Kriteria Penilaian Lomba Baca Puisi SMA Format Blangko Nilai

Kriteria Penilaian Lomba Baca Puisi SMA Format Blangko Nilai mengacu kepada Juknis dalam FLS2N jenjang sekolah menengah atas sebagai pedoman dalam standar dan aspek menilai peserta yang maju perlombaan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Bahwasanya bidang lomba baca puisi masuk dalam kategori seni pertunjukan dalam cabang lomba FLS2N SMA.

Apa sih FLS2N?

FLS2N Merupakan singkatan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang pelaksanaannya untuk pertandingan mulai dari jenjang SD SMP dan juga SMA.

Bidang baca puisi ini memiliki pengertian yang menyebutkan bahwa Dalam seni pertunjukan, penilaian ditentukan oleh kualitas penampilan, sedangkan dalam seni penciptaan, penilaian ditentukan oleh kualitas karya yang direpresentasikan melalui rentang nilai per juri sebagai berikut:

Persyaratan Bidang Lomba Baca Puisi

Ada 7 persyaratan dalam bidang perlombaan baca puisi untuk kegiatan FLS2N tingkat SMA yaitu;

  1. Peserta tidak ditentukan berdasarkan jenis kelamin (putra atau putri).
  2. Peserta memakai aksesoris dengan unsur kedaerahan (bukanpakaian tradisional) dengan memperhatikan kesopanan serta aspek kenyamanan pada saat sedang membacakan puisi.
  3. Setiap Peserta membacakan satu puisi wajib dan sebuah puisi pilihan (daftar puisi wajib dan puisi pilihan terlampir).
  4. Karena masa itu sedang musim covid, Pembacaan puisi dari awal hingga akhir dilakukan di rumah, sekolah, atau tempat lainnya dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  5. Pada tingkat nasional, peserta wajib membuat video baru dengan menggunakan roll up banner dan kebebasan dalam memilih puisi pilihan yang telah disediakan panitia.
  6. Peserta tidak diperkenankan membuat perubahan baik berupa mengurangi atau menambahkan apa pun, nyanyian,dan pengulangan bait tertentu pada puisi yang dibacakan.
  7. Para Peserta dilarang memakai alat bantu apa pun, baik berupa iringan musik maupun alat bantu lainnya, misalnya topeng, pelantang suara (mikrofon, clip on) atau riasan berlebihan yang membuat wajah berubah atau tidak dikenali.

Tentunya dengan berlalu pembatasan karena virus covid-19 maka ketentuan lokasi dan tata cara lomba menjadi berubah, namun tidak menutup pula untuk efisiensi anggaran maka lomba secara online.

Kriteria Penilaian Lomba Baca Puisi download format nilai dalam form blangko

Ada 4 (empat) aspek yang dinilai dalam perlombaan bidang baca puisi beserta komponen – komponen dan unsur yang menjadi penyangga aspek penilaian ini.

Adapun 4 (empat) aspek penilaian baca puisi adalah;

  1. Penafsiran;
  2. Penghayatan;
  3. Vokal; dan
  4. Penampilan.

Dari keempat aspek ini mempunyai bobot nilai masing masing dan juga komponen dari setiap aspeknya.

Lebih jelas ketentuan format nilai lomba membaca puisi adalah sebagai berikut;

Penafsiran dengan bobot nilai 30%;

  • Pemahaman isi puisi

Penghayatan dengan bobot nilai 30%;

  • Ketepatan emosi pembaca dengan puisi yang dibacakan
  • Daya konsentrasi
  • Ekspresi

Vokal dengan bobot nilai 25%;

  • Kejelasan artikulasi membaca
  • Penguasaan tempo membaca
  • Penguasaan dinamika membaca
  • Penguasaan ritme membaca

Penampilan dengan bobot nilai 15%

  • Totalitas
  • Keutuhan penampilan

Dari standar nilai untuk perlombaan dalam pembacaan puisi ini kemudian kami membuat form lembar blangko nilai sebagaimana penampakan berikut ini.

Kami membuatnya dalam format doc ms word untuk memudahkan dalam mengunduh serta mengubah kop maupun hal lain yang hendak anda perlukan.

Harapannya bagi para panitia kegiatan, atau dewan juri menjadi lebih mudah dalam menyiapkan lembar penilaian perlombaan.

Jika hendak mengunduhnya kami menyiapkan tautan sebagai berikut ini;

Demikian informasi pada pagi ini, maturnuwun sudah datang berkunjung pada blog sederhana ini, salam kenal, wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Tinggalkan komentar