Perangan Digatekake Supaya Maca Geguritan Bisa Becik

Share

Perangan digatekake supaya maca geguritan bisa becik. Membahas mengenai bagian yang harus diperhatikan agar supaya dalam membaca bisa dengan baik dan keren dalam Bahasa Jawa untuk pelajaran kelas 3 SD maupun MI.

pontren.com – dalam membaca puisi atau geguritan (disebut geguritan iku syair utawa puisi Jawa gagrag anyar) maka perlu memperhatikan 4 hal dalam membacanya yaitu intonasi, irama, jeda, mimik atau ekspresi. Seperti apa bahasa Jawanya?

Berikut penjelasan bagian yang perlu diperhatikan saat membaca puisi (perangan kang kudu digatekake nalika maca puisi gagrag anyar (geguritan).

Perangan Digatekake Supaya Maca Geguritan Bisa Becik (Puisi Bahasa Jawa)

Menawa ana pitakon kang njaluk wangsulan kang ukarane kaya nang ngisor iki;

Pitakon : Sebutna perangan kang kudu di gatekake supayane olehe maca geguritan bisa apik lan becik, ana pira? Sebutna siji-siji (tantri Basa Jawa kelas 3 SD MI).

perangan kudu digatekake maca geguritan

Wangsulane : Perangan sing kudu digatekake supaya olehe maca geguritan bisa becik yaiku (ana 4 cacahe): Jawaban : Bagian yang harus diperhatikan agar membaca puisi model baru dapat dengan baik yaitu ada 4 jumlahnya;

  1. Cendhek dhuwure swara (intonasi). Rendah tingginya nada suara/intonasi.
  2. Wiramaning ukara. (irama). Iramanya kalimat
  3. Andheganing tetembungan lan ukara (jeda). Jeda dalam kata dan kalimat.
  4. Owah osike pasuryan lan obahe awak (mimik lan Pantomimik/ ekspresi). Berubahnya mimik wajah dan gerakan tubuh.

Itulah keempat hal yang harus menjadi perhatian pada saat membaca puisi bahasa Jawa alias geguritan puisi gagrag anyar dalam materi untuk kelas 3 (tiga) Sekolah dasar maupun MI (Madrasah Ibtidaiyah).

Soal Pertanyaan dan Jawaban berkenaan dengan Puisi, Pitakon lan wangsulan Geguritan

Berikut ini adalah contoh soal dalam bahasa Jawa tentang geguritan. Kami mengambil 3 contoh pitakonan yang ada dalam buku beserta jawabannya mengacu kepada teks yang ada.

Apa geguritan iku? Geguritan yaiku iketaning basa kang memper syair utawa puisi. (apa itu geguritan? Geguritan adalah ikatan bahasa yang mirip dengan syair atau puisi.

Geguritan iku yen ana wulangan bahasa Indonesia diarani apa? Menawa ing piwulangan Bahasa Indonesia geguritan uga diarani puisi. Geguritan itu dalam pelajaran bahasa Indonesia disebut dengan apa? Apabila dalam pelajaran B. Indonesia, geguritan juga disebut dengan puisi.

Tembung anggitan nduweni teges apa? Gaweane, karyane. (kata anggitan memiliki arti apa? Artinya yaitu karya, hasil buatan atau karangan.

Wilujeng enjang, selamat pagi dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *