Nututi Layangan Pedhot Tegese Kalebu Jinise

nututi layangan pedhot tegese
Share

Nututi Layangan Pedhot (versi liyane nututake) tegese yaiku nindakake prakaryan kang angel oleh-olehane. Artinya mengejar layang-layang putus maksudnya adalah mengerjakan suatu pekerjaan yang sulit untuk mendapatkannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu, menawa ana irah-irahan nututake layangan pedhot mau kalebu jinising unen unen apa? Jawabane yaiku kalebu bebasan utawa aribasan.

Artinya apabila ada judul suatu karangan ataupun cerita “mengejar layang-layang putus” masuk dalam kategori apa? Jawabannya adalah masuk dalam kategori jenis bebasan atau paribasan.

Tegese nututi yaiku mlayu ngoyak supaya nusul (nangkep lan sak piturute); mburu. Artinya adalah mengejar, yaitu berlari untuk menyusul (menangkap dan lain sebagainya) memburu.

Layangan tegese yaiku dolanan saka kertas utawa plastik, ana rangkane diburne ana nglangit nganggo benang utawa tali kanggo ngendalekne. Layang-layang adalah mainan yang dibuat dari kertas atau plastik yang diterbangkan di udara atau angkasa menggunakan benang atau tali untuk mengendalikan.

Pedhot tegese yaiku ora nyambung maneh mergo pothol utawa tugel. Putus artinya tidak menyambung lagi karena terpotong.

Nututi Layangan Pedhot tegese nindakake prakaryan kang angel oleh-olehane

Jadi maksudnya nututake (nututi) layangan pedhot artinya adalah berlari mengejar untuk menangkap mainan dari kertas yang ada kerangkanya yang terbang di udara dan putus dari tali pengendalinya.

Kenapa maksudnya adalah perbuatan melakukan sesuatu yang sulit untuk mendapatkannya?

Lazimnya layangan (mainan layang-layang) yang sudah tinggi dan putus akan terbawa oleh angin dengan jauh.

Mengejarnya merupakan usaha keras dengan berlari, mengamati kemana jatuhnya mainan tersebut.

Sedangkan layangan itu harganya tidak seberapa.

Ada anak-anak lain yang mengejarnya pula.

Dengan begitu perilaku berusaha untuk mendapatkan mainan yang harganya tidak seberapa ini berbanding dengan usahanya merupakan suatu usaha yang sangat sulit.

Belum lagi nantinya mainan layangan temangsang (menyangkut) pada pohon yang tinggi maupun tiang listrik tegangan tinggi.

Tentunya akan membuat para pengejar mainan ini menjadi kecewa karena tidak mendapatkan layang-layang yang putus tadi.

Demikianlah arti dari paribasan atau bebasan Nututake Layangan Pedhot tegese nindakake prakaryan kang angel oleh-olehane.

Semoga menambah informasi sinetron makna yang ada dalam irah irahan judul sinema elektronik ini ataupun untuk menjawab soal ujian ulangan dalam mata pelajara Basa Jawa.

Akhirnya wilujeng dalu, selamat malam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.