Terjemah Kitab Al-Hikam

Pontren.com – download terjemah kitab al hikam format PDF bisa di convert dalam file doc menggunakan converter online offline menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Dilansir dari situs website resmi nahdlatul ulama, disebutkan bahwa menurut Kyai Haji Syiham Ahmad Syakir Lasem Rembang (Gus Shihab), cucu dari H Ma’sum Lasem bahwasanya al hikam merupakan kitabnya orang tua, dimaksudkan diperuntukkan bagi orang yang sudah mendalam dalam keilmuan

Baca;
Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim
Terjemah Kitab Safinatun Najah
Terjemah Kitab Sullamut Taufiq

Pada kalangan pondok pesantren, kitab al-hikam hanya diperuntukkan bagi santri yang sudah senior dalam umur serta keilmuan atau tingkat atas. Ukurannya kira kira ilmu nahwu sudah jos gandhos, kitab fiqh yang besar sudah di lampaui dan banyak mengkaji kitab akhlak serta tasawuf

Contoh pembelajaran kitab al hikam semisal pada pondok pesantren Rinungagung Kediri, dimana mbah Khozin membuka kajian pengajian kitab ini bagi para alumni yang telah memiliki kedudukan sebagai kyai maupun guru-guru

Pengarang Kitab Al-Hikam

Bagi yang ingin mengetahui siapakah pengarang kitab al hikam, maka berikut informasinya.

Kitab al Hikam ditulis oleh Syaikh Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Atho’illah As Sakandandari, adapula yang membacanya dengan al Iskandari. Beliau dilahirkan di Wilayah mesir pada masa 648 Hijriyah atau bersamaan dengan tahun 1250 masehi. Wafat pada tahun 1309 di Kairo Mesir.

Julukan dari al Iskandari atau As Sakandari kepada Ibnu Athaillah merujuk kepada kota kelahiran tokoh ini yaitu lahir di Iskandariyah.

Dalam madzhab, beliau bermadzhab maliki dan menjadi guru pada tarekat asy syadzaliyah setelah Abul Hasan Asy Syadzili dan Abul Abbas Ahmad Ibu Ali Al Anshori al Mursi.

Ibnu Athaillah adalah orang yang pertama melakukan penghimpunan ajaran, pesan, doa serta biografi dari kedua guru tarekat ini sehingga khazanah thoriqoh shadzaliyah terdokumentasikan hingga masa sekarang.

Beberapa kitab karangan dari Syaikh Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Athaillah yaitu;

Al Tanwir Fi Isqath al Tadbir
Unwan At Taufiq Fi’dab al Thariq
Miftah al Falah
Al Qoul Al Mujarrad fi al Ism al Mufrad (Tanggapan terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang persoalan tauhid).

Tentang kitab al-Hikam.

Dalam bahasa inggris, kitab ini diartikan sebagai the book of wisdom. Pengarang dari kitab ini merupakan ulama tasawuf, selain itu juga terkenal sebagai pengajar pada universitas al Azhar, ahli hadits, serta fiqih madzhab Maliki.

Berdasarkan tulisan H Hannan pada digilib uinsby ac id bahwasanya kitab ini tidak ditulis sendiri oleh sang pengarang, akan tetapi dengan metode di diktekan kepada sang murid yang memiliki nama Syaikh Taqy al Din Al Subi, yaitu seorang ahli fiqh serta kalam yang terkenal dalam ketelitian serta kejujuran.

Banyak syarah dari kitab ini yang diantaranya disusun oleh Muhamman bin ibrahim bin Ibad ar Rundi, Syekh Ahmad Zarruq dan Ahmad bn Ajiba.

Download terjemah kitab al-Hikam

Berikut adalah tautan guna mengunduh file matan kitab Al Hikam beserta terjemahannya dalam format PDF.

Jika anda menginginkan format file yang bisa di edit pada microsoft word anda bisa convert atau mengubahnya menjadi file microsoft word dengan bantuan converter pdf to word secara online atau menggunakan aplikasi secara offline.

Penampakan hasil download bisa anda lihat sebagaimana file diatas yang bisa anda scroll atas bawah. Selain itu jika anda tidak ingin mengunduhnya anda bisa melihat file dimaksud tanpa perlu repot repot untuk download file nya.

Download terjemah al hikam

Demikian semoga menambah wawasan dalam keilmuan dan meningkatkan kualitas kebijaksanaan serta mendalamkan keikhlasan dan tawadhu dalam beribadah dan muamalah

Salam ayo mondo.

loading...

Silakan berkomentar