Buku Pedoman Penyelenggaraan Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023

Buku Pedoman Penyelenggaraan Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023

Buku pedoman penyelenggaraan Madin, Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagai revisi aturan sebelumnya ini dimaksudkan untuk menjadi rujukan dalam penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) yang sesuai dengan tuntutan sistem pendidikan sehingga proses penyelenggaraannya terarah, kreatif, inovatif, dan berkualitas.

pontren.com – assalaamu’alaikum, Selanjutnya muncul SK atau KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 2230 Tahun 2022 TENTANG REVISI SK DIRJEN PENDIS NOMOR 7131 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

Dalam keputusan kedua dalam SK ini berbunyi Menetapkan Revisi Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu merupakan pedoman bagi para penyelenggara dan pembina Madrasah Diniyah Takmiliyah baik menyangkut pendirian, penyelenggaraan maupun pembinaannya;

Dan bahkan selanjutnya dalam SK Dirjen Pendis no 5464 tahun 2022 tentang pedoman standar Pelayanan Minimal Madin menjadi penguat batasan layanan dalam penyelenggaraan MDT baik jenjang ula (awaliyah) wustha ulya dan tingkatan madin Al Jami’ah untuk mahasantri tingkatan ma’had aly atau mahasiswa pada perguruan tinggi.

Dalam juknis ini menyebutkan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan Islam diluar pendidikan formal yang diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang sebagai pelengkap pendidikan keagamaan bagi peserta didik yang belajar pada lembaga pendidikan formal umum (SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA atau sederajat).

Jadi secara status kelembagaan, Madin alias MDT merupakan lembaga pendidikan Islam nonformal.

Bagi penyelenggara lembaga ini bisa menambah dan memperdalam wawasan pengetahuannya tentang agama Islam. Lembaga ini terbuka bagi anak-anak muslim usia pendidikan dasar maupun menengah.

Ketentuan Jenjang Madin dan lama pembelajaran dalam Petunjuk Teknis terbaru atau yang paling baru

Setelah sekian purnama akhirnya ada juknis yang baru berkenaan dengan lembaga MDT ini.

Ada perubahan dari juknis sebelumnya dalam hal lama atau waktu jenjang pembelajaran bagi para santri pada setiap tingkatan ula wustha ulya dan al Jami’ah.

Dalam ketentuan yang baru memberikan aturan sebagai berikut;

Madrasah Diniyah Takmiliyah mempunyai 3 (tiga) jenjang tingkatan, yaitu:

  • Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula/Awaliyah (MDT Ula/ MDTA) atau dasar dengan masa belajar 4 (empat) atau 6 (enam) tahun;
  • Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDT Wustha) atau menengah pertama dengan masa belajar 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun; dan
  • Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (MDT Ulya) atau menengah tinggi dengan masa belajar 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun.

Dimana madin Al Jami’ah? Wallahu a’lam bish showab.

Adapun pembagian madin berdasarkan pihak yang menyelenggarakan dibagi menjadi 3 macam yaitu;

Pertama, Satuan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang secara mandiri diselenggarakan oleh masyarakat berbentuk satuan Pendidikan nonformal.

Pihak yang menyelenggarakan ada yang berbentuk Yayasan/lembaga berbadan hukum dan perorangan dan jenjangnya terdiri atas MDT Ula, Wustha, Ulya dan Al Jami’ah Mandiri;

Kedua, Madrasah Diniyah yang diselenggarakan oleh pesantren dan

Ketiga; Program Madrasah Diniyah Takmiliyah yang diselenggarakan secara terintegrasi/terpadu dengan lembaga pendidikan formal, baik SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK atau sederajat (Negeri/Swasta) serta Perguruan Tinggi Umum (PTU). MDT jenis ini tidak berjenjang disebut dengan MDT Terpadu/ Terintegrasi.

Ada banyak lagi berkenaan dengan petunjuk teknis dalam menyelenggarakan lembaga madrasah Diniyah ini yang bisa anda lihat pada tampilan preloved sebagai berikut ini.

Jika anda hendak mengunduhnya, kami sudah menyiapkan file tautan untuk mengunduhnya.

Berikut tautannya.

Download KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 2230 Tahun 2022 TENTANG REVISI SK DIRJEN PENDIS NOMOR 7131 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH

Ketentuan menyelenggarakan Madin dalam Pedoman tahun sebelumnya

Berikut ini adalah sekedar sebagai tambahan informasi agar anda bisa membandingkan aturan sebelumnya, cocok untuk para mahasiswa akademisi maupun pelajar yang membuat karya ilmiah baik paper makalah skripsi tesis dan sebagainya.

Ini dia informasi ketentuan yang lama.

Download Buku pedoman penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah softcopy format PDF yang merupakan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR : 7131 Tahun 2014 sebagai revisi dari SK DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM NO.2347 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebenarnya apa yang ada dalam file softcopy ini sudah (seingat admin) dituliskan semua dalam blog ini. Kenapa saya tulis di blog? Karena pada saat itu (kisaran tahun 2016/2017 saya hanya punya dalam bentuk buku aslinya (yang sekarang malah dipegang orang kabupaten).

Penyebab kala itu yang berbentuk buku bukan dalam file softcopy atau PDF membuat admin menunlis secara satu persatu mulai dari awal sampai dengan berbagai hal yang sekiranya diperlukan oleh khalayak.

Beberapa bulan yang lalu, salah seorang pegawai di lingkungan Kemenag yang bernama Gus Kendro ternyata memiliki softcopy mengenai pedoman madin ini, admin berpikir tidak terlalu penting juga untuk upload di blog ini karena tokh semuanya sudah ditulis secara komprehensif (menurutnya).

Tetapi dengan keberadaan para akademisi baik penelitian maupun juga kepentingan tugas akhir bagi para mahasiswa strata 1 2 ataupun 3 yang memerlukan sumber secara jelas melunturkan kemalasan ini guna upload file berbentuk softcopy.

Termasuk diantaranya keberadaan beberapa email dan juga komentar pada kolom dibawah gambar buku dan kelangkaan buku tentang madin pada Kankemenag Kab atau kota selanjutnya dicari carilah softcopy dan diupload pada postingan ini.

Apa saja sih sebenarnya yang termuat dalam buku ini?

Berikut adalah hal hal yang ada dalam buku panduan.

Isi Buku Panduan Madin

buku pedoman penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah
panduan Madin

Dalam buku ini terdapat 7 (tujuh) bab yang mana menguraikan tentang hal yang berkait dengan madrasah diniyah takmiliyah.

Ketujuh Bab tersebut adalah;

BAB I, pendahuluan berisi latar belakang, dasar hukum, tujuan penyusunan, sistematika dan ruang lingkup.

BAB II, pengertian, kedudukan, tujuan dan fungsi Madrasah Diniyah Takmiliyah.

BAB III, prosedur pendirian dan perizinan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang berisi persyaratan dan mekanisme pendirian Madrasah Diniyah Takmiliyah.

BAB IV, kurikulum, kompetensi lulusan, proses belajar mengajar, dan penilaian Madrasah Diniyah Takmiliyah termasuk ijazah.

BAB V, sistem administrasi Diniyah Takmiliyah, prinsip umum manajemen, ruang lingkup manajemen, guru dan tenaga kependidikan, santri, dan struktur organisasi dan tata laksana.

BAB VI, supervisi, monitoring, evaluasi dan pelaporan.

BAB VII, penutup

Dengan pembagian bab ini anda dapat mencari informasi berkaitan dengan madin anda dapat menuju dalam bab yang memuatnya.

Dalam juknis ini kemudian ada tambahan informasi yaitu mengenai hal-hal teknis dan operasional yang terkait dengan penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah diatur melalui ketentuan dan peraturan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Biasanya Kabupaten atau Kota jarang sekali yang membuat ketentuan dan peraturan tentang madrasah diniyah takmiliyah.

Kalau ada Kankemang yang membuat hal teknis dan operasional, mohon untuk berbagi informasi supaya menambah kekayaan khazanah keilmuan tentang madrasah diniyah.

