Bocah Cilik Blusak Blusuk Nang Kebon Batangane Bedhekane

cangkriman batangane dom bocah numpak pit
Share

Unen unen sing ukarane cangkriman Bocah Cilik Blusak blusuk blusukan nang kebon batangane utawa bedhekane yaiku dom, dalam kalimat lain menyebut dengan kata tlusap tlusup ing kebon.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, masih bersama kami kali ini membahas tentang cangkriman sing bedhekane yaiku dom bolah alias jarum benang jahit.

Yang artinya teka teki bahasa jawa ini adalah ada anak kecil yang keluar masuk menjelajah kebun maka jawabannya adalah jarum.

Saya juga tidak habis pikir kenapa dalam cangkriman bahasa Jawa kerap menggunakan pemisalan anak kecil (bocah cilik) semisal cangkriman bekicot dan dom ini.

Namun apabila kita perhatikan, maka bocah cilik blusukan nang kebon kalebu cangkriman kang awujud pepindhan utawa irib-iriban.

Cangkriman pepindhan utawa irib-iriban yaiku cangkriman kang batangane ngemu pindhan utawa kaya (seperti) utawa irib-irib, memper.

Yaitu sebuah teka teki yang jawabannya semisal, seperti atau mirip-mirip.

Batangane Cangkriman Bocah Cilik Blusak Blusuk Nang Kebon tegese artinya

Seperti sudah kita ketahui, bocah cilik blusukan nang kebon bedhekane yaiku dom.
Arti perkata alias tembung ing cangkriman iki dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut;

  • Bocah cilik artinya yaitu anak kecil;
  • Blusak blusuk/blusukan artinya keluar masuk atau menjelajahi (gak sampe masuk got)
  • Nang artinya adalah di;
  • Kebon artinya yaitu kebun (biasanya pada area dekat rumah atau dekat sawah).

Penjelasannya sebagai berikut;

Apabila anda melihat orang sedang menjahit baju celana yang robek menggunakan tangan, anda akan melihat alat menjahitnya yaitu berupa jarum (dom) dan benang jahit (bolah).

Gerakan jarumnya yaitu keluar masuk supaya benangnya bisa mengikat erat bagian yang hendak di jahit.

Perilaku jarum alias dom yang keluar masuk pada kain dengan membawa bolah (benang jahit) inilah yang menjadi cangkriman irib-iriban mirip-mirip seperti seorang anak kecil yang blusak blusuk blusukan keluar masuk kebun.

Karena blusukannya yang keluar masuk sehingga menjadi sebuah teka teki dalam Bahasa Jawa dan bahkan masuk dalam mata pelajaran tantri basa Jawa atau apalah judulnya yang lainnya.

Demikian informasi mengenai cangkriman sing batangane dom, ukarane yaiku bocah cilik blusukan nang kebon. Akhirnya wilujeng dalu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.