Sayah tegese Tuladha Ukara Krama Inggil artinya Basa Jawa

sayah tegese
Share

Sayah tegese Tuladha Ukara Krama Inggil arti dalam Bahasa Indonesia dari Basa Jawa beserta contoh kalimat yang merupakan kata krama inggil.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, sayah tegese yaiku kesel (Basa Jawa) artinya capek. Maksudnya kesel dalam Boso jowo ini berbeda dengan kesel Kesal) Bahasa Indonesia.

Jika kesel bahasa Jawa artinya capek, sedangkan kesel Indonesia memiliki arti sebal, jengkel, dan lain sebagainya.

Sayah tegese Tuladha Ukara

Sebagaimana kami sebutkan sebelumnya, tembung sayah kalebu krama inggil, boso ngokone yaiku kesel.

Artinya, kata sayah termasuk dalam kosakata bahasa Jawa halus, adapun bahasa kasar (ngoko) yaitu kesel.

Gaweo Tuladha ukara nganggo tembung sayah!

Buatlah contoh kalimat menggunakan kata capek dalam Bahasa Jawa halus!

Berikut ini ada beberapa contohnya yang bisa sampean pertimbangkan untuk menjawab soal sebagaimana yang sudah kami haturkan diatas.

Tuladha ukara sayah contohnya “Rama Biyung Sadina muput playon golek sandang pangan nganti sayah” tegese atau artinya Bapak Ibu sehari penuh berlari-lari mencari nafkah sampai capek.”

tuladha ukara tembung sayah

Sak banjure conto tuladha ukara tembung kang angka loro. Selanjutnya contoh kalimat kata yang nomor dua. Berikut ini sampel kalimatnya.

Kula mboten sayah amargi sampun tilem cekap kala wau dalu, tegese basa artinya adalah “saya tidak capek karena sudah tidur dengan cukup pada malam harinya.

Contoh yang ketiga sebagai berikut “ Bapa ngunjuk jampi supados ical sayahipun.” Maksudnya atau tegese artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu Ayah meminum jamu supaya hilang rasa capeknya.

Adapula ungkapan pertanyaan yang menanyakaan keadaan yaitu “sayah mboten?”

Maksudnya adalah bertanya atau menanyakan kondisi tubuh, apakah capek atau tidak.

Sayah = capek
Mboten = tidak

Jadi sayah nopo mboten tegese yaiku pitakon nakoake keadaan kesel opo ora. Artinya menanyakan kondisi tubuh secara fisik, bisa juga psikis, apakah capek atau tidak.

Contoh kata lain yang berkenaan dengan capek dalam bahasa Jawa yaitu ngaso.

Kata tembung ngaso tegese artinya Bahasa Jawa ke Indonesia adalah istirahat.

Makanya anak-anak di pulau Jawa sepanjang yang saya tau) saat istirahat jam pelajaran mengatakan wis jam ngaso, wayahe ngaso, maksudnya waktu istirahat sudah tiba.

Contoh kalimatnya adalah,” menawi sampun sayah sumangga katuran ngaso rumiyin” artinya yaitu apabila sudah capek silakan untuk istirahat terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai bausastra arti kata Bahasa Jawa Indonesia tentang sayah (krama inggil) kang tegese yaiku kesel (basa ngoko) yang artinya adalah capek.

Wilujeng sonten, sugeng ngaso, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *