Gunane Cangkriman Yaiku

gunane cangkriman yaiku
Share

Gunane cangkriman, biasane gunane kanggo apa, tujuan nulis lan sak piturute, ana ing brainly ana pilihan jawaban yaiku a. Ora ana gunane; b. Kanggo panglipur; c. Kanggo olok-olok; d. Kanggo ngece kancane. Jawaban sing bener yaiku kanggo panglipur, isih ana 2 (loro) maneh gunane.

pontren.com – assalaamu’alaikum, wilujeng enjang, selamat pagi, kali ini kita akan membahas apa fungsi kegunaan dan manfaat dari teka teki tebakan bahasa Jawa, basa jawane apa gunane cangkriman.

Dalam pilihan jawaban pada brainly pilihannya adalah a. Tidak ada gunanya; b. Untuk menghibur atau hiburan; c. Untuk mengolok-olok; dan d. Untuk mengejek atau menghina, maka jawaban pilihan yang benar ini fungsi atau manfaat cangkriman yaitu sebagai hiburan atau menghibur, bermain-main.

Selain sebagai hiburan, ada manfaat lain dalam menulis cangkriman ini. Hal ini setidaknya bisa saya rasakan saat menulis berbagai macam batangane cangkriman lan ukarane.

Setidaknya ada 2 manfaat dalam menulis teka teki dalam Bahasa Jawa.

Gunane Cangkriman

Sebutna apa wae gunane cangkriman basa Jawa loro (2) wae!

Berikut ini beberapa hal mengenai manfaat cangkriman basa Jawa yang saya rangkum dari berbagai sumber;

Biasanya orang bermain tebak tebakan kata menjawab teka teki saat sedang santai, rileks berkumpul dengan keluarga atau teman.

Pada saat seperti ini ngobrol kesana kemari dan juga bercerita banyak hal.

Jika mengalami habis bahan obrolan, cangkriman atau tebak tebakan kata bisa menjadi selingan untuk bergembira dan bercanda.

Dalam bahasa jawa, untuk menghibur atau hiburan disebut dengan kata kanggo panglipur.

Jadi salah satu manfaat gunane cangkriman yaiku kanggo panglipur.

Fungsi yang kedua adanya cangkriman manfaatnya adalah untuk mengasah otak.

Cangkriman adalah suatu pertanyaan atau ukara unen unen kang kudu dibedhek utawa dibatang. Sesuatu yang harus dijawab.

Dari menjawab cangkriman atau teka teki ini membutuhkan pikiran, ada yang mudah, adapula yang perlu memeras pikiran untuk menjawabnya.

Dengan berusaha keras menjawab maka akan membuat seseorang berpikir dan mengasah otak menjawabnya.

Dengan berpikir keras membuat otak bekerja lebih baik dan juga menjaga pikiran tetap waras. Jadi manfaat yang kedua atau gunane cangkriman kang angka loro (2) yaiku kanggo ngasah otak.

Ana akeh tembung lawas ana ing cangkriman kang ora di mangerteni bocah millenial, namung amarga sinau lan mangerteni cangkriman saengga weruh ukara tembung lawas basa jawa.

Ada banyak kosakata ataupun ungkapan lama dalam cangkriman. Dan kenyataannya banyak anak millenial yang tidak paham atau bahkan sama sekali tidak punya ide apa artinya.

Dengan belajar cangkriman ini maka mereka menjadi paham dan mengerti adanya kosakata atau kalimat (tembung utawa ukara) dalam bahasa Jawa.

Artinya nuwuhake karukunan wong kang dolanan cangkriman adalah menumbuhkan kerukunan antara orang orang yang bermain tebak tebakan ini.

Dengan bermain tebakan kata bahasa Jawa menjadikan orang-orang semakin akrab dan dekat sehingga menumbuhkan kerukunan antara mereka.

Dudutan

Dudutan tegese yaiku kesimpulan.

Kesimpulan manfaat cangkriman adalah (setidaknya ada 4)/gunane cangkriman yaiku (sak ora orane ana 4):

  • Kanggo panglipur (untuk menghibur);
  • Ngasah otak (mengasah otak);
  • Sinau Basa Jawa (belajar bahasa Jawa); lan
  • Nuwuhake kerukunan (menumbuhkan kerukunan).

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, salam kenal, wilujeng enjang selamat pagi dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *