Panyandra Drijine Mucuk Eri Tegese, Tuladha Ukara

tembung panyandra drijine mucuk eri tegese
Share

Panyandra Drijine Mucuk Eri Tegese yaiku bentuk driji kang dawa lan lincip memper eri (jari tangan lancip seperti duri yang panjang dan mengecil ujungnya bahasa singkatnya jari lentik. Contoh kalimat dalam Bahasa Jawa Tuladha Ukara tembung panyandrane yaiku Penarine ayu-ayu lan luwes, bangkekane nawon kemit, drijene mucuk eri.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kali ini kita akan membahas mengenai panyandra perangane awak. Jadi dalam Bahasa Jawa, perangane awak kang cinandra mucuk eri yaiku driji. Artinya pujian kata lentik untuk bagian tubuh jari-jari tangan (bukan kaki yaaa…)

jika melongok kepada materi pelajaran Bahasa Jawa, penjelasan mengenai tembung panyandra perangane awak lan solah bawa ini bisa anda buka pada materi pelajaran kelas 5 (lima) semester 2 (dua). Namun untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar atau pada Madrasah Ibtidaiyah ini hanya sekilas saja tanpa pembahasan yang mendalam.

Untuk lebih mendalam mengerti tentang bahasa Jawa, saya browsing untuk mendapatkan dasanama bausastra (persamaan kosakata) melalui berbagai situs online.

Juga untuk mendapatkan ide contoh apabila ada soal ujian yang memerintahkan kita untuk membuat contoh kalimat tentang jari lentik menggunakan Bahasa Jawa.

Misalnya soalnya berbunyi sebagai berikut,” Gawea ukara nganggo tembung panyandra drijine mucuk eri!

Ini pembahasan selanjutnya

Gawea ukara nganggo tembung panyandra drijine mucuk eri lan Tegese.

Sebelum membahas mengenai contoh kalimat, ada baiknya kita menyimak arti setiap kata pada kalimat pujian dalam Bahasa Jawa ini.

Drijine asale saka tembung driji, yaiku gêgêlitaning tangan (sikil) kang pucuk (bagian tangan atau kaki yang berada pada ujung).

Mucuk asale saka tembung pucuk, perangan kang kaprênah ing dhuwur utawa kang mêrit (tmr. barang kang dawa utawa lancip); bagian yang letaknya pada atas atau ujung terhadap barang yang panjang dan lancip) tegese mucuk yaik memper mbentuk saka gede maring cilik.

Eri yaiku cringih-cringih ing uwit, lancip-lancip alandhep artinya yaitu bentuknya lancip dan tajam pada tumbuhan.

Jadi mucuk eri artine yaiku bentuk perangane awak yaiku driji memper kaya eri kang bentuke dawa lan lincip.

Sekarang contoh kalimatnya adalah sebagai berikut ini.

Dasare raine putih, untune miji timun, rambute ngandhan-andhan, drijine mucuk eri, katon nengsemake menawa nyawang Asti mangkat kuliah. Artinya yaitu pada dasarnya wajahnya putih, giginya putih rapi, rambutnya ikal, jari-jarinya lentik, tampak menyenangkan apabila melihat Asti berangkat kuliah.

Contoh kalimat yang singkat misalnya sebagai berikut, Asti Setyorini drijine mucuk eri artinya jari jarinya Asti Setyorini lentik-lentik. Kalau kebalikannya zaman now bilangnya sepuluh jari jempol semuaaaa.. susah main hape android, pengennya mencet a yang kena b.

Demikianlah tuladha ukara panyandra drijine mucuk eri yaiku bentuke kang dawa lan lancip artine driji kang endah lan apik (artinya bahasa Indonesia yaitu jari lentik). Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.