Anake Gelungan Ibune Ngrembyang Batangane Cangkriman

Share

Anake Gelungan Ibune Ngrembyang Batangane Cangkriman yaiku pakis. Artinya anaknya bergelung ibunya terurai, jawabannya adalah tanaman pakis. Kenapa pakis? Bagaimana logikanya? Ini penjelasannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, Anake Gelungan Ibune Ngrembyang bedhekane pakis kalebu jinise cangkriman irib-iriban utawa pepindhan. yaiku batangane utawa bedhekane cangkrimane sik memper, mirip seko unen unen pitakonane.

ArtinyaTeka teki cangkriman pakis ini masuk dalam jenis kelompok cangkriman pepindhan utawa irib-iriban.

Yaitu suatu teka teki yang jawabannya memiliki sifat atau makna miripnya jawaban dengan ukara kalimat pertanyaan, (irib-irib).

Penjelasan Cangkriman sing Batangane Pakis, ukarane unen unen cangkrimane yaiku Anake Gelungan Ibune Ngrembyang

Bagi yang bingung kenapa jawabannya adalah pakis? Anda sama nasibnya seperti saya saat awal mula membaca tentang tebak tebakan kata ini.

Namun apabila anda melihat gambar ilustrasi yang saya pajang pada bagian atas ilustrasi postingan ini tentunya anda akan paham.

Gambar tersebut merupakan penampakan tanaman pakis saat masih kecil atau muda.

Pada awalnya alias saat masih kecil dan muda, tanaman pakis batangnya mlungker atau berputar.

Bentuk inilah yang menjadi asal muasal cangkriman anake gelungan.

Namun dengan bertambahnya usia pohon atau tanaman pakis, maka lama lama bentuknya bentuknya berubah menjadi besar dan lurus serta kemana mana dahannya.

Gambaran bentuk pakis yang sudah dewasa ini menjadi gambaran ibune ngrembyang, tegese rambute ditokne apa anane (artinya ngrembyang yaitu rambut terurai dibiarkan apa adanya).

Nah itulah alasan kenapa cangkriman ini menyebutkan anaknya bergelung atau sanggulan dan ibunya rambutnya terurai.

Yaitu memberikan gambaran pertumbuhan tanaman pakis yang pada saat kecil berbentuk lingkaran menyerupai gelung (sanggul). Iinlah yang menjadi dasar ukara anake gelungan.

Dan kemudian pada saat sudah dewasa maka tumbuhnya menjadi lurus mekar kemana mana, menjadi gambaran cangkriman ibune ngrembyang (rambut ibunya terurai dibiarkan apa adanya).

Sekilas Tanaman Pakis

Tanaman pakis (pakis-pakisan atau paku pakuan) merupakan sekelompok tumbuhan yang berkembang dengan sistem pembuluh sejati tetapi tidak pernah menghasilkan biji untuk reproduksinya.

Tanaman ini bisa bertahan dalam suhu ruangan baik dingin maupun panas dengan ukuran tertentu yang tidak ekstrim.

Harga tanaman pakis bermacam macam, mulai yang paling murah hanya ribuan saja sampai dengan pakis langka yang mencapai harga puluhan juta rupiah tergantung tingkat kelangkaannya.

Demikian informasi mengenai cangkriman pakis. Kepriye unen unene ukarane? Yaiku Anake Gelungan Ibune Ngrembyang. Wilujeng enjang, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *