Mengaji alquran 1 juz berapa menit (Percobaan Menghitung dan Hasilnya)

Share

Mengaji alquran 1 juz berapa menit Percobaan mengukur waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan bacaan al-Qur’an satu juz dalam hitungan menit bagi yang lancar membaca akan tetapi tidak terlalu tergesa gesa, termasuk cepatlah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, bulan ramadan masjid menjadi semarak dengan keberadaan orang yang mengaji membaca mushaf al-Qur’an.

Ada kelompok kelompok yang melakukan tadarus, biasanya anak sekolah atau remaja mengaji setelah selesai salat tarawih, sedangkan nanti para senior dan orang dewasa melanjutkannya pada waktu setelah para anak sekolah dan remaja berhenti.

Adapula yang campur antara anak sekolah, remaja, orang tua, bisa jadi karena sedikitnya jamaah yang mengaji tadarus al-Qur’an. Seperti misalnya pada langgar kampung kecil atau mushalla keluarga.

Jumlah Lembar dalam 1 Juz Al-Qur’an

Kembali lagi durasi waktu dalam menit untuk menyelesaikan bacaan mengaji maka kita perlu data dan faktanya.

1 menit = 60 detik, bisa saya katakan ini semua orang mengetahuinya, bukan hal yang istimewa paham semenit adalah 60 detik anak SD pun juga paham.

1 juz dalam lembar dan jumlah ayat. Dalam mushaf, ada yang mencetak 1 juz sebanyak 10 lembar, pernah juga saya menghitung lembar al-Qur’an cetakan arab yaitu 1 juz adalah 9 lembar.

santri pondok tahfidz
Evi Damayanti menyimak Zahra Nada mengaji dirumah (baarakallahu lahumaa, aamiin)

Jadi tidak ada ketentuan baku perihal jumlah dalah satu juz alQur’an.

Lah bisa beda dong antara 10 lembar dan 9 lembar waktu yang perlu untuk membacanya?

Mestinya engga juga, karena dalam jumlah ayatnya sama.

Maksudnya juz 1 pada alquran yang 9 lembar mestinya sama jumlahnya alias tidak berbeda dengan alquran yang satu juz nya 10 lembar.

Pengertian Selembar dan satu halaman dalam Al-Qur’an menurut Ibu Saya

Nah kemaren saya mencoba menghitung waktu orang mengaji dalam satu lembar bolak balik.

Bahasa ibu saya, sak rai itu satu halaman atau satu muka halaman. Sedangkan sak lembar maksudnya adalah 2 lembar halaman bolak balik.

Dalam tulisan ini maksudnya halaman sebagaimana maksud ibu saya yaitu selembar bolak balik.

Kembali lagi, percobaan menghitung orang yang mengaji 1 lembar (bolak balik) yaitu nyaris memakan waktu 4 menit (kurang beberapa detik).

Ini untuk model 8 lembar. Mestinya beda waktu untuk mushaf dengan 10 lembar jika bacanya per-lembar, tetapi mestinya sama saja jika estimasi dalam satu juz.

Cara Mengukur dalam Hitungan Lembar ke menit

Cara bacanya bagaimana?

pada pengukuran kali ini model yang membaca termasuk Lancar, agak cepat, ya kira kira anda bayangkan anak SD atau SMP yang tadarus dengan lancar bacaan al-Qur’an.

Adapun al-Qur’an yang dibaca tadi yaitu al-Qur’an bantuan Kementerian Agama yang berwarna hijau, mungkin anda pernah melihatnya, tulisannya klasik sebagaimana khot zaman dahulu.

Sejujurnya sewaktu kecil saya susah membacanya apalagi jika huruf nun sebelum kho atau ha maupun jim.

Nah sekarang sampean tinggal mengkalikan saja, 4 menit kurang sekian detik kali 8 lembar.

Maka ketemunya adalah 32 menit, tadi ada kekurangan beberapa detik, maka kita bulatkan menjadi 30 menit alias setengah jam.

Sepertinya yang saya hitung waktu membaca dalam satu juz membacanya dengan konstan, dan waktu selesai 1 juz juga kisaran 30 menit.

Begitu pula laporan ibu permaisuri, bahwasanya dalam waktu setengah jam bisa menyelesaikan bacaan 1 juz al-Qur’an.

Beda Kecepatan Membaca pasti mempengaruhi Waktu

Nah anda bisa lebih cepat lagi, mungkin 1 juz kisaran 20-25 menit.

syaratnya anda membaca dengan sangat cepat atau sampean murajaah hafalan al-Qur’an.

Jika njenengan membaca dengan tartil atau sangat tekun dan begitu meresapi, tentu lebih dari 30 menit, bisa 40 atau 50 menit.

tergantung gaya dalam membaca, apakah sangat pelan, sangat pelan banget atau super pelan dalam hal kecepatan, bukan volume.

Nah itulah percobaan melakukan estimasi membaca alquran dalam satu juz memerlukan waktu berapa lama.

Yang hasil menghitung dalam percobaan sekitar 30 menit dengan kecepatan baca anak sd smp yang fasih bacaannya saat tadarus.

Sampean bisa mencoba melakukan estimasi berapa menit sampean bisa menyelesaikan satu juz dengan menghitung 1 wajah halaman, atau satu lembar bolak balik dalam satuan menit.

Selanjutnya anda kalikan jumlah halaman untuk 1 juz al-Qur’an yang sampean gunakan.

maka ketemulah estimasi waktu untuk mengaji al-Qur’an dalam satu juz.

Salam kenal, ciao, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.