Tema Hari Santri 2021 “Santri Siaga Jiwa Raga”

logo hari santri kemenag 2021
Share

Informasi tentang tema hari santri tahun 2021 yaitu “SANTRI SIAGA JIWA RAGA” dan juga mengingat kembali tema tema sebelumnya dari masa kemasa dimulai dari tahun 2016 sampai dengan 2020 sebagai perbandingan dan pengingat dan tak melupakan sejarah.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Selamat siang para peminat lembaga pondok pesantren dan santri yang sering disebut dengan kaum sarungan.

Karena lekatnya pakaian khas kain lebar yang dijahit baik dalam pelaksanaan sholat ngaji maupun dipakai dalam kegiatan santai atau formal di lingkungan pondok pesantren.

Baca;
Logo Hari santri 2021
Teks syair Lagu Hari Santri
Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019

Sebagaimana judul dalam postingan ini, akan disampaikan informasi tentang tema yang diambil untuk peringatan hari santri 22 Oktober tahun 2021.

Dan juga untuk mengingat kembali tema tema sebelumnya yang pernah di pergunakan dari tahun ke tahun semenjak tanggal 22 oktober penetapannya sebagai hari santri.

Sayangnya dalam penetapan 22 oktober hari santri ini bukanlah masuk dalam kalender libur nasional.

Sehingga anak anak sekolah entah itu santri atau murid sekolah umum maupun para pekerja buruh pabrik PNS maupun karyawan swasta tidak dapat memaksimalkan perayaannya karena ketiadaan hari libur.

Tema Hari Santri 2021

Untuk tema hari santri tahun 2021 ini mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga”.

Tema ini jika anda menyimak, akan merasakan semangat santri Indonesia dapat turut serta berperan aktif dalam berbangsa dan bernegara, utamanya pada masa pandemi covid -19 yang sudah 2 tahun kita jalani.

Pengangkatan tema ini di angkat karena berdasarkan keyakinan yang di yakini bahwa sebenarnya pesantren merupakan pilar dalam mempertahankan NKRI.

pada tema sebelumnya tahun 2019 mengusung tentang perdamaian dunia.

pada penjelasan tema pada tahun tersebut menyebutkan status sebagai laborat perdamaian, pesantren merupakan lokasi tempat untuk menumbuhkembangkan ajaran Islam yang ;

  1. Rahmatan Lil ‘Aalamiin.
  2. Islam Ramah dan Moderat (wasathiyah).

Dengan semangat kedua ajaran di atas yang dapat menjadi ispirasi santri guna kontribusi dalam perawatan perdamaian dunia.

Tema Hari Santri dari Tahun ke Tahun (2016-2021)

tema hari santri
tema hari santri tahun 2019

Seperti diketahui bahwasanya hari santri di tetapkan pada tahun 2015.

Dari pihak Kementerian Agama lewat Ditpdpontren Dirjen Pendis selalu menyelenggarakan peringatan hari santri setiap tahun dengan tema yang selalu berbeda.

Berikut adalah tema hari santri dari tahun ketahun secara berurutan semenjak tahun 2016.

  • Tahun 2016 dengan tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”
  • Tahun 2017 dengan tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”
  • Thn 2018 dengan tema “Bersama Santri Damailah Negeri”
  • Tahun 2019 dengan tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”
  • tahun 2020 “memiliki tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”
  • tema HSN 2021 dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga”

Itulah tema-tema yang di pergunakan dalam rangka hari santri dari tahun ketahun.

Tepatnya Semenjak tahun 2016 sampai dengan tahun 2019.

Perbedaan tema tahun 2021 dengan tahun tahun sebelumnya

Di tahun ini 2021 ada karakteristik perbedaan dalam tema hari santri, jika anda mencermati tema tema sebelumnya dari tahun 2018 sampai tahun 2016 anda akan mendapati kata kata Indonesia dan Negeri.

Sedangkan tema tahun ini lebih mengandung kata siap Jiwa dan Raga.

menurut admin, merupakan sikap santri pada pondok pesantren siap dengan jiwa dan raga dalam bingkai NKRI, utamanya pada masa covid-19 bersama-sama dalam menghilangkan virus ini secara nasional maupun internasional.

Tema ini masih berkaitan erat dengan tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2020. Di mana pada tahun tersebut isu utama yaitu mengenai kesehatan secara fisik atau ragawi karena meluasnya wabah corona.

Itulah informasi tentang tema dalam rangka peringatan hari santri tanggal 22 Oktober tahun 201. Di mana pada tahun ke enam ini tema memiliki cakupan tentang kesiapan santri secara jiwa dan raga.

Semoga dengan tema ini semakin menguatkan peranan para santri dalam merawak kebhinekaan dan juga dapat mewujudkan perdamaian dunia dengan kongkrit dan nyata.

Cukup sekian info kali ini, wassalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *