Pitik Trondhol Dibubuti Tegese, Contoh Ukara

Pitik Trondhol Dibubuti Tegese, Contoh Ukara

Contoh ukara pitik trondhol dibubuti sing tegese yaiku wong mlarat utawa kere isih dijupuki maneh barang barange utawa dijaluki dhuwite, artinya adalah ayam trondol dicabuti bulunya, maknanya yaitu orang yang miskin masih diambili barang kepunyaannya atau diminta uangnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, jadi dalam macam jenis ayam ada yang bernama cemani, yaitu hitam semua bulu kulit bahkan darah dan tulangnya.

Adapula pitik blorok, yaitu ayam khas peliharaan orang jawa yang bukan ras, memiliki corak seperti blirik namun dengan pola yang lebih besar.

Dan satu ada lagi sebutan untuk ayam yang tidak mempunyai bulu, yaitu pitik trondhol.

Dalam bahasa Jawa tegese trondhol yaiku tanpa wulu (meh ilang kabeh tumrap pitik. Artinya yaitu tanpa bulu, nyaris hilang semuanya untuk ayam.

Wenehana utawa gawea tuladha ukara nganggo tembung saloka kang ateges utawa nduweni teges wong mlarat dikuras barang darbeke! Buatlah contoh kalimat tembung saloka yang mempunyai arti oarang miskin dikuras barang miliknya!

Jadi tentu kita semestinya membuat contoh pemisalan yang menggambarkan keadaan orang yang kere atau miskin harta, dan pada saat yang sama masih harus mengeluarkan biaya lagi.

Tegese pitik trondhol dibubutu, tuladha ukarane contoh ukara kalimatnya

Berikut adalah tuladhane ukarane.

Jaman jarene ekonomi meroket ananging wong cilik kaya pitik trondhol dibubuti amarga rega-rega padha mundhak.

Artinya dari basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ini;

Jaman yang katanya perekonomian meroket, namun orang kecil seperti ayam trondol yang dibubuti bulunya, karena harga-harga pada naik.

Dalam contoh kalimat ini menggambarkan kondisi dari orang kecil yang hidupnya sudah susah, penggambarannya adalah dengan pitik trondol. Jadi bulu-bulu yang menutupinya merupakan ibarat kekayaan atau jumlah uang yang dia miliki.

Yang namanya pitik trondhol tentunya bulunya sangat sedikit sekali, ibaratnya yaitu orang botak nyaris gundul tentunya tidak banyak mempunyai rambut.

Singkatnya pitik trondol adalah ayam yang botak di sekujur badannya.

Dalam kondisi seperti itu masih pula dibubuti wulune, artinya yaitu dicabuti bulunya. Maknanya adalah sudah miskin, harta sangat sedikit atau bahkan minus karena berhutang, masih saja diambili harta barang uang kepunyaannya.

Demikian informasi tentang tembung paribasan saloka Basa Jawa kali ini, wilujeng enjang salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top