Hal yang tidak ada dalam Juknis Madin / Buku Pedoman dan Panduan Madrasah Diniyah

Dalam KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR : 7131 Tahun 2014 sebagai revisi dari SK DIRJEN PENDIDIKAN ISLAM NO.2347 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH ini seperti pada tahunnya dibuat tahun 2014.

Sudah agak lama juga yaitu sekitar 6 tahun yang lalu (jika dihitung per tahun 2020).

Dimasa masa selanjutnya terdapat juga berbagai informasi tambahan yang datang dari jakarta dimana keberadaannya belum terakomodasi pada ketentuan ini.

Menurut yang admin ketahui setidaknya ada 3 hal yang pokok.

Adapun (ini pendapat subyektif atau pribadi, bisa dikoreksi) hal yang dimaksud admin adalah;

Ketentuan Madrasah Diniyah Takmiliyah AlJamiah

guru-Madin

Dalam panduan atau buku pedoman madrasah diniyah takmiliyah ini hanya memuat 3 jenjang madin yaitu awwaliyah wustha dan ulya.

Pada saat yang lalu keberadaan madin aljamiah termasuk eksis dengan adanya ma’had aly.

Entah bagaimana ketentuan yang mengaturnya semoga saja ada pembaca yang baik hati memberikan informasi tentang juknis madin tingkat aljamiah yang lebih detil dalam pelaksanaannya.

Ketentuan Madrasah Diniyah Takmiliyah tanpa Jenjang

Pada tahun 2019 terbit tentang juknis ijazah madrasah diniyah takmilyah. Disitu diterangkan dengan kompresensif mengenai piagam contoh blangko dan sistematika penulisan dan penomoran ijazah.

mdt-diselenggarakan-secara-tidak-berjenjang

Pada salah satu paragraf dituliskan bahwa madin ada 2 model yaitu madin dengan jenjang dan madrasah diniyah takmiliyah tanpa jenjang.

Pada pedoman ini hanya menerangkan madin dengan jenjang dari awwaliyah wustha dan ulya, tidak ada keterangan tentang apa itu madrasah diniyah takmiliyah tanpa jenjang.

Warna Warni Bingkai Blangko Ijazah Madin

Hal ini sebenarnya tidak terlalu urgen karena sudah ada juknis ijazah madrasah diniyah takmiliyah dimana ada perbedaan warna bagi ijazah madrasah diniyah pada masing masing jenjang.

warna-bingkai-ijazah-madin

Yang agak bikin mengeryitkan dahi penyebutan jenjang awwaliyah pada juknis ijazah ini disebut dengan ula. Akan tetapi penyebutannya bukanlah merubah maksud atau makna yang diinginkan (menurut admin).

Yang ada atau dicontohkan dalam buku ini adalah contoh blangko ijazah madrasah diniyah takmiliyah yang polos tanpa ada bingkai maupun keterangan warna dan peruntukannya alias dipukul rata sebagai contoh semua jenjang.

Mestinya lembaga jeli dalam ijazah untuk mengacu kepada juknis ijazah madin.

Download buku pedoman penyelenggaraan madin

Buku ini bisa juga disebut sebagai juknis pelaksanaan dan pengelolaan madrasah diniyah takmiliyah yang sampai saat ini merupakan petunjuk teknis terbaru paling mutakhir bagi lembaga MDT baik MDTA MDTW MDTU.

Berikut contoh tampilan preloved atau review nya.

Anda dapat mengunduh atau download buku panduan madin secara langsung dari gambar diatas.

Jika ada kendala atau problem dalam pengunduhan, kami sediakan tautan atau link dibawah ini guna memudahkan anda mengunduh sebagai dasar penelitian, tugas akhir, skripsi, tesis maupun disertasi dimana merupakan buku panduan yang resmi dari kemenag.

Download Buku Panduan Madin

Akhir kata, mohon maaf atas keterlambatan upload file ini yang seharusnya sudah dirilis beberapa bulan yang lalu.

Terima kasih gus Kendro untuk file softcopy nya, sugeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

6 thoughts on “Buku Pedoman Penyelenggaraan Madin Madrasah Diniyah Takmiliyah 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top