dan artinya bahasa Indonesia untuk memudahkan dalam mempelajari bacaannya maupun dalam penulisan menggunakan huruf hijaiyah.

baca : Kosakata Bahasa Arab tentang Jam

Misalnya dalam ujian atau soal ulangan ada pertanyaan yang berbunyi,” buatlah 5 kalimat dalam bahasa arab yang memuat didalamnya memuat tentang jam atau waktu, beserta artinya.”

Langsung saja tanpa basa basi berikut yang bisa kami sampaikan.

Contoh kalimat bahasa Arab tentang Jam

Dalam pelajaran bahasa Arab, biasanya soal dan jawabannya seputar tentang sekolah, belajar, rumah, peralatan pembelajaran serta teman maupun kawan.

Kami mencoba membuat kalimat berdasarkan berbagai acuan umum dalam buku pelajaran mapel B. Arab.

Contohnya yang pertama sebagai berikut,

أَنَا أَذْهَبُ إلَيْ الْمَدْرَسَةِ فِيْ السَّاعَةِ السَّابِعَةِ صَبَاحًا

Ana adzhabu ilal madrasati fis saa’atis saabi’ati shobaahan artinya saya berangkat ke sekolah jam 7 (tujuh) pagi.

Selanjutnya adalah contoh kalimat pulang sekolah dalam bahasa arab dan didalamnya mengandung kata jam atau waktu kepulangan.

يَرْجِعُ حَمْدَانُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ فِيْ السَّاعَةِ الْوَاحِدَةِ وَ نِصْفِ

Yarji’u Hamdaaanu minal madrasati fis saa’atil waahidati wa nishfi artinya Hamdan kembali (pulang) dari sekolahan jam setengah dua (jam 13.30).

Sekarang kita meningkat pada contoh yang agak rumit ada kata jam seperempat maupun menit.

Berikut contohnya,

أُصَلِّي صَلَاةَ الظُّهْرِ فِيْ الْمَسْجِدِ ثُمَّ أَدْعُو اللهَ, ثُمَّ أَرْجِعُ مِنَ الْمَسْجِدِ فِيْ اَلسَّاعَةِ الثَّانِيَّةِ عَشْرَةِ و رُبُع

Usholli sholaatadh dhuhri fil masjidi, tsumma ad’ullaaha, tsumma arji’u minal masjidi fis saa’atits tsaaniyah asyarah wa rubu’

Saya sholat dhuhur di masjid kemudian berdoa, selanjutnya saya kembali dari masjid jam dua belas lebih seperempat.

Contoh kalimat Waktu Bahasa Arab

Sebenarnya sama saja sih jam dan waktu maksudnya dalam mapel B. Arab, mari kita lanjutkan kembali contoh kalimat bahasa Arab tentang waktu.

Mari kita melanjutkan lagi.

أَنَا أَتَعَلَّمُ الدُّرُوْسَ فِيْ غُرْفَةِ الْمُذَاكَرَةِ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ فِيْ مُنْتَصَفِ السَّاعَةِ الثَّامِنَةِ لَيْلًا

Ana ata’allamud duruusa fii ghurfatil mudzaakarati ba’da sholaatil ‘isyaa’i fi muntashofis saa’atits tsaaminati artinya saya belajar pelajaran pelajaran di ruang belajar setelah sholat isya jam setengah delapan malam.

أَذْهَبُ إِلَيْ الْمَقْصَفِ فِيْ وَقْتِ الْإِسْتِرَاحَةِ, أِشْتَرِي الشَّرَابَ وَ الْأَطْعِمَةَ, وَ أَدْخُلُ الْفَصْلَ فِيْ السَّاعةِ العَشْرَةِ

Adzhabu ilal maqshofi fi waqtil istiroohati, asytarisy syarooba wal ath’imata wa adkhulul fashla fis saa’atil ‘aasyiroti.

Saya pergi ke kantin, membeli minuman dan makanan makanan, dan masuk kelas jam sepuluh.

Nah satu lagi contohnya kalimat bahasa tentang jam dan waktu dalam bahasa Arab.

Berikut misalnya yaitu;

فِي أَيِّ سَاعَة تَذْهَب إِلَى الْمَدْرَسَة؟ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَة وَالرُّبْع

Fii ayyi sa’atin tadzhabu ilal madrosati? Fis saa’atis saadisati warrubu’i artinya pada jam berapakah kamu (laki-laki) berangkat ke sekolah? Pada jam enam seperempat (6.15).

Penutup

terima kasih telah berkunjung ke Blog sederhana ini, sampean ada kritik saran perbaikan silakan anda tulis pada kolom komentar, atau hendak memberi komentar apapun tentu akan membuat kami lebih perhatian.

Nah saya kira cukup lumayanlah beberapa contoh bahasa arab tentang jam beserta artinya dan terjemah Bahasa Indonesia. Semoga membantu dan salam kenal, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *