Cagak Lek Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Cagak Lek Tegese, Kalebu Tembung, Tuladha Ukara
penggunaan istilah cagak lek dalam suku Jawa untuk bertahan terjaga yang lazimnya dengan permainan catur ataupun kartu

Unen unen tembung cagak lek tegese yaiku sarana betah melek, artinya adalah tiang berjaga (melek), maknanya adalah sarana agar bisa tetap melek alias tidak tidur. Kalebu jenise basa rinengga tembung entar basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat pagi para pembaca internet yang budiman.

Kali ini kita akan membahas tentang tembung entar basa Jawa kang ateges sarana betah melek. Lazimnya untuk saat mendapat jadwal siskamling berjaga di pos kamling

Atau ada warga yang mempunyai hajatan semisal mantenan pernikahan, sunatan, kelahiran bayi atau ngaji karena adanya kematian seseorang.

Karena ini merupakan tembung entar, yaitu kata yang tidak mempunyai arti sebagaimana artinya harfiah ( tembung sing tegese ora padha karo teges saktenane), maka kita harus memaknai unen unen ini.

Tegese Cagak Lek Yaiku

Sebelumnya, untuk menambah wawasan, mari kita menerjemahkan atau mengartikan secara harfiah (letter lijk) tembung entar ini.

Tegese tembung cagak yaiku pring lan sakpiturute ditrap ngadeg dianggo nyangga. Artinya cagak adalah bambu atau yang lainnya yang dipergunakan untuk menyangga.

Lek asale saka tembung lingga melek, tegese yaiku ora turu, ora merem.

Jadi secara harfiah, maksud dari ungkapan cagak melek ini dalam bahasa adalah sebagai tiang penyangga agar tidak tidur atau mata tidak terpejam, tetap melek terjaga.

Yang dalam basa Jawa kita bisa mengatakan dengan apa-apa sing dianggo sarana murih betah melèk, upama main lan sakpiturute.

Kebanyakan hal yang menjadi sarana agar tetap terjaga tidak tidur adalah permainan memakai k@rtu g@pl3 ataupun r3mi, baik memakai uang ataupun hanya sekedar menghitung skornya.

Tentu apabila menggunakan uang merupakan perbuatan yang melawan hukum dan bisa kena pasal yang membuat orang masuk penjara.

Tuladha Ukara

Berikut adalah contoh kalimat menggunakan kata cagake lek Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Wong sing ana pos kampling padha dolanan skak lan kertu minangka cagak lek. Artinya adalah orang yang ada di pos kampling bermain catur dan kartu sebagai sarana untuk tidak tidur.

Demikian sekedar informasi tambahan tentang tembung entar basa Jawa, maturnuwun sudah mampir, wilujeng dalu selamat siang dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*