Mengenal Shared Hosting Serta Kelebihan dan Kekurangannya

shared hosting kelebihan dan kekurangan

Walaupun saat ini masyarakat sudah memasuki era digital, namun tidak semua orang menyadari pentingnya memiliki website, bahkan mereka yang sudah memiliki bisnis. Padahal ada banyak keuntungan yang didapat dengan memiliki website, terutama jika Anda menjalankan bisnis online.

Dalam mengelola website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti platform hosting yang digunakan. Beli hosting merupakan faktor penting yang menentukan kelancaran pengelolaan website, terutama untuk mereka yang baru pertama kali membuatnya. Salah satu platform yang cukup ramah untuk pemula secara teknis dan harga adalah shared hosting.

Sebagai sebuah platform, jenis hosting ini memiliki berbagai spesifikasi dan fungsi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mereka yang ingin membuat website. Apapun kebutuhan website Anda, baik website bisnis, toko online, company profile, maupun portofolio, sebaiknya pahami dulu apa itu shared hosting serta kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Apa Itu Shared Hosting

Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang menampung sejumlah website dalam satu server fisik yang sama. Layanan yang disediakan oleh server ini digunakan secara bersama-sama. Jenis hosting ini cocok digunakan untuk website dengan tingkat lalu lintas atau jumlah pengunjung yang masih rendah.

Penggunaan shared hosting lebih sesuai untuk pemilik website yang baru memulai operasinya. Kapasitas yang disediakan oleh shared hosting digunakan secara bersama-sama dan biaya yang ditanggung oleh pengguna juga dibagi secara bersama. Inilah yang membuat shared hosting lebih terjangkau dibandingkan jenis hosting lainnya.

Kelebihan dari Shared Hosting

Shared hosting memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya dikenal sebagai platform ramah pemula. Kelebihan-kelebihan tersebut di antaranya adalah:

  1. Harga yang Terjangkau
    Shared hosting menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Hal ini membuatnya sangat direkomendasikan bagi para pengelola situs web yang baru memulai.
  2. Proses Maintenance yang Lebih Mudah
    Dalam shared hosting, kamu tidak perlu repot mengelola masalah server adalah karena tugas tersebut diambil alih oleh penyedia layanan web hosting. Kamu dapat fokus mengelola dan mengembangkan situs web tanpa khawatir tentang server.
  3. Tidak Ribet untuk Pemula
    Shared hosting memudahkan pengguna karena operasional server ditangani oleh provider hosting. Bahkan bagi pemula yang belum memahami pemrograman, mereka tetap dapat mengelola situs web mereka sendiri.
    Namun, jika jumlah pengunjung atau traffic situs web kamu meningkat, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade hosting ke level yang lebih tinggi seperti VPS atau dedicated server. Namun, untuk itu kamu perlu belajar pemrograman secara bertahap.
  4. Cocok untuk Blog dan Website Bisnis
    Shared hosting cocok untuk blog dan website bisnis yang baru dimulai karena harganya terjangkau. Layanan ini juga sesuai dengan anggaran bagi bisnis skala kecil yang ingin mengelola situs web.
  5. Terdapat Akses ke Control Panel
    Dalam shared hosting, kamu akan mendapatkan akses ke control panel yang memudahkan pengelolaan situs web atau blog. Control panel memungkinkan kamu memanfaatkan berbagai fitur, seperti instalasi CMS, mengunggah file, mengelola email, dan lainnya.

Kekurangan dari Shared Hosting

Seperti layanan hosting pada umumnya, shared hosting juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kontrol Server Terbatas
    Penyedia shared hosting memberikan akses terbatas ke server, sehingga pengguna memiliki kontrol yang terbatas. Pengelolaan sepenuhnya diambil alih oleh penyedia hosting karena penggunaan bersama-sama. Jika ada pengguna dengan traffic tinggi, hal ini dapat menghambat kinerja situs web lainnya.
  2. Rendahnya Keamanan dan Tingginya Resiko Crash
    Karena penggunaan bersama dalam shared hosting, terdapat potensi penyalahgunaan fitur lain yang dapat mempengaruhi keamanan server secara keseluruhan. Selain itu, kemungkinan terjadinya crash lebih tinggi dalam shared hosting karena banyaknya pengguna yang menggunakan server yang sama. Jika ada overload atau traffic tinggi, hal ini dapat menyebabkan crash dan berdampak pada kinerja server.
  3. Pembatasan Penggunaan Aplikasi Lain
    Dalam shared hosting, kamu tidak dapat menjalankan aplikasi atau software lain secara bersamaan, kecuali yang telah ditawarkan oleh provider hosting. Hal ini dapat menyulitkan pengguna, terutama bagi pemula.

Kesimpulan

Seperti sebuah layanan pada umumnya, shared hosting juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun shared hosting termasuk menguntungkan dari segi harga, kemudahan penggunaan, dan cocok untuk pemula, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti kontrol server yang terbatas serta keamanan yang kurang terjamin.

Namun semua keputusan kembali kepada Anda sebagai penggunanya. Jika Anda masih dalam tahap memulai bisnis dan ingin membuat website, shared hosting bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk mendapatkannya dari layanan terpercaya seperti DomaiNesia yang dilengkapi dengan domain dan SSL gratis untuk kebutuhan branding dan keamanan akses website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *