Wong Adol Tempe Ditaleni Batangane, Klebu Cangkriman

wong adol tempe ditaleni
Share

Wong Adol Tempe Ditaleni Batangane bedhekane yaiku sing ditaleni tempene dudu bakule utowo wong kang dodol, Ukara Iki Klebu Cangkriman blenderan utawa plesedan/plesetan. Artinya ada orang berjualan tempe diikat jawaban cangkriman basa Jawa ini adalah yang diikat tempenya, bukan penjualnya. Masuk dalam kategori jenis cangkriman plesetan atau blenderan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, lanjut lagi membahas salah satu contoh cangkriman plesetan dalam Bahasa Jawa yang juga disebut dengan cangkriman blenderan.

Yaitu suatu teka teki dalam bahasa Jawa yang sifatnya menjebak atau memplesetkan orang yang hendak menjawab teka teki tebakan ini.

Apabila anda membaca kalimat ukara unen unen yang berbunyi nang pasar aku weruh wong bakul tempe ditaleni. Maka anda yang fasih berbahasa Jawa akan membayangkan seorang penjual tempe yang diikat.

Namun karena ini merupakan tebakan basa Jawa blenderan yaitu sifatnya jebakan maka jawabannya untuk teka teki ini adalah sik ditaleni tempene, dudu wonge sik dodol. Artinya yang diikat adalah tempenya, bukan penjual tempe.

ana Wong Adol Tempe Ditaleni Bedhekane yaiku sing ditaleni tempene dudu wong sing adol/bakul tempe

Sekedar informasi tambahan, jaman dulu kala tempe tradisional masih menggunakan penutup berupa daun pisang ataupun andong kemudian ada kertas pada bagian luarnya.

Supaya daun bungkus tempe dan kertas ini tidak lepas atau pudar maka perlu diberi ikatan berupa tali. Biasanya berupa mendong (suatu tanaman yang biasa untuk bahan membuat tikar).

Namun saat ini tempe model beginian sepertinya mulai berkurang jumlahnya.

Orang-orang lebih suka (maksudnya produsen tempe) menggunakan bahan plastik sebagai bungkusnya.

Bisa jadi karena pertimbangan kepraktisan dalam membungkusnya serta biaya operasional produksi yang lebih murah.

Tentu yang model tali ini biasanya tanpa menggunakan tali. Cara mengancing atau menutup plastik bisa dengan alat press atau dengan api. Atau apalah untuk menutup plastik dengan rapat supaya kedelai menjadi tempe dengan proses peragian.

Demikianlah informasi mengenai batangane cangkriman sing ukarane unen unene aku werung nang pasar ana wong adol tempe ditaleni. bedhekane yaiku sing ditaleni dudu wonge nanging tempene. Akhirnya wilujeng enjang selamat pagi dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.