Ciri-ciri Teks Narasi Bahasa Jawa

Ciri-ciri teks Narasi Bahasa Jawa

Ciri-ciri Teks Narasi Bahasa Jawa ana 3 (telu) yaiku; 1) Awujud cerita ngenani kedadeyan, 2) Disusun adedhasar urutan wektu kedadeyan, 3) Katrangan ngenani papan, tokoh, lan wektu digambarake kanthi cetha, kuwi mau titikane teks narasi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten, selamat sore para pelajar utamanya anak didik siswa pada jenjang pendidikan kelas 4 SD maupun santri pada Madrasah Ibtidaiyah.

Kali ini kita akan membahas apa saja ciri-cirinya teks narasi menggunakan bahasa Jawa yang kami buat lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Jadi jika ada pertanyaan yang berbunyi; aranana 3 ciri-ciri teks narasi bahasa jawa! (sebutkan tiga cirinya teks narasi dalam Bahasa Jawa!) maka jawabannya adalah sebagai berikut ini.

Ciri-ciri teks narasi Bahasa Jawa

Titikane teks Narasi Basa Jawa ana 3 (telu) yaiku; (cirinya teks narasi dalam Bahasa Jawa ada 3 yaitu);

  1. Awujud cerita ngenani kedadeyan, (berupa atau berwujud cerita berkenaan dengan kejadian)
  2. Disusun adedhasar urutan wektu kedadeyan, (disusun berdasarkan urutan waktu kejadian)
  3. Katrangan ngenani papan, tokoh, lan wektu digambarake kanthi cetha. (keterangan tentang lokasi, tokoh dan wektu digambarkan secara jelas).

Pangertene teks narasi Basa Jawa yaiku teks kang ngandharake lelakon utawa kedadeyan anut urutan wektu (kronologis), ana paraga, latar, lan alur.

Pengertian teks narasi dalam Bahasa Jawa adalah sebagaimana diatas yang artinya “ Teks yang menjabarkan kisah atau kejadian mengacu urutannya waktu (kronologis) ada tokoh, latar dan alur.

Saka ngendi bahane teks narasi? Dari mana asal bahan tulisan untuk membuat teks ini?

Bahane teks teks narasi bisa saka pengalaman uripe manungsa utawa saka asil rekadaya pikirane pengarang dhewe. Bahannya bisa dari pengalaman hidupnya manusia atau dari hasl usaha pikiran sang pengarang itu sendiri.

Kawruh Sapala lan Tegese (artinya)

Dalam buku tantri basa klas 4 berkenaan dengan narasi, ada beberapa kosakata sulit yang sekiranya pantas untuk kami ketengahkan lengkap dengan arti dan maksudnya beserta terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Berikut ini kawruh sapala dalam bacaan yang kami maksud. Oh iya, kawruh tegese yaiku sêsurupan (olèh-olèhaning pangudi), ngèlmu. Sapala tegese yaiku kang enteng, ora abot, remeh, sepele.

Jadi artinya kawruh sapala dalam Bahasa Indonesia adalah pengetahuan yang sifatnya ringan-ringan saja, kira kira seperti itu maksudnya.

protholan tegese yaiku ora nutugake sekolah artinya tida meneruskan pendidikan sekolah.
tilar donya tegese yaiku mati, pejah, seda, artinya mati, meninggal dunia.
ngregeli tegese yaiku ndhredheg, ngowel artinya adalah gemetaran.
korat-karit tegese yaiku morat-marit artinya adalah tidak karu-karuan.

njungkel tegese yaiku tiba sirahe dhisik artinya adalah jatuh dengan posisi kepala duluan yang mendarat.
nlusuri tegese yaiku nlesih, nggoleki artinya mencari dengan cermat, menelusuri.
gaduk-gaduk tuna tegese yaiku sikile ora pati tekan artinya adalah kakinya tidak begitu sampai (ke lokasi yang hendak diinjak).

Demikianlah informasi tambahan sore ini mengenai titikane teks Narasi Basa Jawa lengkap dengan pengertiannya dan arti terjemah kedalam Bahasa Indonesia.

Akhirnya terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *