Cangkriman Surles Penen Petung Cingung Bedhekane Batangane

Cangkriman Surles Penen Petung Cingung Bedhekane Batangane

surles penen petung cingung bedhekane batangane. Cangkriman wancahan ing ngisor iki bedheken, teka teki singkatan yang ada dibawah ini jawablah, surles penen petung cingung bedhekane utawa batangane yaiku susur teles pepenen lan tempe digantung kucinge bingung.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng siang para pembaca internet yang budiman khususnya para pelajar SD SMP SMA yang mencari jawaban untuk cangkriman wancahan.

Sebagaimana kita ketahui cangkriman wancahan yaiku cangkriman kang dijupuk saka wanda ing ngarep lan mburi.

Artinya adalah suatu tebak tebakan dalam Bahasa Jawa yang diambil dari suku kata yang ada di depan maupun pada bagian belakang.

Kali ini ada 2 (dua) contohnya.

Surles Penen bedhekane

Yang pertama adalah surles penen bedhekane yaiku susur teles pepenen. Asale saka tembung sur = susur lan les = teles, lan tembung penen = pepenen.

Artinya yaitu susur yang basah jemurlah.

Maksudnya gimana sih? Maksudnya ya menebak saja teka tekinya, sekedar tebak-tebakan tanpa maksud dari apa makna yang ada pada tebakan ini.

Batangane cangkriman petung cingung bedhekane yaiku

Yang kedua yaitu petung cingung batangane yaiku tempe digantung kucinge bingung.

Jadi tebakan ini berasal dari pe = tempe, tung digantung, bukan maksudnya adalah pring petung (salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran yang besar).

Adapun cingung merupakan singkatan dari cing = kucing. Dan ngung = bingung (atau terserahlah anda maunya memenggal suku katanya pada bagian mana saja).

Jadi kenapa kucingnya bingung karena tempenya digantung?

Menurut saya sih alasannya karena si kucing hendak memakan tempe ini. Sayangnya karena posisi tempenya yang digantung sehingga dia gagal untuk meraih dan memakannya.

Jadi kedua cangkriman ini kalebu jenise cangkriman wancahan basa Jawa, masuk dalam kategori jenis cangkriman singkatan.

Sehingga cara menjawabnya yaitu dengan menebak suku kata dalam penggalan kalimat teka teki yang ada yang kemudian menjadi suatu untaian hasil tebakannya (apabila benar).

Demikianlah informasi kali ini batangane surles penen petung cingung.Ttegese lan bedhekane cangkriman yaiku kaya ana ing ndhuwur mau. Sebagai tambahan pengetahuan untuk mengerjakan tugas atau ulangan semester, maturnuwun sudah mampir, akhirnya selamat siang salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*