Metode Penyampaian Materi TPQ An Nahdliyah

Metode Penyampaian Materi TPQ An Nahdliyah

Metode Penyampaian TPQ An Nahdliyah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam KBM, proses transfer ilmu dari pendidik ustadz ustadzah TPQ kepada santrinya, metode An Nahdliyah memiliki beberapa metode dalam penyampaiannya.

Ada 4 (empat) metode penyampaiannya yaitu;

  • Demonstrasi;
  • Drill;
  • Tanya Jawab
  • Ceramah

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sekilas uraian penjabaran.

Metode Demonstrasi

Maksud dari metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.

Dalam hal ini guru atau Ustadz ustadzah pada Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ atau TPA) yang menggunakan metode An-Nahdliyah mempraktekkan, atau mencontohkan materi bahan pembelajaran.

Misalnya dengan cara mengucapkan secara benar huruf-hurufnya, kemudian memberikan contoh membaca huruf hijaiyah yang benar sesuai dengan ketukan untuk mendapatkan panjang pendek yang benar.

Metode drill

Menurut SYAHRAINI TAMBAK dalam makalahnya yang berjudul Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode drill adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran pendidikan agama Islam dengan jalan melatih peserta didik secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dalam bentuk lisan, tulisan, maupun aktivitas fisik agar peserta didik memiliki ketangkasan atau keterampilan yang tinggi dalam menguasai bahan pelajaran, memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu keterampilan supaya menjadi permanen 1)

1) https://repository.uir.ac.id/2009/1/metode%20drill%20dalam%20pembelajaran%20pai.pdf

Dalam hal ini guru TPQ pada lembaga yang menggunakan metode An Nahdliyah melakukan latihan baik pertanyaan maupun lomba dan juga mencontohkan secara berulang-ulang yang tujuannya meningkatkan kemampuan santri khususnya dalam membaca al-Qur’an.

Metode Tanya Jawab

Sudah jelas apa maksud dari metode ini. Yaitu guru memberikan waktu kepada murid untuk bertanya apa yang dia tidak paham. Kemudian ustadz ustadzah menjawab dan menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan dari muridnya.

Dapat juga berupa metode seperti ujian lisan, yaitu guru menanyakan materi yang sudah diajarkan. Selanjutnya murid menjawab apa yang menjadi pertanyaan dari pendidik.

Dari jawaban santri anak didik TPQ ini guru bisa mengukur dan memperkirakan sampai dimana pemahaman anak didik tentang materi pelajaran yang sudah didapatkan.

Metode ceramah

Maksud dari metode ceramah yaitu ustadz memberikan penjelasan sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan.

Pada awal pembelajaran, guru atau ustadz ustadzah TPQ memberikan penjelasan dan menerangkan tentang isi dari materi pembahasan pada pelajaran.

Adakalanya dalam metode ini guru bisa menyisipkan pula metode tanya jawab dan metode drill untuk meningkatkan kemampuan santri dalam menangkap materi.

Demikianlah 4 cara atau metode penyampaian materi pada metode an Nahdliyah untuk lembaga berbasis TPQ atau TPA baik yang ada pada lingkungan masjid maupun sekolahan dan juga perumahan.

Maturnuwun sudah mampir, akhirnya wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.

Sumber :
https://etheses.iainkediri.ac.id/4711/3/932109015_bab2.pdf
lain-lain

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*